Budi Setiadi

Budi Setiadi

Berprofesi sebagai seorang digital marketer di salah satu e-commerce Indonesia sekaligus menyukai traveling, saya pun ingin menjadi seorang travel blogger Indonesia. Tujuannya adalah bisa berbagi informasi, pengalaman pribadi, dan semoga apa yang saya share bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki

pulau-labengki-sulawesi-tenggara-12

Main ke Sulawesi yuk, khususnya bagian Tenggara. Ada banyak pulau cantik yang bisa kamu temui di sini. Pokoknya gak usah dipertanyakan lagi secantik apa pulaunya, kamu akan melihat dan merasakan bangganya ada pulau secantik ini. Apalagi kamu datang ke pualu Labengki.

Pulau Labengki terletak di kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau ini gak kalah bagus dari Wakatobi atau Raja Ampat yang sudah lama terkenal. Namun, baru-baru ini pulau Labengki menjadi hits karena keindahan yang di milikinya.

Siapa sangka, kini pulau ini menjadi primadona dan sering dikunjungi oleh pecinta traveling dan menjadi perbincangan para netizen di media sosial. Udah pada tahukan, kalau netizen udah pada nyinyir, pasti dunia heboh dibuatnya.

Nah kalau traveling ke pulau Labengki, kamu bisa ngapain aja sih? Kebetulan saya pribadi lebih suka explore sedikit lebih dalam lagi, karena setiap perjalanan kan memiliki cerita. Kadang cerita saya dengan travel blogger lainnya bisa berbeda. Dan inilah pengalaman saya pribadi dengan mengenal lebih dekat pulau Labengki.

Keunikan Pulau Labengki

pulau labengki sulawesi tenggara 11 1024x768 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Welcome to Labengki Island

Mungkin sebagian kamu bertanya-tanya apa aja sih yang unik dari pualu Labengki? Nah yang paling membuat saya tertarik adalah area tempat tinggal masyarakat di pulau ini. Lebih tepatnya kehidupan mereka. Udah dari jauh-jauh hari penasaran mereka tinggal seperti apa sih di sana.

Masyarakat yang tinggal di sini adalah suku Bajo. Namun mereka sudah menerima perkembangan era saat ini. Sudah mengenal yang namanya teknologi dalam kehidupan mereka sehari-hari. Di sana sudah ada televisi, signal provider, handphone, dan lainya.

Baca : Rumah Nenek Sombori

Kalau kamu datang ke sini gak usah khawatir takut gak ada sinyal. Sinyal di sini cukup bagus kok, apalagi menggunakan provider si kartu merah. Udah pasti dapet sinyal dan tetap bisa kabari keluarga bahkan update media sosial milikmu.

pulau labengki sulawesi tenggara 10 1024x768 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Sambutan hangat dari anak-anak suku Bajo

Sungguh menyenangkan bisa melihat dan menyapa lebih dekat dengan suku Bajo pulau Labengki. Ketika baru tiba di sana, anak-anak kecil menyambut kami dengan senyum dan sapa hangat mereka. Mereka tak malu-malu menyapa dan menggandendeng tangan kami dengan lembut.

Satu keunikan mereka yang umumnya tinggal di daerah pesisir pantai atau laut adalah “Om koin om, om koin om, lempar koinnya om” sambal menari indah di dalam air dan meloncat dari jembatan yang ada di dermaga. Sungguh riangnya mereka dengan kegiatan seperti itu.

Anak-anak Pulau Labengki

Namun saya sadar kegiatan seperti itu tak lain sama dengan meminta-minta, oleh karena itu sebelum datang ke sini, saya diberitahu untuk tidak memberikan koin kepada anak-anak yang menari di dermaga. Koin yang biasa mereka minta diganti dengan sesuatu tapi harus melakukan “aksi”.

pulau labengki sulawesi tenggara 8 1024x768 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Kalau yang cantik, pasti jadi bahan rebutan

Yang disarankan untuk diberikan kepada mereka seperti permen, coklat, makanan ringan, buku, alat tulis, dan lain semacamnya. Eits, tapi gak dikasih langsung begitu aja, karena mereka bisa berebutan sambal berkelahi satu sama lainnya. Sebelum dikasih, mereka diberikan tantangan seperti bernyanyi, berhitung, membaca, atau lainnya yang setidaknya mengasah kemampuan dan berguna bagi mereka.

Dari semua pemberian kami, ada satu yang bisa dibilang aneh bagi anak-anak di sana, yaitu ketika saya makan “kwaci”. Biasanya mereka kalau ditawarin sesuatu pasti langsung berebut, tapi berbeda ketika saya tawari kwaci. Tatapan mereka terlihat kepingin, tapi terlihat aneh. Lalu saya tanya lagi, adek-adek mau kwaci gak? Mau kak, tapi itu apa? Jawab salah satu dari mereka. Oh ini namanya kwaci, lanjut saya.

Bingung sih melihat mereka, pikir saya mungkin mereka belum tahu kwaci dan bingung gimana cara makannya. Sambil terus melihat saya makan kwaci dan menelan ludahnya sendiri, akhirnya saya dan coba ajarkan mereka cara makan kwaci. Dan mereka antusiasnya tinggi, seperti biasa langsung berebut sambal berantem. Huh capek juga memisahkan mereka, tapi saya rebut kembali kwacinya dibagi rata biar gak ada yang berantem lagi.

Setelah itu saya mengajari mereka gimana caranya makan kwaci. Tapi ada yang lucu salah satu mereka, tiba-tiba menyerah dan bilang “kak saya tidak bisa” sambal kasih kwacinya setelah digigit dia dan penuh dengan air liurnya. Gimana gitu ya? Tapi saya terus paksa dia biar bisa buka sendiri. Dan akhirnya dia berhasil buka sendiri. Jadi kwacinya habis oleh mereka.

Hanya Ada Satu Masjid

pulau labengki sulawesi tenggara 2 1024x768 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Masjid yang ada di sini

Mayoritas penduduk pulau Labengki adalah muslim. Bagi kamu yang muslim, gak usah khawatir buat ibadah di sini, karena ada satu masjid tersedia di sini. Masjidnya gak begitu mewah seperti masjid raya gitu, tapi cukup sederhana dan nyaman kok.

Menara Mercusuar, Ikonik Pulau Labengki

pulau labengki sulawesi tenggara 768x1024 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Menara Mercusuar pulau Labengki

Selain terkenal gugusan pulau yang cantik, pulau Labengki juga memiliki menara Mercusuar yang menjadi ikonik juga. Pokoknya kalau ke sini harus coba naik ke atasnya. Kamu akan melihat keindahan Labengki dari atas dan melihat di jendela, pemandangannya sangat mengagumkan.

pulau labengki sulawesi tenggara 7 1024x768 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Jalan menuju menara Mercusuar

Satu hal yang harus kamu tahu adalah menara Mercusuar kondisinya cukup memprihatinkan. Pertama kamu harus melewati jendela yang dibongkar dan harus sedikit naik. Usahakan bagi cewek pakai celana ya jangan pakai rok, biar gampang naiknya.

Kedua, untuk mencapai ke puncak menaranya, kamu harus naik anak tangga. Tapi kondisinya bikin ngeri, karena beberapa anak tangga ada yang hilang akibat keropos. Selain itu juga di beberapa bagian gak ada pegangannya, ngeri-ngeri sedap deh pokoknya.

pulau labengki sulawesi tenggara 6 768x1024 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
pulau labengki sulawesi tenggara 1 768x1024 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Anak tangga yang gak ada pegangannya

Tapi kalau sudah berhasil naik ke atas, kamu akan disuguhi pemandangan yang ciamik. Kamu bisa lihat pemandangan dari jendela bagaimana indahnya pulau Labengki ini. Bisa lihat gugusan pulau kecil yang ada disekitarnya dan dikelilingi warna air laut biru kehijauan.

pulau labengki sulawesi tenggara 5 930x1024 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki

Kalau sudah puas melihat pemandangan dari atas, kini saatnya dihadapi tantangan lagi yaitu turun tangga. Pada dasarnya anaknya takut ketinggian jadi makin risih. Udah anak tangganya ada yang hilang, gak ada pegangan, ditambah goyang-goyang kalau diinjek. Ditambah kaki pun ikut gemeter. Lengkap sudah rasanya, tapi yang penting sudah pernah naik ke puncak menara Mercusuar pulau Labengki.

Listrik dan Air Yang Terbatas

Buat kamu yang memutuskan untuk traveling ke pulau Labengki akan terasa berat kalau gak bisa hidup dari listrik, atau malah senang lagi? Karena di sini kamu bisa menikmati listrik hanya malam saja, yaitu mulai dari jam 18.00 WITA sampai jam 05.00 WITA aja.

Nah kalau listrik sudah nyala, sebaiknya peralatan yang membutuhkan listrik, segera diisi lagi untuk persiapan travelingnya. Minimal hp, powerbank dan baterai kamera menjadi prioritas buat diisi. Dan harap bawa colokan listrik sendiri ya biar gak berebut sama yang lainnya.

