Waktu Terbaik ke Pulau Komodo, Labuan Bajo

Kapan Waktu Terbaik Traveling Ke Pulau Komodo, Labuan Bajo?

Siapa yang gak tahu pulau Komodo di Labuan Bajo? Ayo ngaku. Hmm rasanya buat orang Indonesia pasti pada tahu kan ya? Salah satu destinasi wisata super prioritas ini menjadi primadonanya wisata Indonesia sekarang. Tapi udah tahu belum kapan waktu terbaik kalau mau ke sana?

Wajar aja banyak orang yang pengen banget datang ke pulau Komodo karena keindahan alamnya yang luar biasa cantik sekaligus sekarang udah jadi salah satu destinasi wisata primadona di Indonesia. Ditambah bisa ngerasain tinggal di tengah laut dan di atas kapal (live on board), kapan lagi kan? Inilah yang ditawarkan di Labuan Bajo.

Kebayang kan kalau kamu explore Labuan Bajo bakalan bisa berlabuh di beberapa pulau yang indah dan bisa lihat seperti apa habitat dan bentuk Komodo aslinya? Ngebayanginnya aja udah seru, apalagi bisa datang langsung ya kan.

Tapi sebelum ke sana, kamu harus tahu waktu terbaik explore Labuan Bajo biar pas ke sana sesuai dengan ekspektasi kamu dan bisa puas sepuas-puasnya. Dan inilah jadwal bulan yang baik buat datang ke pulau Komodo.

Januari – Maret

Di bulan ini, enaknya datang ke Labuan Bajo bisa menikmati suguhan acara khas daerahnya, karena ada banyak festival yang diadakan di sana. Salah satu acara yang paling hits dan dinanti-nanti adalah Festival Komodo yang diadakan di bulan Maret. Kamu bisa menyaksikan langsung parade patung Komodo, tari-tarian, atraksi seni dan budaya, music, dan hiburan lainnya. Menarik banget kan?

Selain itu ada juga Festival Reba yang diadakan sekitar bulan Januari atau Februari. Festival Reba adalah suatu rangkaian pesta adat masyarakat Langa yang diadakan di Kabupaten Ngada. Tujuan digelanya acara ini yaitu bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur atas pemberian Sang Pencipta.

Baca :  Rahasia Sumber Penghasilan Travel Blogger

Selain sara syukur, Festival Reba merupakan bentuk rasa hormat kepada leluhur mereka agar diberikan kekayaan dan hasil panen yang bagus. Acara ini biasanya digelar selama tiga hari berturut-turut berupa upacara dan kegiatan ritual.

Sayangnya kalau bulan Januari – Maret itu tingkat curah hujan lagi tinggi dan angin juga kencang, jadi cuacanya kurang mendukung untuk sailing trip. Kalau mau tetap ke sana ya boleh-boleh aja, yang penting selalu bawa perlengkapan traveling yang mendukung ya.

Tapi namanya cuaca di laut gitu kadang gak bisa diprediksi, kadang di dermaga mendung, eh pas di laut nya cuaca cerah atau sebaliknya. Yang penting semoga aja pas kamu ke sana cuacanya bagus dan mendukung buat melanjutkan trip Labuan Bajo nya.

April – Mei

Bulan April bisa dibilang waktu yang pas buat liburan ke Labuan Bajo, karena di bulan ini cuacanya mulai bagus dan sudah mendukung tentunya. Nanti kamu akan melihat pemandangan alam yang indah banget. Langit biru, perbukitan yang penuh berwarna hijau, dan air laut yang jernih. Kebayang kan?

Kalau datang di bulan Mei, ada pemandangan yang berbeda yaitu perbukitan udah mulai menguning. Tapi tetap bisa melihat langit yang cerah dan air laut yang jernih. Kalau beruntung kamu bisa menikmati tarian ikan pari manta tanpa harus menyelam. Seru banget pastinya.

Juli – September

Udah pada tahu kan kalau di bulan Juli sampai September ini adalah Komodo lagi musim kawin? Nanti kamu bisa lebih mudah bertemu dengan pujaan hati, eh maksudnya Komodo. Biasanya kan Komodo suka malu-malu gimana gitu, kalau datang bulan-bulan ini bisa gampang buat lihat Komodo bahkan bisa foto bareng juga.

Baca :  Tips Jitu Berburu Promo Diskon Belanja Online 11-11 dan 12-12

Selain itu, bisa lihat  mereka lagi berkelahi kalau beruntung. Pertempurannya pasti seru. Tapi kalau mereka berantem gitu kira-kira ngapain? Udah pasti lagi wik-wik alias kawin dong. Beruntung banget kalau bisa ngintip proses mereka kawin. Kan jarang-jarang lihat.

Kalau ngomongin tentang alamnya, gak usah ditanya lagi udah pasti bagus banget pas bulan-bulan ini. Jadi kalau mau punya kenangan yang kece, bisa traveling ke Labuan Bajo pas bulan Juli, Agustus, dan September.

Oktober – Desember

Bukan sekedar indah di daratan aja, Labuan Bajo terkenal juga keindahan bawah lautnya. Kamu suka  snorkelling atau diving? Nah kalau suka berarti cocoknya trip ke Labuan Bajo di bulan Oktober, November, atau Desember. Karena bisa lihat ikan yang menari-nari diantara terumbu karang, sekaligus bisa lihat terumbu karang yang indah banget.

Tapi kalau Desember biasanya intensitas hujan mulai tinggi, artinya udah mulai musim hujan. Tapi yang namanya Labuan Bajo tetep bagus kok. Gak usah ragu buat datang ke sini pas bulan Desember, semoga aja pas kamu ke sana cuacanya mendukung buat semua aktivitas selama liburan di pulau Komodo.z

Nah sekarang udah tahu kan bulan apa yang bagus buat traveling ke pulau Komodo? Dari sekarang udah atur rencana buat tentuin waktu terbaik ke Labuan Bajo. Dan kita sama-sama tahu bahwa gak murah buat bisa ke Labuan Bajo, karena tiketnya cukup mahal. Tapi, kamu bisa ikutin tips ini: cara mendapatkan tiket pesawat murah biar bisa trip ke pulau Komodo.

Happy Traveling. Sampai jumpa di Labuan Bajo ya. – Jalan yuk, kuy jalan

More Stories
liburan hemat ke negara di luar negeri vietnam - Kapan Waktu Terbaik Traveling Ke Pulau Komodo, Labuan Bajo?
Liburan ke Negara-Negara Ini Dijamin Gak Bikin Kantong Kamu Bolong