Suka Mengunjungi Tempat Wisata Di Indonesia? Saatnya Kamu Jadi Travel Blogger

1092
Budi Setiadi Travel Blogger Indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman yang tak ternilai, seperti wisata, budaya, flora dan fauna, dan lainnya. Sangat disayangkan jika keindahan tersebut hanya kita diamkan begitu saja. Oleh karena itu, mari kita eksplor lebih jauh kekayaannya dengan cara menjadi travel blogger Indonesia.

Bisa kamu hitung berapa banyak tempat wisata yang pernah kamu kunjungi? Lalu coba hitung lagi masih berapa banyak tempat yang belum kamu kunjungi? Pasti jawabannya sangat banyak. Makanya sangat rugi kalau kamu hanya mengunjunginya sedikit, apalagi tidak pernah sama sekali.

Potensi pariwisata Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Ditambah dengan adanya tren media sosial, membuat pariwisata kita bisa dikenal banyak orang bahkan sampai dunia. Selain itu juga, masyarakat kita sudah mulai turut campur dan menyumbangkan kreativitasnya untuk membangun pariwisata yang baru dan lebih baik lagi.

Dengan adanya hal tersebut, banyak sekali tempat wisata yang harus kamu eksplor. Eksplor lah sebanyak mungkin agar kamu bisa belajar banyak dari negeri kita ini. Sudah cukup kekayaan kita diakui oleh negara lain, kini saatnya kamu turut serta melestarikan kekayaan yang kita miliki.

Baca: Rahasia Sumber Penghasilan Travel Blogger

Ada keunikan tersendiri jika kamu cerdas dalam mengeksplor wisata Indonesia. Salah satunya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hasil setiap kunjunganmu. Memangnya bisa jalan-jalan keliling Indonesia dapat penghasilan, kan keliling Indonesia itu mahal? Jawabannya bisa. Tidak ada yang mustahil di dunia ini. Caranya mudah yaitu jadilah travel blogger. Berikut ini saya coba bagikan cara mudah menjadi travel blogger Indonesia:

1. Tulisan

Penulis Travel Blogger Indonesia

Cara pertama untuk menjadi seorang travel blogger yaitu lewat tulisan. Buat kamu yang hobi menulis, kamu bisa menceritakan tempat wisata apa saja yang pernah kamu kunjungi ke dalam tulisan. Apapun yang ingin kamu ceritakan, ceritakan saja ke dalam tulisan.

Banyak travel Blogger Indonesia yang sukses dengan menulis pengalamannya. Cerita perjalanan mereka biasanya ditulis ke dalam sebuah blog atau website pribadi. Dari blog yang mereka buat, bisa mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang lumayan, bahkan bisa melebihi gaji perbulan seorang karyawan.

Selain blog, ada juga travel blogger yang menuliskan ke dalam sebuah buku. Dengan kata lain, kamu bisa menjadi seorang penulis buku. Pernahkah kamu mampir ke toko buku? Nah biasanya di salah satu rak ada buku tentang traveling. Itulah salah satu hasil tulisan dari travel blogger.

Satu lagi, travel blogger juga bisa menjadi suatu profesi yang menjanjikan lho. Salah satunya bisa menjadi penulis di suatu majalah, media online, perusahaan travel, dan lain sebagainya. Peluang tersebut masih sangat terbuka untuk siapa saja.

Sangat menarik bukan? Kalau kamu sudah sering keliling Indonesia dan suka menulis, alangkah baiknya kamu segera buat tulisan di sebuah blog, buku, atau mendaftar sebagai penulis di sebuah media.

2. Fotografi

Hobi Fotografi Travel Blogger Indonesia

Sejak perkembangan kamera digital dan menjamurnya smartphone, hampir semua orang kini sudah bisa mengambil suatu gambar dengan sangat mudah. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, masih sangat sulit untuk mempunyai teknologi fotografi. Jika ingin foto, kamu harus ke tempat yang menyediakan jasa foto. Hal itu sangat merepotkan bukan?

Tapi, sekarang zamannya sudah maju. Kamu mau foto kapanpun dan di manapun bisa dilakukan begitu mudah. Ditambah lagi, perkembangan kamera smartphone pun semakin canggih, kamu bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan satu genggaman tanganmu saja.

Nah buat kamu yang hobi foto, kamu bisa mengabadikan setiap perjalanan saat mengunjungi tempat wisata di Indonesia. Kamu bisa bercerita melalui sebuah foto yang kamu ambil untuk dibagikan kepada banyak orang.

Berkat adanya tren di media sosial, hasil foto kamu bisa dibagikan melalui media tersebut. Kamu bisa unggah semua foto traveling ke akun media sosial yang kamu miliki, seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya. Coba perhatikan saja, sekarang banyak orang menjadi terkenal karena kemampuannya dalam membuat foto yang kreatif. Dengan kreativitas yang kamu miliki dalam hal fototgrafi, kamu bisa mempunyai peluang untuk menjadi travel blogger yang sukses dan terkenal hanya bermodalkan foto.

Mungkin saja banyak pihak yang tertarik dari hasil fotomu dan karyamu bisa dibayar mahal. Selain itu juga, kamu bisa menjual hasil fotomu di berbagai platform photo stock online. Jadi jangan pernah anggap sepele hasil foto dirimu sendiri yang pernah bidik.

3. Videografi

Travel Vlogger Indonesia

Punya cita-cita jadi pemain film atau sinetron yang mempunyai penghasilan banyak? Prosesnya gak gampang lho. Ada banyak proses yang harus kamu lewati untuk mewujudkannya. Eits tenang dulu, masih ada cara lainnya yang lebih mudah.

Di era digital ini, bukan hanya artis yang bisa mendapatkan penghasilan tinggi. Tapi dengan memanfaatkan teknologi yang ada, semunya bisa jadi kenyataan. Buat kamu yang hobi traveling dan  jago bikin video, saatnya jadi travel vlogger.

Baca: Harus Berani Traveling Sendirian

Setiap kali kamu mengunjungi tempat-tempat di Indonesia, mulailah dengan merekam semua kegiatan yang kamu lakukan di sana. Gunakan peralatan yang kamu miliki, seperti smartphone, kamera digital, action camera, drone dan lainnya. Rekam setiap momen yang dirasa kamu bisa ceritakan kedalam sebuah video.

Setelah kamu merekam aktivitas selama traveling, saatnya buat video tersebut menjadi semakin menarik. Dan coba kamu bagikan ke media sosial yang kamu miliki. Satu akun media sosial yang paling penting bagi travel vlogger yaitu YouTube.

YouTube memang menjadi favorit bagi siapa saja. Selain itu juga, YouTube memberikan penghasilan dari iklan yang tayang pada setiap video yang kamu unggah. Tapi syaratnya akun kamu sudah di monetize ya, jika sudah baru deh kamu bisa mendapatkan penghasilan. Bukan sekedar penghasilan saja yang kamu dapatkan, tapi siapa tahu kamu juga bisa menjadi terkenal melebihi artis papan atas. Hehehe.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan travel blogger itu bukan hanya sekedar nulis di blog, tetapi bisa juga memotret dan membuat video. Satu hal yang paling penting ketika kamu ingin memulai menjadi travel blogger Indonesia, kamu wajib memiliki akun media sosial. Karena itulah media yang membantu karya kamu agar bisa sampai ke banyak orang. Yuk eksplor Indonesia lebih banyak lagi dan bagikan cerita perjalananmu. Budi Setiadi

81 COMMENTS

  1. Satu yang paling penting meski memiliki ketiganya adalah konsistensi, dan itu yang paling berat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here