Baca : Pantai Munggu

Selain listrik yang terbatas, air juga cukup terbatas. Pasti udha tahu dong kalau pergi ke pulau gitu, tentu agak sulit mendapatkan air tawar, begitu juga di pulau Labengki ini. karena kami tinggal di homestay, pemiliknya pun harus ambil air tawar dari sumbernya.

sumber air pulau labengki 768x1024 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki

Mereka biasanya minta tolong orang juga buat ambilkan airnya atau beli. Tapi ada beberapa rumah pakai pompa listrik buat ambil airnya, kalau jaraknya dekat dengan sumber air tawar. Jadi ketersediaan airnya cukup banyak dan lebih praktis kalau pakai pompa, gak capek buat angkut.

Saya sendiri penasaan sama sumber air yang ada di sini, setelah tanya-tanya ketemulah sumber airnya. Ini letaknya di salah satu rumah warga, beruntung banget pemilik rumah ini gak perlu jauh-jauh buat dapetin airnya. Dia juga pasang pompa dan ditampung di penampungan air miliknya.

Sarapan Di Tepi Pantai

sarapan pulau labengki 1024x768 - Menilik Lebih Dekat Keindahan Pulau Labengki
Menu sarapan sederhana, tapi nikmatnya luar biasa

Jarang-jarang banget bisa sarapan ditemani pemandangan yang indah gini kan ya. Apalagi buat yang tinggalnya jauh dari pantai seperti saya ini. Ngerasain begini aja udah senangnya minta ampun. Bangun pagi-pagi, mandi, dan sarapan persis dipinggir pantai.

Beruntung juga sih sewa homestaynya tepat di pinggir pantai, jadi tiap pagi dibuat puas banget. Rasanya ingin tiap hari bisa seperti ini. Sarapan apapun akan terasa enak dan pasti lupa dengan rasanya. Mau manis, asem, asin, pahit, mungkin akn terasa enak aja gitu.

Nah, dari pengalaman ke pulau Labengki ini banyak banget yang bisa saya petik. Bisa merasakan bagaimana tinggal dan bermain bersama suku Bajo, listrik Cuma nyala hanya di malam hari, air tawar yang terbatas, sarapan di tepi pantai, naik ke atas mercusuar, dan yang paling mengesankan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Kalau ditanya mau balik lagi ke sana apa gak? Saya jawab mau banget. Terus kamu kapan ke sana? Jalan Yuk, Kuy Jalan

View Miniatur Raja Ampat Di Pulau Sombori

pulau-sombori-view-raja-ampat-5

Kawan, kalau kamu lihat acara audisi musik di tv dan pesertanya berasal dari Indonesia bagian timur, pasti banyak yang suaranya bagus kan dan banyak juga yang lolos ke tahap berikutnya. Selain suaranya bagus, Tempat-tempat di sana bagus banget, udah gak diragukan lagi keindahannya. Salah satunya adalah pulau Sombori, tempat yang dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat.

Provinsi Sulawesi Tenggara adalah salah satu daerah yang memiliki kekayaan luar biasa indah di Indonesia. Sungguh sayang kalau kamu belum pernah menyambanginya. Rugi bandar men. Banyak banget destinasi wisata yang cantik di sana.

Kalau kamu belum pernah eksplor ke daerah Indonesia bagian timur, sekali-kali cobain main ke sana, ya minimal seumur hidup sekali deh. Apalagi ada satu tempat yang paling bagus dan disebut Raja nya pulau Indonesia. Pasti udah tahu kan namanya, ya Raja Ampat.

Banyak yang bilang kalau ke Raja Ampat itu mahal, tapi emang benar mahal. Kalau mau ke sana perlu merogoh kocek yang besar. Inilah yang bikin banyak orang belum bisa pergi ke sana. Padahal kalau ke sana bisa dengan biaya terjangkau, semua orang bisa ke sana. Tapi disinilah tantangannya, siapa yang ingin pergi ke Raja Ampat harus berjuang keras agar bisa ke sana.

Baca : Rumah Nenek Sombori

Yang jadi pertanyaan adalah kalau yang belum punya dana lebih buat ke sana gimana? Eits tenang dulu, ada alternatifnya kok. Kamu bisa mengunjungi Sombori yang sering banget disebut Raja Ampat versi mini.

Pulau Sombori terletak di Morowali, Sulawesi Tenggara. Belakangan ini Sombori melejit hits berkat banyaknya travel blogger yang mengekspos tempat indah ini. Kini, tempat inipun ramai diperbincangkan di media sosial. Sehingga menarik banyak orang-orang untuk menyambangi Sombori.

Inilah penampakan dari pulau Sombori. Air yang berwarna biru, ditemani gugusan pulau yang hijau membuat tempat ini makin mempesona. Siapapun yang datang ke sini, pasti akan takjub melihatnya. Oleh karena itu, banyak traveller yang berbondong-bondong data ke sini.

Miniatur Raja Ampat Di Pulau Sombori
Inilah view Raja Ampat

Tapi untuk mencapai ke sini lebih mudah dibandingkan tempat lainnya, karena sudah dibuat anak tangga yang bagus. Jadi kamu gak akan kesulitan buat mencapai ke atas bukitnya yang menjadi spot foto favorit.

Ketika sudah berada di spot foto tersebut, jangan berpikir mudah bisa foto sepuasnya. Kalau kamu takut ketinggian seperti saya, sudah pasti gak akan berani foto di karang yang runcing sambal berdiri. Ohh nyalipun dibuat menciut seketika, karena bawahnya itu jurang.

Miniatur Raja Ampat Di Pulau Sombori
Batu karang yang jadi spot foto utama

Awalnya saya pun hanya berani foto duduk saja. Tapi setelah melihat orang-orang ada yang berani berdiri, ingin rasanya bisa foto berdiri juga. Apalah daya, nyalinya masih belum berani ditambah ramai dan antri juga. Jadi cari spot foto yang friendly aja.

Miniatur Raja Ampat Di Pulau Sombori
Spot foto yang friendly, gak terlalu takut karena gak harus berdiri diatas batu karang runcing

Hari semakin sore, orang-orang sudah mulai pergi dari tempat ini dan ada kesempatan buat nyobain foto berdiri diatas batu karang itu, karena masih penasaran gitu. Rugi bandar deh udah jauh-jauh ke sini masa gak berani nyobain. Akhirnya minta tolong buat dipegangin sama guide nya, dan tara bisa berani juga.

pulau sombori miniatur raja ampat 1024x768 - View Miniatur Raja Ampat Di Pulau Sombori
Ekspresi jelek tapi happy
Miniatur Raja Ampat Di Pulau Sombori
Perasaan yang dag dig dug dwer

Tapi rasa takutnya masih ada, jadi hasil fotonya pun gak ada yang bagus. Hahaha. Gak apa-apa deh yang penting gak rugi-rugi banget. Nah pas mau turun malah gak berani juga, takut banget. Minta dipegangin lagi, eh malah dibecandain sama guidenya. Gak mau dipegangin dan suruh turun sendiri.

Asli kaki gemeteran abis. Mau naik gak berani, mau turun pun lebih takut lagi. Lemas rasanya kaki ini. Lebih baik naik tornado 10x di Dufan deh daripada berdiri diatas karang itu. Secara anaknya kan takut ketinggian juga. Akhirnya ada juga temen yang bantu pegangin tangan buat turun.

Baca : Gumuk Pasir Sumalu 

Tapi setelah dari sini, rasa takut akan ketinggian sepertinya berkurang. Biasanya liat dari lantai 2 ke lantai 1 aja ngeri, sekarang liat dari lantai 3 gak begitu ngeri sih. Pokoknya ini pengalaman yang luar biasa buat saya pribadi. Gak salah pilih traveling ke Sombori deh.

Nah setelah pulang trip ke Sombori, saya coba upload foto nya banyak followers yang ngira saya traveling ke Raja Ampat, hehehe. Padahal mah bukan. Jadi tempat ini tuh beneran mirip Raja Ampat sih, Cuma bedanya gugusan pulau nya itu lebih kecil dan sedikit. Kalau di Raja Ampat, gugusan pulaunya ada banyak dan lebih besar.

Nah buat kamu yang pengen ke Raja Ampat tapi punya dana yang gak begitu banyak, cobain ke pulau Sombori aja. Gak usah banyak piker lagi, ayo nabung buat ke sini. Apa mau bareng saya ke sininya? Kalau mau boleh tanya langsung via DM  Instagram ya. – Jalan yuk, kuy jalan

Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya

desa-ollon-bukit-teletubbies-toraja-7

Udah baca cerita Perjalanan Menantang Menuju Desa Ollon Toraja belum? Mengingat ini adalah lanjutan ceritanya. Alangkah baiknya baca dulu ya biar bisa ngebayangin gimana perjuangan bisa sampai ke tempat ini.

