5 Pulau Eksotis Untuk Hopping Island Di Belitung

323

Budi Setiadi – Buat kamu yang ingin liburan atau trip ke Belitung, rugi banget kalau tidak mengunjungi 5 pulau yang eksotis dan hits untuk hopping island di Belitung. Apa saja keeksotisan yang terdapat di sini? Simak selengkapnya di sini ya.

Hal yang paling penting ketika mengunjungi negeri Laskar Pelangi adalah hopping island dan berfoto di icon Belitung. Untuk bisa berfoto di icon tersebut, kamu harus mengarungi pantai yang indah menggunakan kapal. Uniknya lagi, kamu bisa sekali mendayung 5 pulau terlampaui. Maksudnya adalah sekali naik kapal, kamu akan diajak hopping island ke icon Belitung dan tempat-tempat cantik lainnya. Ini dia tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi:

Di Mulai Dari Tanjung Kelayang

tanjung kelayang bangka belitung 1024x657 - 5 Pulau Eksotis Untuk Hopping Island Di Belitung
Tanjung Kelayang

Siapa yang tak kenal Tanjung Kelayang? Tanjung Kelayang adalah pantai yang sangat terkenal di Belitung. Pantai ini sangat ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Kenapa ramai? Karena di pantai inilah kamu akan memulai hopping island. Di sini banyak sekali yang menyewakan kapal untuk hopping island, alat snorkeling, pelampung, tempat makan, homestay, dan lainnya.

Baca: Explore Belitung: Tanjung Genting

Sebelum memulai hopping island di Belitung, kamu harus sewa kapal terlebih dahulu. Harga sewa kapalnya rata-rata sekitar Rp. 400.000,- per kapal. Kapal ini akan menemani kamu selama seharian sampai kamu puas. Kalau saya hanya sekitar 4 jam saja, karena waktu itu kita datangnya terlalu sore. Saya mulai hopping island sekitar jam 14.00 dan selesai sampai 18.00. Sebenarnya masih kurang sih, tapi tak apa, yang penting sudah bisa hopping island. Sebaiknya kamu memulai hopping island dari pagi saja ya, agar bisa lebih puas.

Setelah sewa kapal, jika ingin snorkeling di sana, kamu bisa sewa alatnya di sini. Harga sewa alat snorkeling rata-rata Rp. 25.000,-. Murah kan? Eits jangan percaya dulu, itu murah karena sewa hanya alat snorkeling nya saja ya, belum termasuk fin nya. Untuk sewa fin nya juga harganya sama Rp. 25.000,-. Jadi total untuk sewa alat snorkeling dan fin nya Rp. 50.000,- untuk seharian selama hopping island.

Bagi yang takut air, tak perlu khawatir. Kamu bisa sewa pelampung untuk menemani hopping island seharian. Harga sewa pelampung rata-rata sebesar Rp. 25.000,-. Dengan menggunakan pelampung, kamu akan aman. Jadi kamu bisa puas menikmati pulau yang eksotis di Belitung.

Sebaiknya kamu sewa kapal yang sudah satu paket dengan alat snorkeling+fin, dan pelampung nya juga. Siapa tau harganya bisa dapat lebih murah. Apalagi ditambah kamu pergi dengan banyak orang atau group. Hitung-hitung bisa menghemat selama trip ke Belitung. Jika sudah sewa sesuai kebutuhan, saatnya hopping island di mulai.

1 Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas

Ini dia salah satu Icon Belitung, Pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas sangat terkenal dengan Mercusuar nya yang tinggi menjulang. Namun selain mercusuar nya yang indah, pulau Lengkuas memiliki keindahan laiinya, yaitu pantainya. Jujur saja, ketika saya datang kesini, saya langsung tergiur untuk snorkeling. Tanpa basa-basi, begitu kaki menginjakkan pasir putihnya, saya pun langsung snorkeling. Yang lain foto-foto di beberapa spot, saya malah asyik snorkeling.

Pantai pulau Lengkuas memiliki pantai yang tidak terlalu dalam, bagi yang tidak beisa berenang tapi ingin snorkeling pantai ini cocok sekali. Tanpa menggunakan pelampung pun, snorkeling di sini cukup nyaman. Untuk bawah lautnya cukup indah, namun tidak telalu banyak karang. Ikan-ikan yang saya temui sangat bagus, namun tidak terlalu banyak yang saya lihat. Tapi snorkeling di sini cukup puas.

Setelah asyik snorkeling, saatnya melihat keindahan pantai Lengkuas. Tapi ternyata setelah snrkeling terasa haus sekali dan penasaran sama kelapa Belitung yang katanya beda rasanya dengan kelapa di Jakarta. Akhirnya saya coba merasakan air kelapanya, dan benar air kelapanya sangat berbeda dari Jakarta. Air nya lebih manis dan segar, serta seperti ada sodanya gitu. Pokoknya mantep banget deh.

2 Pulau Babi Kecil

Pulau Babi Kecil Bangka Belitung
Pulau Babi Kecil

Mau tahu salah satu surganya bawah laut di Belitung? Jawabannya adalah pulau Babi Kecil. Setelah asyik menikmati pulau Lengkuas, saya langsung menuju pulau Babi Kecil. Di pulau ini, bawah lautnya sangat lah indah. Banyak terumbu karang yang masih bagus dan ikan-ikan yang indah menemani saya selama di pulau ini. Namun sangatlah disayangkan, karena waktu yang terbatas saya tidak bisa menikmati lama-lama di sini dan ditambah tidak membawa kamera underwater. Tapi, tempat ini sangatlah indah bawah lautnya.

