piknik

Bukan Piknik Kaleng-kaleng Ke Ragunan

piknik-liburan-hemat-kebun-binatang-ragunan-2

Pernah kepikiran gak liburan bareng teman-teman ke kebun binatang Ragunan? Pasti berpikirnya emangnya saya anak kecil apa piknik ke kebun binatang? Hmmm awalnya juga sama, saya pun berpikirnya seperti itu. Tapi ternyata seru banget lho.

Pertamanya, tiba-tiba kepikiran pengen liburan bareng temen-temen kantor tapi yang gak mahal-mahal. Kalau mahal pasti banyak yang gak mau ikut, apalagi ngajak liburannya pas tanggal tua. Wah bisa ditolak mentah-mentah pastinya.

Nah tiba-tiba ada yang punya ide ngajakin liburan ke kebun binatang Ragunan, katanya udah lama gak pernah ke sana. Pas ditanya coba kapan terakhir kalian pergi ke Ragunan? Hampir kebanyakan yang jawab pas waktu SD, bahkan ada yang belum pernah sama sekali.

Katanya kalau piknik ke Ragunan itu hemat, gak terlalu bikin kantong jebol kok. Masuknya aja Cuma goceng, itung-itung sedekah lah ya. Gak akan ngeberatin hati, apalagi hati tetangga atau mantan. Udah pokoknya kita ke Ragunan aja deh ya, salah satu yang punya ide maksa.

Mungkin ada beberapa orang di hati kecilnya merasa gengsi sih, masa iya di zaman modern gini masih main ke kebun binatang Ragunan? Tapi gak peduli ya yang penting kebersamaannya, bukan gengsinya. Dan di hari itu langsung mutusin mantan, eh maksudnya mutusin tanggal yang pas buat pikniknya.

Baca : Taman Mahkota Ratu

Setelah tanggal dapat dan sepakat, langsung deh mikirin acaranya mau ngapain aja. Berhubung teman-teman ini pada suka makan, hal yang paling dipikirin itu udah pasti makanan. Yang cewe-cewe udah berrebut pengen makan ini itu, tapi yang cowo-cowo mah nyantai aja. Untungnya mereka gak sampai jambak-jambakan dan cakar-cakaran gara-gara makanan.

Setelah mereka berunding, akhirnya diputuskan menu makanannya yang sederhanaa aja gak pake mewah-mewahan. Dan makanannya itu bukan sistem iuran tapi bawa masing-masing dengan minimal Rp. 30.000,- per orang. Terserah mau bawa apaan aja.

Nah pas hari H, semua pada kumpul tapi pada telat sih. Ada yang telat gara-gara beda pintu masuknya, dikira pintu masuknya cuma satu dan ternyata banyak. Ketahuan banget kan jarang main ke sini. Tapi, pada akhirnya bisa ketemu dan kumpul juga.

Liburan Hemat, Piknik Ke Kebun Binatang Ragunan
Dapet tempat duduk, langsung buka lapak

Habis itu, langsung cari tempat duduk yang adem, dan yang paling enak dibawah pohon yang rimbun gitu. Agak lumayan lama sih nyari tempatnya, mengingat hari minggu, jadi banyak orang juga yang liburan ke sini. Tapi untunglah dapet juga tempat yang diinginkan.

Oh iya, buat di sana itu banyak yang jual tikar atau alas tempat duduk jadi gak perlu khawatir. Buat yang gak mau repot tinggal beli aja. Harga jual satu tikarnya rata-rata Rp. 10.000,-, karena banyakan jadi satu tikar gak cukup, dan kita beli 3 tikar.

Liburan Hemat, Piknik Ke Kebun Binatang Ragunan
Menu piknik yang dibawa masing-masing, dikumpulin jadi satu

Tikar sudah diap, langsung deh berebutan duduk dan keluarin bawaan masing-masing. Kalau cewe-cewe ada yang bawa nasi, ayam goreng, ikan asin, cumi, tempe, tahu, sayur asem, sambel, perkedel kentang, pokoknya makanan rumahan gitu.

Kalau cowo-cowo udah jelas bawanya yang simpel-simpel aja, makanan ringan dan minuman aja karena gampang banget buat dibelinya. Nah kalau yang dibawa cewe-cewe itu hasil masakan sendiri. Beruntung mereka pada jago masak, lalu mereka mengistilahkan dirinya adalah “istri idaman masa depan”.

Hmmmm, tapi cocok kok istilahnya mereka. Secara masakannya emang enak banget, rasanya bukan main dan gak perlu diragukan lagi. Kalau dikasih nilai dengan bintang 1 – 5, nilai buat mereka itu bintang 7. Makanannya sampai ludes dilahap habis.

piknik liburan hemat kebun binatang ragunan 1 1024x768 - Bukan Piknik Kaleng-kaleng Ke Ragunan
Mendadak bego

Setelah puas makan, langsung deh pada bego mendadak. Asli puas banget makannya, dan dipikir-pikir rugi banget kalau gak ikutan. Soalnya saya hamper aja gak ikut, karena kecapean hari sebelumnya habis traveling juga. Tapi akhirnya maksain ikut piknik yang sudah direncanakan ini.

Liburan Hemat, Piknik Ke Kebun Binatang Ragunan
Kebersamaan yang Hakiki

Selanjutnya seperti biasa, agendanya itu keliling kebun binatang Ragunan buat liat binatang-binatang yang ada. Yang jadi favorit sih liat Kingkong. Ternyata luas juga tempatnya, sampai masuk ke goa buatan gitu. Pokoknya seru banget deh.

Kingkong
Kingkong
hewan primata 768x1024 - Bukan Piknik Kaleng-kaleng Ke Ragunan

Gak kerasa hari udah mulai gelap, kaki udah pada pegal, dan akhirnya kami mengakhiri piknik ini. Capek dan Lelah yang dirasa bisa terbayar lunas dengan keseruan hari itu. Kapan lagi kan bisa kumpul bareng di hari libur sambil berpetualang ria.

Baca : Taman Kerinci

Pokoknya makasih banyak buat Selfi, Rere, dan Icha atas idenya yang memilih Ragunan sebagai destinasi menyenangkan, Revian, Dian, Amel, Watri, Mandra, dan Edo yang bisa ikutan trip kali ini. Kapan lagi kita kumpul kaya gini? Seru banget deh jalan-jalan bareng kalian.

Ternyata kumpul bareng temen-temen itu gak harus mahal lho, cukup ke tempat-tempat wisata yang murah meriah seperti ini pun bisa banget. Mungkin acara kaya gini perlu diadain sebulan sekali, biar kekompakan selalu terjaga dan bisa jadi cerita anak cucu kita nanti. Nah, bulan depan enaknya ke mana ya? – Jalan Yuk, Kuy Jalan