Sekitar 1 jam perjalanan, kami istirahat disebuah warung lagi. Di sini tempat istirahat kedua. Selain istirahat, kami juga mengisi bahan bakar untuk diri sendiri (air minum) dan untuk motor (bensin). Setelah itu langsung melanjutkan perjalanan lagi.

Di sinilah perjalanan menantang yang sesunggungnya dimulai. Pertama kali ditunjukkan, nanti kita naik ke sana ya sambal menunjuk jalanan dengan tanjakan curam, berbelok, dan kondisinya parah. Di situ saya langsung shock, gimana lewatnya? Sempat berpikir kayanya gak usah naik deh, mendingan pulang lagi aja.

Seketika teringat ada yang bilang kalau dia juga hanya bisa sampai sini saja. Tidak melanjutkan perjalanan dan pulang kembali, karena melihat kondisi jalanan yang sangat ekstrim. Saya pun coba menenangkan diri dengan meminum satu botol air mineral dan ke toilet buat buang air kecil.

Disaat buang air kecil, saya melihat pemandangannya luar biasa bagus. Sampai sini aja bagus, apalagi desa Ollon Toraja, sudah pasti bagus dong. Akhirnya rasa berani itu muncul dan siap melanjutkan perjalanan yang menantang itu.

desa ollon bukit teletubbies toraja 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Pemandangan di belakang kamar mandi

Setelah dapat ilham dari toilet, langung siap-siap naik motor lagi. Tapi saya masih minder, karena belum kepikiran gimana caranya bisa lewatin jalanan itu. Secara yang bisa dilewati hanya jalur sebelah kanan saja dan takutnya pas naik ada motor turun dari arah yang berlawanan dan berebut melewati jalur itu. Bisa-bisa jatuh sih.

Akhirnya saya minta paling belakangan naiknya, biar yang duluan jagain supaya jangan ada yang lewat dulu. Hahaha agak curang sih, tapi gak apa-apalah ya. Bersyukur saya bisa lewatin jalanan pertama yang antimainstream ini.

Baca : Gumuk Pasir Toraja

Setelah  semuanya naik, tiba-tiba hal yang tak terduga menimpa kami. Motor Vega R pun mogok dan gak mungkin sangggup dibawa lagi. Akhirnya memutuskan motor itu ditinggal di seperempat jalan. Untungnya ada ojek lewat, jadi Andi dan Dhani naik ojek.

Oh iya, jadi di sini itu ada ojek yang siap antar kamu ke desa Ollon. Harganya rata-rata Rp. 200.000,- untuk pulang pergi, dari warung yang tadi sampai ke desa Ollonnya. Nah karena kami mulainya bukan dari warung, coba nego aja siapa tau bisa kurang harganya. Jadilah dapet harga Rp. 150.000 per orang untuk pulang pergi tapi sampai tempat motor mogok.

Setelah Dhani dan Andi naik ojek, kami melanjutkan perjalanan kembali. Semakin jauh perjalanan yang dilalui, semakin ekstrim pula jalanannya. Kalau kata Kanda Iwan, kami harus sampai ke puncak bukit yang ada gubuknya. Gubuk itu terlihat sangat kecil dari kami berada. Sepertinya gak jauh, nyatanya jauh banget.

Dengan semangat yang masih tercampur rasa menyerah, kami terus berusaha menuju gubuk yang dituju. Katanya gubuk itu merupakan tanda pertengahan antara warung yang dibawah tadi dan desa Ollon, serta tanda perjalanan yang semakin antimainstream pun di mulai.

Akhirnya sampai juga kami di gubuk ini, dan beristirahat sejenak. Sambil istirahat, saya melihat ke bawah jalur yang kami lalui, ternyata luar biasa. Gak kebayang bisa melewati sejauh itu dengan jalanan yang terlihat sangat panjang, berkelok-kelok, dan tak biasa.

desa ollon bukit teletubbies toraja 1 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Gak nyangka bisa lewatin jalanan seperti ini
desa ollon bukit teletubbies toraja 2 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Bisa dilihat sendiri rutenya seperti itu

Shock banget meilhat rutenya, dan ini beneran AMAZING. Lalu, saya kira penderitaan berakhir sampai di sini, tapi ternyata salah. Rute yang paling ekstrim sesungguhnya baru akan di mulai. Setelah istirahat dirasa cukup, melanjutkan lagi yang sangat luar biasa ekstrim.

Baru naik motor, dan jalan sebentar, motor yang dinaiki saya pun terguling. Gila, ini parah banget jalanannya. Akhirnya motor pun dituntun alias gak dinaikin, karena kaki saya merasa perih. Awalnya berpikir ada luka, tapi pikiran itu dibuang jauh-jauh dulu, masa bodo sama sakit yang dirasa ini.

Selama melewati perjalanan yng paling ekstrim ini sempat berpikir “ah mendingan balik aja deh”, tapi kalau dipikir lagi balik lagi juga tetep harus melewati jalanan yang parah ini, malah gak dapet apapun alias sia-sia. Jadi, saya berusaha buang jauh-jauh pikiran pengen balik lagi itu.

desa ollon bukit teletubbies toraja 3 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya

Setelah 2 jam melanjutkan perjalanan, akhirnya tiba juga di desa Ollon. Rasa syukur pun langsung terucap, Alhamdulillah. Akhirnya bisa menginjakkan kaki ini di desa yang sudah dinanti-nanti. Rasanyanya udah pengen buru-buru tiduran diatas rerumputannya.

Tapi sebelum tidur-tiduran, isi perut dulu karena tenaga sudah habis. Jadi istirahat dulu di salah satu warung buat beli minum dan mie. Pokoknya isi perut sekenyang-kenyangnya deh biar bisa terganggu karena kelaparan.

Setelah perut dirasa kenyang, langsung deh tancap gas lagi buat menuju ke tempat yang biasa travel blogger Indonesia berfoto ria. Dan saking semangatnya, malah ambil jalan yang salah. Seharusnya belok kiri, malah lurus terus. Mana kalau lurus tanjakannya curam dan sampingnya jurang. Dipanggilin sih tapi kalau berhenti pas nanjak ataupun nengok bisa celaka. Jadi memutuskan naik dulu sampai dirasa aman, baru nengok ke bawah.

Pas nengok, ahhh gila gak nyangka seberani ini naik ke atas yang super ekstrim. Dan pas turun malah jiper, gak berani. Tapi harus gimana lagi, mau gak mau harus turun. Dipikir-pikir, wah kalau salah gas bisa terjun ke jurang sih, tapi yaudahlah Bismillah aja. Dan bersyukur bisa turun dengan selamat.

Nah sebelum nyampe ke spot utamanya, nanti melewati sekolah dan sebuah tempat pemakaman. Pas lewatin sekolah jadi kepikiran, wah ini hanya SD aja di sini. Terus kalau mereka mau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi gimana? Harus ke pinggiran kota dengan melewati jalanan yang luar biasa ekstrim itu tiap hari? Wah gila sih.

desa ollon bukit teletubbies toraja 4 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
SDN Kecil 357 Ollon

Kalau saya jadi mereka, mungkin akan berpikir lebih baik numpang tinggal ditempat saudara yang dekat dengan sekolahan atau pindah tempat tinggal. Karena gak sanggung kalau tiap hari harus melewati jalanannya. Tapi, semoga pemerintah Republik Indonesia bisa menyediakan fasilitas buat mereka.

Bisa dengan mendirikan sekolah sampai ke jenjang menengah atas, jalanan diperbaiki, atau adanya fasilitas trasportasi umu dengan tarif yang murah bahkan gratis bagi pelajar. Sumpah saya bingung gimana bisa hidup di desa ini?

desa ollon bukit teletubbies toraja 5 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Lagi pada belajar bersama, pas di foto pada nengok malu-malu

Tapi setelah melewati rumah mereka, ada sekelompok anak kecil sedang belajar matematika (lihat buku yang dipegang mereka). Rasanya nusuk banget, pengen banget ikut berkumpul dan ngajarin mereka. Tapi sayangnya gak punya banyak waktu di sini.

Oh iya, ada yang menggelitik di hati kecil ini tentang desa Ollon, rumahnya berbentuk panggung semua. Jadi kangen rumah di kampung zaman dulu, berasa flash back gitu. Tapi sekarang udah gak ada rumah panggung lagi sih, dan baru lihat lagi di desa ini.

desa ollon bukit teletubbies toraja 6 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya

Setelah melewati hal yang seru, saatnya guling-gulingan di tempat impian. Bahagia banget bisa tidur-tiduran di sini, sampai dibilang kaya bocah deh. Hahaha bodo amat deh ya dibilang apapun, yang penting happy. Tapi beneran sih, girangnya gak ketolongan.