3 Pulau Pasir Timbul

Pulau Pasir Timbul Bangka Belitung
Pulau Pasir Timbul

Tidak akan pernah rugi jauh-jauh datang ke Belitung kalau menikmati pulau yang satu ini. Pada umumnya Belitung terkenal dengan bebatuannya, tapi di salah satu pulau yang ada di sini tak ada batuan besarnya. Namanya pulau Pasir Timbul. Uniknya, pulau ini sangat kecil dan dipenuhi pasir putih yang halus dan lembut. Selain itu, ombak di sini tidaklah besar. Jadi jangan khawatir takut terkena ombak besar.

Pulau Pasir Timbul Bangka Belitung
Tiduran Di Pulau Pasir Timbul

4 Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar Bangka Belitung
Pulau Batu Berlayar

Salah satu pulau yang eksotis di Belitung adalah pulau Batu Berlayar. Berbeda dengan pulau Pasir Timbul yang tak ada batuan besarnya, justru pulau ini memiliki batuan yang sangat besar. Oleh karena itu, pulau ini disebut Batu Berlayar. Sangat menarik sekali untuk menikmati batuan-batuan dari sudut manapun yang ada di pulau Batu Berlayar.

Pulau Batu Berlayar Bangka Belitung
Pulau Batu Berlayar

5 Pulau Kelayang

Pulau yang satu ini memiliki keunikan yang berbeda pula dari beberapa pulau lainnya. Di pulau ini ada bebatuan yang bentuknya seperti kepala burung. Selain itu juga terdapat pasir putih dan air laut yang sangat jernih, serta kamu bisa mengunjungi goa yang sangat eksotis. Untuk melihat goa, kamu memerlukan tracking sekitar 5 menit. Setelah tiba di goa tersebut, kamu akan terkagum-kagum akan keindahannya. Lokasi ini sangat bagus untuk berfoto, bahkan bisa dibilang tempat yang instagramble banget deh. Namun sangat disayangkan sekali, saya tidak bisa menikmati keindahan pulau ini lebih lama. Hanya bisa sekitar 30 menit saja dikarenakan hari sudah semakin gelap.

Baca: Pantai Penyabong, Destinasi Cantik Di Belitung

Setelah selesai hopping island ke 5 pulau tersebut, saatnya kembali lagi ke Tanjung Kelayang. Intinya saya cukup puas sekali bisa berkunjung ke Belitung dan menyusuri pulau Lengkuas, Babi Kecil, Pasir Timbul, Batu Berlayar, dan Kelayang. Setelah tiba di Tanjung Kelayang, langsung bersih-bersih. Tapi kamar mandi di sini masih dibilang sedikit, jadi mau mandi pun harus mengantri. Saat masih mengantri, ada inisiatif yaitu sambil menunggu antiran kosong mendingan makan dulu. Dan sayapun cari makanan di salah satu warung yang masih buka, tapi saya beruntung sekali karena di warung tersebut ada kamar mandi yang disewakan. Jadi, saya langsung mandi tanpa harus mengantri. Setelah mandi langsung menyantap makanan yang sudah dipesan. Menu yang dipesan yaitu nasi putih, telur goreng, tumis kangkung terasi, dan jeruk kunci hangat. Rasanya nikmat sekali.

Buat kamu yang mau pergi trip ke Belitung, wajib ya hopping island ke 5 pulau ini, dan kalau bisa mengunjungi 5 pulau tersebut. Nanti bisa kita share pengalamannya lagi. Sudah jangan banyak pikir lagi mau liburan kemana, pergi ke Belitung saja sudah cukup. Kalau mau ajak saya juga boleh lho, nanti saya bisa temani ke tempat yang masih tersembunyi di Belitung (yang pernah saya kunjungi).

12 COMMENTS

  1. Duh duh, racun banget ini tulisanya buat saya yang belum pernah mengunjungi daerah Belitung 😅. Bagus² banget yah Bang pantainya, jadi target destinasi trip selanjutnya wkwk…😂

    • Wahh wajib masuk list deh belitung mah. Pokoknya keren abis,, lebih keren datang langsung.

  2. Noted lahh..

    Pas ksana Mercuasuar dalam perbaikan cobak..#menyebalkan

  3. Keren…tulisannya menambah list rencana ngebolang.
    Indonesia memang surga traveling

  4. Belum kesampaian jalan-jalan ke Belitung,, baca post ini dulu lah. Pantai-pantainya menggoda untuk goler-goler sampe gosong.

    • Gosongnya bukan main kalau ke Belitung. Buat yang mau taning, tempat ini cocok bange

  5. Keren banget Tanjung Kelayang sekarang udah ada tulisannya. Dulu waktu saya ke sana belum ada. Btw kepengen deh ngulang lagi ke Belitung. Dulu nggak sempat nyobain mie-nya 😀

    • Ayo mba ke Belitung lagi, wajib Cobain mie nya dan explore tempat yang masih tersembunyi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here