Pas lagi tidur-tiduran dan guling-gulingan tiba-tiba berasa kaya ada perih-perihnya gitu di kaki. Pas dilihat, hmmm ada darah diujung kaki. Bukan sembarang darah sih, Taunya kuku jempol kaki patah dan terkelupas setengahnya. Rasanya gimana gitu ya, tapi ya udahlah yang penting udah sampai sini. Masa bodo dengan kuku, nanti juga tumbuh lagi.

desa ollon toraja 1 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Sesungguhnya, inilah yang dinanti-nanti
desa ollon bukit teletubbies toraja 7 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Baru nyampe langsung guling-gulingan
desa ollon bukit teletubbies toraja 8 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya
Pokoknya keren banget deh!

Pokoknya puas-puasin deh di sini, jangan sampe gak terpuaskan pulang dari sini, nanti nyesel tau rasa. Lihat pemandangann di sini jangan ditanya seperti apa luar biasanya, gak bisa jawab deh. Silahkan lihat sendiri penampakannya.

Gimana penampakannya, keren kan? Kalau dilihat lagi, emang ini mirip bukit di film Teletubbies. Kalau kita bawa kostum Tinky Winky, Dipsy, Lala, Po mirip kali ya. Tapi gak kepikiran buat bawa atau bikin kostumnya, hehe.

Lagi enak-enaknya menikmati suasana di sini, tiba-tiba mendung dan gerimis. Jadilah buru-buru balik lagi sebelum hujan besar. Padahal harusnya kita naik ke atas bukit buat melihat penampkan bukit Ollon dari atas. Katanya itu spot favorit foto, tapi saya gak sempat foto di sana. Huhuhu.

Langsung tancap gas gak pake kompromi lagi, kita harus pergi dari tempat ini. Kalau hujan besar dipastikan gak bisa pulang lagi, karena pasti jalanan licin. Untungnya hanya gerimis aja sih, tapi tetep jalanananya licin. Gak kebayang gerimis aja licin banget, apalagi kalau hujan besar.

Saat pulangnya, kita tukeran teman bonceng. Kalau saya jadinya sama Andy, Haikal ikut kanda Iwan, Vonny dan Dhani naik ojek. Sepanjang perjalanan, saya dan Andy ketawa-ketawa aja ngelewatinnya biar rileks gitu lewatin jalanan yang antimainstream ini. Hahaha.

Bedanya saat perjalanan menuju ke desa Ollon dan pulangnya itu shock lihat jalanannya se-ekstrim itu dan pulangnya makin ekstrim karena diguyur gerimis yang bikin jalanan makin licin. Selama perjalanan pulang pun beberapa kali kita ngeguling, tapi gak sebanyak saat perginya sih.

Baca : Tips Jitu Sewa Motor Untuk Traveling

Setelah beberapa jam berjalan, akhirnya kita sampai juga di titik motor yang ditinggalin. Lalu, Andy yang bawa motor Vega R itu. Dan hari mulai gelap, akhirnya tiba juga di warung yang tempat istirahat. Kami istirahat sebentar dan melanjutkan perjalanan kembali menuju tempat penginapan. Setibanya di penginapan, kami pun langsung istirahat, karena esok harinya mau menikmati sunrise di Negeri Diatas Awan.

Nah buat kamu yang mau pergi ke desa Ollon, sebaiknya pikir-pikir kembali. Kalau mempunyai jiwa traveling silahkan coba pakai motor. Kalau mau yang enak, bisa pakai mobil jeep aja, harga sewanya sekitar 1,5 juta. Kalau mau setengah-setengah bisa naik motor sampe warung dan melanjutkan lagi pake mobil ini

desa ollon bukit teletubbies toraja 9 1024x768 - Keindahan Desa Ollon Yang Tiada Duanya

Gimana lihatnya seru gak? Bagi saya pribadi, ini salah satu pengalaman paling berkesan dan gak akan terlupakan. Ini bisa jadi cerita yang menarik untuk diceritakan kepada anak dan cucu saya kelak. Rasa penasaran mengalahkan rintangan yang ada. Terima kasih Tuhan, Engkau begitu baik padaku, sehingga bisa sampai ke sini.

Kalau ditanya mau balik lagi atau gak? Saya bisa jawab “Insya Allah saya mau mengunjungi desa Ollon lagi”, karena masih ada rasa penasaran lagi. Terus, kamu kapan mau ke sana? Kalau ada yang ingin ditanyakan boleh tanya langsung ke sini. – Jalan yuk, kuy jalan

Desa Wisata Penglipuran, Cikal Bakal Adat Dan Budaya Bali

desa-adat-wisata-penglipuran-bali

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang indah di dunia. Oleh karenanya, Indonesia sangat beruntung sekali diberikan anugerah kekayaan alam yang eksotis. Salah satu daerah yang beruntung adalah Bali, karena ada satu desa yang masih asri dan terus dilestarikan. Tempat tersebut yaitu Desa Adat Penglipuran yang ada di Ubud.

Bukan hanya pantai dan gunung saja yang terkenal di Bali, namun adat dan budaya nya pun sangat kental. Berbagai tradisi leluhur pun masih dilaksanakan dan dilestarikan hingga saat ini. Walaupun zaman sudah modern, namun salah satu daerah di sana tak cepat berubah dan masih seperti dahulu.

Tradisi leluhur yang tak pernah punah selalu mereka jaga. Walaupn banyak faktor eksternal yang masuk ke kawasannya, mereka tak akan melakukan perubahan secara signifikan. Mereka selalu menjalankan tradisinya, dan bisa dibilang inilah falsafah Bali sesungguhnya.

Tahukah kamu desa yang paling bersih di dunia itu di mana letaknya? Jawabannya sangat mencengangkan. Nama desa tersebut adalah Desa Wisata Penglipuran yang ada di Ubud, Bali. Wowww sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga atas prestasi tersebut.

Selain Indonesia yang mempunyai desa terbersih, ada juga di Belanda yang namanya Desa Giethroon dan di India ada Desa Mawlynnong. Desa-desa tersebut merupakan daerah yang sangat bersih, bebas dari sampah. Kebersihan tersebut bisa kamu rasakan karena tingkat kesadaran masyarakat sekitar sangat tinggi yang sudah ditanamkan sejak nenek moyang mereka.

Pertama kali masuk ke area Desa Wisata Penglipuran, kamu akan disuguhkan dengan orang-orang yang sangat ramah, tempat yang rapi dan bersih, dan pemandangan yang sungguh damai. Rasa-rasanya pengen tinggal di sini lebih lama.

Baca : Broken Beach, Spot Foto Yang Instagramable di Nusa Penida Bali

Di tiap sudut tempatnya memang sangat jarang ditemukan sampah berserakan. Saya pun gak ngeliat sampah satupun selama di sana. Bagi saya, ini adalah sesuatu yang harus diapresiasi dan ditiru oleh kita. Kita tuh harus belajar banyak dari mereka, warga Desa Penglipuran Bali.

Rumah Adat Desa Wisata Penglipuran

Rumah Adat Wisata Penglipuran Bali

Ada satu yang unik dan menjadi ciri khas dari Desa Penglipuran ini yaitu rumah adat yang terbuat dari bambu, atau disebut rumah bambu. Kenapa rumahnya terbuat dari bambu? Karena area sekitar desa tersebut dikelilingi oleh hutan bambu. Jadi wajar saja kalau rumah mereka terbuat dari bambu.

Saya cukup penasaran banget pingin lihat apa sih isi rumahnya? Karena rumahnya itu ukurannya gak begitu besar. Jadi kira-kira apakah isinya hanya kamar aja atau ada yang lainnya juga denga rumah minimalis seperti itu.

Setelah saya minta izin kepada pemilik rumahnya, jadi langsung masuk demi menghilangkan rasa penasaran. Dan kamu tahu isinya ada apa aja? Jawabannya komplit. Semuanya ada, mulai dari tempat tidur, dapur, tempat menyimpan barang-barang, dan lainnya.

Sungguh takjub dibuatnya. Saya rasa nenek moyang mereka sangat cerdas dalam hal penataan rumahnya. Walaupun ukurannya minimalis, namun seperti disulap menjadi terkesan luas. Mau tahu isinya? Kita lihat yuk penampakannya:

Rumah Adat Wisata Penglipuran Bali
Dapur yang ada di dalam rumah
rumah adat wisata penglipuran bali 1 1024x768 - Desa Wisata Penglipuran, Cikal Bakal Adat Dan Budaya Bali
Tempat istirahat
Rumah Adat Wisata Penglipuran Bali
Tempat tidur sekaligus digunakan untuk menyiapkan sesajen
Rumah Adat Wisata Penglipuran Bali
Bentuk atap rumah dari dalam, uniknya bisa digunakan sebagai penyimpanan barang-barang (semacam gudang)

Gimana unik bukan? Coba bayangin aja satu keluarga diisi 5 orang. Gimana tuh posisi tidurnya? Terus kalau mau nambah (bikin) anak gimana? Sedangkan anak-anak yang lainnya tidurnya bersamaan. Opsss

Tradisi Masyarakat Desa Wisata Penglipuran

Masyarakan Desa Adat Wisata Penglipuran Bali
Salah satu warga desa adat Penglipuran yang sedang memeberikan sesajen

Kalau sudah pernah ke Bali dan melihat kebiasaan mereka, sudah gak asing lah ya tentang pemberian “sesajen”. Karena mereka menganut kepercayaan Hindu bahkan termasuk sangat religius, jadi mereka rutin memberikan itu.

Bukan hanya sekali dalam memberikan sesajennya, namun bisa lebih dari sekali dalam sehari. Masyarakat Bali memang percaya bahwa setiap tempat ada roh yang menunggunya. Jadi mereka memberikan sesajen secara rutin.

Hutan Bambu Yang Instagramable

Hutan BAmbu Desa Adat Wisata Penglipuran Bali Instagramable

Nah biasanya kalau ngomongin bambu, pasti sering denger kata “angker” kan. Memang banyak mitos yang bilang, jangan dekat-dekat atau main ke hutan bambu nanti diculik penunggunya. Kamu percaya gak dengan mitos itu?

Kalau dipikir secara logika, bukan takut diculik penunggunya sih tapi hutan bambu kan daunnya bergugurannya banyak dan berserakan, jadi terkesan kotor dan seram. Aslinya mungkin biasa aja, bahkan gak ada apa-apa.

Nah bedanya hutan bambu yang ada di Desa Penglipuran, Bangli ini gak seseram hutan bambu pada umumnya. Di sini lebi bersih dan rapi, ditambah jalanannya pun bagus. Jadi ikon hutan bambu yang menyeramkan itu gak berlaku di sini. Justru bikin tempat ini jadi spot foto yang bagus dan instagramable.

Baca : Pejalanan Menantang ke Desa Ollon

Saya sih suka banget tempat ini, tapi pas lagi foto biar kaya travel blogger Indonesia yang hits tiba-tiba ada anjing mendekat. Karena saya takut banget sama anjing, jadi buru-buru kabur dan lari dari tempat fotonya. Hahhaha dasar yaaa. Padahal tempatnya keren banget, asli deh.

Bahkan area hutan ini sering dipakai sebagai jalur bersepeda oleh orang yang mengadakan outbound atau outing kantor. Dan kalau jogging di sinipun sepertinya menarik banget, secara udaranya bikin segar. Lumayan bisa menghilangkan kepenatan.

Pura Di Desa Wisata Penglipuran

Pura Desa Adat Wisata Penglipuran Bali
Di depan Pura Desa Wisata Penglipuran, Bangli, Bali

Bukan Bali namanya kalau gak ada pura. Mayoritas masyarakat Bali menganut agama Hindu. Jadi sudah pasti banyak pura di sana, bahkan hampir di tiap sudut terdapat pura. Sama dengan daerah lainnya, di desa wisata Penglipuran inipun terdapat pura.

Sayangnya ketika saya datang ke sana gak sempat masuk, karena sedang ada ibadah. Jadi pengunjungpun tak dianjurkan untuk melihat dan merasakan dengan langsung. Kalau foto di depannya sih boleh-boleh aja.

Harga Tiket Masuk

Salah satu tempat wisata yang gak bikin kantong bolong di Bali adalah desa ini. Menurut saya pribadi, harga tiket masuknya gak begitu mahal, sedang-sedang aja kok. Daftar harganya seperti berikut:

Untuk turis lokal atau domestik : Rp. 15.000,-

Untuk toris internasional : Rp. 30.000,-

Dan di sana juga gak usah khawatir mengenai tempat parkir kendaraannya. Justru di sana sangat mudah untuk memarkirkan kendaraanmu. Dan yang paling enak itu tempat parkirnya aman. Saya sih gak merasa takut gimana-gimana.

Lokasi Desa Adat Penglipuran

Desa adat Penglipuran secara geografis terletak di kelurahan Kubu, kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kalau kamu mau explore Bali, lokasi desa wisata Penglipuran ini bisa dibilang sangat strategis. Ketika kamu ke sini, bisa sekalian explore berbagai tempat di sekitarnya. Bahkan kalau ma uke Kintamani pun bisa melewati jalur ini.

Kalau kamu tinggalnya di Kuta, untuk mencapai ke sini membutuhkan waktu sekitar 90 menit atau 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Kalau saya sendiri pake motor, lebih enak aja gitu. Kalau pake mobil pun gak masalah kok, jalanannya gak terlalu macet.

Gimana, menarik banget kan buat liburan ke sini? Kamu bisa ngerasain gimana desa dan masyarakat Bali yang asli dari dulu sampai sekarang yang tradisinya masih dilestarikan. Jadi kamu bisa tahu juga kehidupan Bali masa lalu di masa kini. – Jalan yuk, kuy jalan

Pantai Munggu, Obyek Wisata Yang Menarik di Badung, Bali

pantai-munggu-seseh-badung-bali

Bali memang terkenal dengan keindahan pantainya. Namun siapa sangka ternyata masih banyak pantai yang tersembunyi dan belum terjamah banyak orang. Salah satunya pantai ini, namanya pantai Munggu yang terletak di kabupaten Badung, Bali.

Pantai Munggu, mungkin dari kebanyakan traveller tidak tahu bahkan belum pernah mendengar namanya, karena bisa dikatakan bukan sebagai destinasi utama saat traveling ke Bali. Namun, pantai ini pun menyimpan keindahan tersendiri.

Sejujurnya, saya pun gak ada niat untuk mengunjungi pantai ini bahkan gak masuk ke dalam itinerary yang sudah dibuat. Ke sini pun beneran gak sengaja gitu pas ikutin jalan dan hasilnya malah nyasar ke sini. Emang saya itu sering banget nyasar, tapi pas nyasar gitu suka nemu tempat yang bagus. Kayanya hobi dari kecil itu ya “nyasar”. Hehehe.

Awalnya, pas pulang dari Tanah Lot mau cari tempat yang sawah-sawah gitu seperti Tegalalang Rice Terrace, Cuma gak nemu jalannya. Nah saat di perempatan jalan, ada petunjuk jalan “pantai Seseh”, karena penasaranjadi saya ikutin petunjuk jalannya deh.

Sewa Motor Di Bali
Saat putar balik arah, tapi gak jadi

Nah di sepanjang jalan menuju pantai ini, pemandangannya bagus banget. Hamparan sawahnya sedap dipandang mata. Walaupun gak terlalu berundak seperti Tegalalang, tapi masih terlihat indah. Dan yang lebih seru, di daerah ini masih sepi. Sepanjang jalan pun hanya ada saya yang lewat. Berasa damai banget gitu di sini.

Sambil menikmati jalanan yang damai ini, sempat agak bingung juga dan bertanya-tanya dalam hati, ini bener gak ya jalannya? Soalnya sepi banget. Apa balik lagi aja? Tapi kalau balik tanpa dapet sesuatu malah lebih menyesal. Jadi tancap gas aja lagi.

Sempat balik arah juga sih, tapi pas lihat ada seorang laki-laki lewat yang terlihat seperti warga sekitar, jadi muncul hasrat buat lanjutin perjalanannya. Putar arah lagi buat bisa menemukan pantai Seseh. Dipikir-pikirkalau 15 menit gak nyampe, baru deh balik lagi.

Dan sekitar 7 menit tiba di suatu tempat yang ada tulisan bayar parkir Rp. 2.000,-, karena penasaran jadi coba mendekat. Lalu tanya ke penjaga parkir itu “Bli, ini tempat apa ya? Pantai Seseh bukan?”. Ini pantai Munggu, kalau pantai Seseh sebelah sana, jawabnya.

Nah daripada harus nyari pantai Seseh itu, kenapa gak sekalian explore tempat ini dulu, kalau sudah puas bisa ke pantai satunya lagi. Langsung aja bayar parkir dan memarkirkan motor di tempatnya. Dari tempat parkir terlihat mengagumkan banget ini pantainya, pokoknya jadi makin excited gitu deh.

Pantai Munggu Bali
Pantai Munggu

Setelah parkir, langsung buru-buru cari spot terbaik. Tapi pas dilihat-lihat, eh ada spot bagus nih buat foto diatas batu karang besar. Jadi karangnya itu besar banget. Mungkin akibat terseret ombak, batu karangnya bisa sampai di daratan.

pantai munggu seseh badung bali 3 1024x768 - Pantai Munggu, Obyek Wisata Yang Menarik di Badung, Bali

Oh iya, pantai ini sangat terlihat beda banget dari pantai lainnya. Di sini, pasirnya bukan berwarna putih, tapi hitam. Jujur sih, saya pertama kali lihat pasir pantai yang warnanya hitam begini. Dikira pasirnya hitam karena bekas erupsi Gunung Agung, tapi ternyata bukan. Emang aslinya warna hitam.

Pantai Munggu Bali

Lalu, yang jadi daya tarik dari pantai ini bagi saya ya batu karangnya. Tapi agak risih sih, takutnya dilarang naik gitu sama warga setempat. Mau minta izin tapi karena sepi bingung juga bilang ke siapa. Akhirnya saya nekat buat naik ke batu karangnya. Yang penting gak ada niat buat merusak.

Pantai Munggu Bali

Buat kamu yang suka surfing, mungkin bisa coba bereselancar di pantai ini. Karena pantai ini memiliki ombak yang sangat besar. Siapa tahu kamu bisa merasakan sensasi berselancar yang beda dari tempat lain.

Pantai Munggu, Seseh Bali

Lagi seru-serunya di batu karang ini, tiba-tiba dihampiri dua ekor anjing. Berhubung saya orangnya takut anjing, langsung panik deh. Mau minta tolong tapi gak ada orang, pokoknya campur aduk banget gara-gara takut anjing. Tapi berusaha tenang, ketika udah tenang tiba-tiba itu anjingnya menggonggong. Waduh panik banget.

Rasanya mau lari ngibrit gitu. Tapi kalau lari malah anjingnya makin mengejar saya kan. Akhirnya saya coba berdiri tenang aja dulu sambal berpikir kalau itu anjingnya naik, saya mendingan nyebur ke laut aja deh. Hahaha. Tapi, untungnya anjingnya pergi sendiri setelah cukup lama melotot dan menggonggong.

Rasanya plong banget gitu setelah anjingnya pergi. Terus buru-burulari ke parkiran motor. Asli ini lari terbirit-birit karena takut dikejaranjing. Hmmm padahal masih ingin berlama-lama buat menikmati pantai Munggu ini. Tapi apa daya, anaknya takut anjing jadi selesai sudah.

Akhirnya saya naik motor lagi, tapi masih kepikiran buat ke pantai Seseh. Toh ke sini kan sebenarnya mau ke pantai Seseh. Terus nanya lagike penjaga parkirnya, “Bli, kalau mau ke pantai Seseh lewat mana ya?”. Mas samaaja kok pantainya, itu lho sebelah sana kalau tadi perhatiin pantainya. Tapi kalau mas nya mau ke sana, ya sudah ikutin jalan itu, jawabnya.

Ya sudah, akhirnya ikutin jalan menuju pantai Seseh. Gak lama kemudian saya sampai juga. Tapi pas dilihat pantainya sama aja sih kaya pantai Munggu, bahkan lebih menarik pantai Munggu. Niatnya mau parkir motor, tapi gak jadi. Akhirnya putar balik lagi dan saya balik lagi deh ke hotel di Kuta.

Jujur, pengalaman ini menarik banget sih bagi saya, apalagi ini pertama kalinya saya melakukan solo traveling di Bali. Banyak hal yang bisa saya ambil hikmahnya. “Tersesat bukanlah sesuatu yang buruk, tapi justru yangmembuat kamu bisa lebih bersyukur”.

Nah, kalau kamu pernah gak ngerasain tersesat kaya gini. Gak ada niat buat pergi ke suatu tempat tapi penasaran buat terus melanjutkan perjalanan hingga akhirnya menemukan tempat yang indah? Kalau pernah, boleh share pengalaman kamu di kolom komentar dibawah ini. – Jalan yuk, kuy jalan

Harus Banget Datang Ke Tegalalang Rice Terrace Ubud Kalau Traveling Ke Bali

tegalalang-rice-terrace-ubud-bali

Kawan, percayakan kalau Bali itu memliki keindahan alam yang luar biasa indah. Sudah tak diragukan lagi keeksotisannya, bahkan turis mancanegara pun berbondong-bondong datang ke sini. Salah satu tempat yang harus kamu datangi ketika traveling ke Bali adalah Tegalalang Rice Terrace, Ubud.

Tegalalang Rice Terrace atau dalam Bahasa Indonesianya yaitu Terasering Sawah Tegalalang  kini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan, terutama wisatawan asing. Mereka yang datang bertujuan untuk merasakan suasana asri dari sebuah pulau Bali.

Di tempat ini, kamu akan disuguhi panorama alam yang begituindah, seni budaya yang unik, dan lingkungan yang aman. Bagaimana tidak, masyarakat Bali cukup terkenal dengan keramah-tamahannya, sopan santun, dan toleransiyang tinggi terhadap sesamanya.

Baca : Hotel Yang Nyaman Di Bali

Hamparan sawah yang bisa memanjakan matamu dengan bentuk sangat unik. Sawah di sini memiliki susunan berundak dan terlihat seperti anaktangga. Sistem pertanian masyarakat di sini mengunakan terasering yang baik. Mungkin tujuannya untuk menghindari terjadinya erosi tanah, dikarenakan daerahnya perbukitan.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali

Selain bentuk sawah yang bertingkat, tempat ini dikelilingi oleh pepohonan yang membuatnya makin sedap dipandang. Pohon yang membuat saya tertarik adalah pohon kelapa. Biasanya pohon kelapa itu jaraknya cukup berjauhan antara pohon yang satu dan lainnya.

Namun di sini pohon kepalanya membentuk komunitas aliasberkelompok. Sehingga membuat sawah di sini terlihat lebih cantik. Buat kamu yang pergi ke sini, pasti merasa di manja. Bukan hanya di manja sama pacar atau pasangan, tapi alam pun bisa lho memanjakan kamu.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali

Sejujurnya, saya sangat heran dan kagum pada tempat ini. Kok bisa ya tanahnya subur makmur seperti ini? Jadi merasa bersyukur banget Indonesia diberikan tanah sesubur ini. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, kita harus menjaga kekayaan alam yang kita miliki ini.

Nah pertanyaannya, kalau datang ke Bali Rice Terrace mau ngapain sih? Apa Cuma foto-foto di sawah aja gitu? Jawabannya banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Memang salah satunya bisa asyik foto di sawah, tapi banyak juga spot yang bisa kamu nikmati.

Buat kamu yang punya nyali besar, bisa cobain wahana ayunan yang ada di sini. Bedanya ayunan ini sangat tinggi dan akan diayun oleh orang-orang (petugas) yang tenaganya kencang lho. Mereka akan mengayun kamu sambil loncat secara bergantian. Gimana gak kenceng tuh ayunan?

Selain itu ada juga tempat foto yang berbentuk hati “love” yang terbuat dari kayu dan bentuknya unik-unik. Gak Cuma ada satu, tapi banyak. Walaupun sedang ramai, kamu gak harus antri Panjang buat foto di situ.

Kalau ditanya spot paling favorit di sini apa? Jawabannya ya foto di hamparan sawah yang bentuknya berundak ini. Banyak wisatawan yang relaantri buat foto di sini, termasuk saya juga sih. Hehehe. Sebenarnya foto dimanapun bisa, karena hamparan sawahnya luas.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Foto saat siang hari
Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Foto saat sore hari

Kalau kamu terus naik ke atas, akan ada spot bagus juga. Salah satunya spot yang terbuat dari bambu dan hanya bisa ditempati maksimal 4 orang. Sayangnya, spot ini sepi gitu, mungkin karena banyak bambu yang hilang atau rusak. Jadi agak risih kalau foto di sini.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Spot foto yang bagus tapi sepi, jadi bisa berfoto sepuasnya di sini

Sebelum menuju ke tempat spot foto bambu itu, kamu juga akan melewati selokan yang ada jembatannya. Menurut saya, foto di jembatan ini juga bagus kok. Dan kamu juga bisa menikmati suara khas kincir angin yang terletak di tengah-tengah hamparan sawah.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Menyebrangi selokan cari spot bagus lainnya
Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Kincir angin di tengah sawah

Kamu bisa mengunjungi Tegalalang Rice Terrace dengan jaraktempuh sekitar 2 jam dari Kuta, bisa menggunakan motor ataupun mobil. Dan kamujuga perlu tahu kalau jalanannya cukup bagus. Jadi gak perlu motor atau mobil khusus untuk bisa ke sini.

Satu lagi yang wajib kamu tahu adalah masuk ke arenanya gak perlu bayar alias gratis. Tapi kamu akan diberitahu oleh masyarakat di sana untuk memberikan uang seikhlasnya ke tempat telah tersedia. Oh iya, kamu juga bisa parkir motor di pinggir jalan lho dan gratis pula, tapi aman karena dijagain sama petugasnya.

Baca : Sewa Motor Di Bali

Itulah cerita singkat pengalaman traveling ke Tegalalang RiceTerrace Ubud Bali. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangan mengagumkandan sedap dipandang. Kapan lagi bisa main-main di sawah yang bentuknya sepertianak tangga? – Jalan yuk, kuy jalan

Sewa Motor Yang Recommended Di Bali

sewa-motor-di-bali-3

Liburan ke Bali rasanya ribet banget kalau gak sewa kendaraan selama di sana. Karena kalau mau pergi kemana-mana sulit banget mendapatkan kendaraan umum, secara Bali sangat berbeda dengan Jakarta khususnya transportasi umum. Solusinya adalah sewa motor saat traveling di Bali.

Kali ini saya benar-benar sendiri alias solo traveller untuk explore ke beberapa tempat wisata di Bali. Dan seperti biasa di setiap traveling, saya lebih memilih menggunakan motor untuk bisa mengunjungi tempat sesuai itinerary yang sudah dibuat.

Tapi sebelum sewa motor, hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari motornya. Tujuannya agar selama traveling bisa aman dan nyaman. Untuk sewa motor, saya punya tips tersendiri dan kalau kamu mau tahu silahkan baca tips sewa motor saat traveling.

Pengalaman beberapa kali sewa motor, ada saja yang bikin jengkel dan ngomel-ngomel sama orang yang menyewakannya. Terakhir punya pengalaman buruk saat pergi ke Desa Ollon Toraja. Mulai dari kondisi motornya yang kurang oke atau gak sesuai yang dijanjikan saat deal. Seperti di awal bilangnya bensinnya dapt full dan saat kembali harus full, nyatanya pas diterima bensinnya kosong.

Traveling ke Bali kali ini, saya sangat fokus ke tempat sewa motor, dan harus cari yang benar-benar oke. Melihat kondisi badan juga yang lagi kurang fit, jadi harus dapat motor yang nyaman agar tetap bisa explore Bali.

Baca : Hotel Yang Nyaman Di Bali

Sebelum pergi ke Bali, agak bingung nih mau pakai motor apa nanti, pilihannya antara Vario dan Nmax. Nah setelah dipikir-pikir, sekali-kali nyobain Nmax lah, toh di Bali jalannya bagus kok. Setelah itu, tanya-tanya ke teman yang pernah sewa motor di Bali. Akhirnya dikasihlah kontaknya.

Tapi setelah dihubungi, perasaan kurang yakin gitu. Secara sudah pernah beberapa kali rental motor gak puas. Lalu cari lagi dan direkomendasikan ke Motor Matic Bali yang biasa menyewakan motor dan banyak pilihan jenis motornya juga.

Gak pake mikir lagi, langsung aja hubungi kontaknya dan pesan motor Nmax untuk saya sewa selama di Bali. Mereka itu fleksibel banget sistemnya, di mana mau antarkan dijemput kembali motornya. Pokoknya sesuai keinginan kita, jadi gak perlu khawatir.

Sebelum berangkat ke Bali, saya bilang minta diantarkan jam 21.00 WITA di restaurant untuk makan malam. Tapi karena jadwalnya berubah yaitu makan malam nya diganti makan sore, agak bingung kan masa nunggu sampai jam 21.00 WITA?

Dan coba hubungi pihak Motor Matic Bali apakah bisa diantar jam 17.00 WITA. Mereka bilang diusahakan, tapi harus cek ketersediaan motor dulu, dan ternyata motor Nmax nya belum ready. Yang ready hanya ada motor Lexi. Ya menurut saya gak apa-apa, dari pada luntang-lantung gak jelas kan lebih baik pakai motor yang ready aja. Dan harga sewanya juga mengikuti motor yang dipakai.

Rental Motor Di Bali

Nah saya dibuat kaget sama mereka, kan saya bilang minta diantar jam 17.00 WITA dan itu bilangnya jam 16.35 WITA. Mungkin estimasi sampai jam 17.30 WITA lah, secara mereka kan harus siapkan dan jalan buat antar motornya. Eh, jam 16.55 WITA ada yang telepon saya katanya udah di depan restaurant buat antar motornya.

Gila sih, ini pelayanannya bagus banget. Itu kesan pertama saya, dan langsung cek kondisi motornya. Gas, rem, bensin, dan penting juga cek ban nya, masih ada rambutnya gak. Motor yang saya sewa ini, rambut bannya masih ada, jadi gak khawatir kalau dibawa ke tempat yang kondisi jalannya masih rusak.

Oh iya, untuk harga sewa motor di Bali menurut saya yang paling murah ya Motor Matic Bali. Rata-rata harga sewa motor Nmax itu Rp. 150.000,- perhari bahkan lebih. Kalau di sini hanya Rp. 145.000,- perhari, lebih murah kan?

Dan yang penting juga, Motor Matic Bali tidak memberikan biaya tambahan untuk antar dan jemput motornya ke tempat yang kamu inginkan, alias gratis. Biasanyakan kalau sewa motor, kita harus datang ke tempatnya untuk pilih motor dan kasih jaminan identitas.

Beda banget sama Motor Matic Bali, motornya pasti diantar dan jaminan identitasnya pun diberikan saat pengantaran motor. Jadi beneran bisa menghemat kan? Kamu gak harus cari kendaraan dari bandara menuju hotel, dari hotel menuju ke tempat sewa motor. Cukup kasih tahu saja mau diantar kemana nanti beneran diantar. Bisa diantar di bandara, hotel, atau tempat lainnya.

Senang banget bisa keliling Bali pakai motor Lexi. Mungkin awalnya berpikir motor sewaan itu pasti boros banget bensinnya, eh ini irit kok. Dari Kuta sampai ke Kintamani cukup isi bensin Rp. 22.000,- aja udah bisa pulang pergi.

Baca : Berani Traveling Sendirian

Kebetulan juga pas di Kintamani gak sengaja ketemu saat mau ambil uang di ATM. Saya tanya aja, eh kalian pake motor Vario irit gak bensinnya? Dari Kuta ke Kintamani abis berapa isi bensinnya? Oh irit kok, tadi kita isi bensin Rp. 20.000,- dan Rp. 15.000,-, lumayan hemat.

Sewa Motor Di Bali

Hmmm, langsung mikir, berarti lebih iritan motor yang saya sewa dong. Memang sih tampak dari luarnya aja terlihat sangat terawat. Jadi gak salah pilih tempat sewa motor. Next time kalau ke Bali lagi, sewa motornya di sini lagi aja. Langsung kunjungi sewa motor di Bali.

Nah setelah asyik traveling ke Bali menggunakan motor, ada yang unik lagi cara mengembalikan motornya. Biasanya kan diantar ke tempat penyewaannya, kalau di Motor Matic Bali beda banget. Tapi saya gak bisa share, kalau mau tahu perbedaannya bisa tanyakan di sini.

Kesimpulannya, kalau ke Bali gak usah pusing masalah rental kendaraan. Kamu bisa sewa motor di Bali yang terpercaya dan sangat recommended itu di Motor Matic Bali. Pokoknya pelayanannya the best lah dan motornya pun terawat. Jadi, kapan mau traveling ke Bali? Jalan bareng yukk.

Cari Hotel Yang Nyaman Di Bali? Cobain Bedrock Hotel Kuta Bali Deh

Bedrock Hotel Kuta Bali

Kawan, kalau kamu mau liburan atau traveling hal apa yang harus diperhatikan? Kalau saya sudah pasti mementingkan transportasi dan akomodasi. Kalau tiket sudah ditangan, saatnya cari penginapan. Dan saat kemaren punya rencana pergi ke Bali, dapatlah penginapan yang nyaman dan asyik banget buat istirahat yaitu di Bedrock Hotel Kuta Bali.

Sudah lama menanti-nanti bisa pergi ke Bali, dan akhirnya bisa ke sini lagi. Setelah bisa traveling ke Nusa Penida, kini saatnya explore daerah Kuta. Ngomongin Bali, gak akan pernah habis tentang keindahan alamnya. Banyak tempat yang menakjubkan di sana. Makanya, saya selalu ingin kembali lagi ke Bali.

Sejujurnya, traveling ke Bali kali ini bukan pure traveling sendiri, melainkan ada acara outing kantor. Beruntung banget tahun ini acara outingnya ke Bali, jadi bisa balik lagi deh. Outing-nya hanya 3 hari, dari hari Rabu sampai Jum’at, tapi dipikir-pikir rugi banget kalau gak extend, jadilah ngajuin extend ke bos dan dibolehin. Dengan catatan, kalau ada tambahan biaya di tanggung sendiri.

Baiklah, kalau itu gak jadi masalah, yang penting bisa explore Bali lagi. Dan seperti biasa, acara outing pun pakai vendor. Mulai dari tiket pesawat, transportasi, tempat makan, dan destinasi wisata pun direkomendasikan oleh vendor, termasuk hotel yang kami gunakan sebagai tempat penginapan.

Beberapa vendor pun menyodori alias memberikan rekomendasi hotelnya di Bedrock. Entah kenapa hotel ini menjadi rekomendasi terfavorit para vendor, dipikir-pikir mungkin terbukti bagus kali ya. Dan ditambah hotelnya juga bintang empat kan, jadi bisa membuat kliennya puas bahkan terpuaskan.

Baca : Tips Liburan Hemat Sesuai Budget

Gak usah banyak basa-basi lagi, langsung lihat aja kenapa Bedrock Hotel menjadi rekomendasi untuk dijadikan sebagai tempat yang nyaman buat acara kegiatan kantor, liburan, atau lainnya. Kamu pasti tertarik untuk menginap di sini.

Sambutan Hangat

Bedrock Hotel Kuta Bali

Saat pertama kali datang ke Bedrock Hotel, staf nya menyambut hangat para tamunya. Hampir semua stafnya ramah banget. Memang ini sudah standarnya hotel ya, tapi entah kenapa sambutan mereka terlihat tulus dan gak terlihat seperti “paksaan”.

Kalau butuh bantuan, mereka welcome banget buat ngebantu. Tapi jujur aja, pernah beberapa kali menginap di hotel, stafnya kurang enak dalam melayani tamunya. Banyak komplen tapi didemin aja gitu, gak langsung ditanggapi dengan sigap. Beda banget sama hotel ini, mereka melayani dengan sangat baik.

Fasilitas Pool

Pool Di Bedrock Hotel Kuta Bali

Selain layanan dari staf nya yang baik, di hotel ini pun menyediakan pool yang oke. Gak begitu besar sih tapi cukuplah buat merilekskan badan. Selain bisa dipakai berenang, bisa juga bersantai di kursi yang sudah disediakan di pinggirnya.

Bedrock Hotel Kuta Bali Pool
Fasilitas pool, disediakan handuk

Bedrock Hotel Kuta Bali Pool
Pagi-pagi, santai dulu

Nah sebelum keliling bali, saya juga menyempatkan diri untuk berleha-leha di pinggir poolnya. Sambil menikmati hangatnya sinar mentari pagi. Sekalian biar otot tubuh bisa rileks dan siap untuk explore Bali seharian.

Kamar

Bedrock Hotel Kuta Bali Superior

Hari pertama tinggal di Bedrock Hotel Kuta Bali itu kamarnya dapat yang tipe Superior. Secara ini dapat fasilitas outing, jadi satu kamar untuk 2 orang. Tempat tidurnya pun satu kasur untuk satu orang. Jadi sangat nyaman buat saya dan teman saya tidur di kamar ini.

Setelah acara outing kantor selesai, semua teman kantor pun kembali lagi ke Jakarta, tapi karena masih berasa nyaman dan ingin di Bali, jadilah extend. Lumayan bisa tambah 2 hari lagi di Bali, sekalian explore ke beberapa tempat wisata yang ada di sini dan belum pernah dikunjungi.

Tapi extend nya sendirian, beberapa teman yang extend juga pada pindah hotel. Karena merasa nyaman di sini, jadilah saya tetap tinggal di Bedrock Hotel, gak mau pindah-pindah. Masih berasa capek juga sih setelah ikut semua rangkaian outing kantor.

Bedrock Hotel Kuta Bali Deluxe
Upgrade kamar ke tipe Deluxe

Karena sendirian, jadilah upgrade kamar yang yang single bed tapi ukurannya besar, biar gak gimana gitu. Masa satu kamar ada 2 kasur tapi diisi satu orang, gak enak banget kan? Jadilah pilih kamar yang enak juga diisi buat sendiri.

Tidur Di Bedrock Hotel Kuta Bali
Nyenyak banget tidurnya, hehehe

Untuk fasilitas kamar semuanya lengkap, ada TV, AC,  kulkas, lemari, gantungan baju, loker, dan semuanya bisa kita pakai. Kamar mandinya pun dilengkapi perlengkapan mandi yang komplit. Ada handuk, peralatan gigi, sabun, shampoo, sisir, alat cukur, dan lainnya. Pokoknya komplit.

Fasilitas Bedrock Hotel Kuta Bali
Fasilitas di kamar

Ngomongin fasilitas yang banyak itu semua, ada juga sih yang gak saya pakai seperti TV. Karena di kost-an gak pernah nonton TV jadi gak terlalu peduli sama fasilitas satu ini. Hehehe. AC nya juga dingin banget, selama di kamar suhunya sengaja di 27°, karena anaknya gak kuat dingin sih.

Bedrock Hotel Kuta Bali
Numpang ngaca, hehehe

Sarapan

Suasana Sarapan Di Bedrock Hotel Kuta Bali
Suasana sarapan

Tak ketinggalan juga dengan fasilitas satu ini, dapat sarapan gratis pula. Di sini disediakan sarapan dengan menu all you can eat. Bebas pilih menu tersedia, mau nambah bahkan makan sepuasnya pun monggo dihajar.

Baca : Tips Hemat Biaya Makan Selama Traveling

Untuk jadwal sarapannya itu dimulai dari pukul 07.00 sampai 10.00 WITA. Jadi jangan siang-siang bangunnya, nanti gak dapet sarapannya. Nah di hari terakhir hamper aja kesiangan, saya sarapan jam 09.30 WITA karena lagi asyik packing sampe lupa sarapan. Hahaha

Dan yang paling enak lagi, tempat sarapannya di pinggir kolam renangnya. Jadi kalau habis makan atau sebelum makan, mau berenang dulu bisa banget. Pokoknya asyik banget deh.

Lokasi Hotel

Lokasi Bedrock Hotel Kuta Bali itu enak banget, cukup strategis. Banyak café dan tempat nongkrong yang asyik di sekitarnya. Dan yang paling penting, kalau kamu gak bisa jauh dengan kehidupan mall, tempatnya dekat banget sama mall, tinggal jalan kaki juga sampai.

Lokasinya itu di Jalan Wana Segara No 21, Kuta Kabupaten Badung, Bali. Kamu juga bisa hubungi langsung ke nomor telpon (0361) 4727300 untuk reservasi kamarnya secara langsung. Atau bisa kunjungi websitenya langsung di Bedrock Hotel.

Jadi, kalau kamu mau ke bali untuk acara kantor atau liburan, gak ada salahnya tinggal di Bedrok Hotel Kuta Bali. Dengan pelayanan dan fasilitas yang tersedia, kamu akan dimanjakan selama di Bali. Review hotel nya juga bagus-bagus lho. Terus yang jadi pertanyaan, kapan kamu ke Bali? – Jalan Bareng Yuk

Sedih, Rumah Nenek Di Sombori Roboh

rumah-nenek-sombori

Kawan, apa yang ada didalam pikiranmu ketika mendengar kata Sulawesi? Pasti banyak yang tahu tentang adat dan tempat yang sangat indah, betul kan? Kalau begitu saya setuju banget. Dan dari semua keindahan di sana, ada satu tempat yang mencuri hati saya yaitu rumah nenek Sombori.

Nama Sombori kini mencuat di kalangan pecinta traveling. Berkat banyaknya travel blogger yang mengekspos tempat ini, Sombori terus-terusan kebanjiran pendatang. Mungkin beberapa tahun sebelumnya, banyak sekali yang belum pernah mendengar namanya bahkan tidak tahu sama sekali.

Banyak spot yang kece banget di sana, salah satunya rumah nenek. Rumah ini menjadi salah satu spot yang wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Sombori. Asli, tempatnya bagus banget dan unik banget kalau datang ke sana

Pertanyaannya, itu nenek siapa sih yang rumahnya banyak dikunjungi travel blogger Indonesia? Sampai salah satu artis ganteng Indonesia pun bela-belain datang ke sana. Coba lihat foto berikut, pasti kamu tahu dong artis siapa ini:

Hamish Daud
Hamish Daud sedang berkunjung ke rumah nenek (sumber: instagram)

Nenek tersebut bernama nenek Indong. Beliau tinggal di sebuah rumah panggung yang posisinya diatas laut. Ketika ditanya umurnya, neneknya bilang umurnya sudah 100 tahun lebih, tapi saat ditanya 100 berapa beliau hanya bilang 100 tahun lebih.

Karena penasaran dengan usia yang aslinya, saya pun coba tanya ke guide dan jawabannya gak ada yang tahu pasti berapa tahun usianya. Nenek akan menjawab berbeda-beda ke setiap yang tanya, dan jawabannya tergantung mood nya nenek. Garuk-garuk kepala sih karena bingung berapa usia sebenernya.

Tapi gak usah dipikirkan masalah usianya deh, yang jelas di sini saya hanya ingin tahu kenapa rumah nenek ini bisa menjadi destinasi wisata paling favorit kalau traveling ke Sombori. Dan memang benar ada tiga keunikan dari rumah nenek ini:

Keunikan Rumahnya

Rumah Nenek Sombori
Rumah Nenek Sombori

Menurut saya, inilah yang paling unik dari rumah nenek. Rumahnya terbuat dari kayu yang berdiri kokoh diatas laut. Dibawahnya terdapat air yang luar biasa indahnya. Air lautnya berwarna hijau tosca. Dan kalau mau ke rumahnya harus menyebrangin papan yang dianggap sebagai jembatan.

Baca: Suka Mengunjungi Tempat Wisata Indonesia? 

Ya iya kan namanya juga rumahnya di tengah laut. Jadi membutuhkan usaha juga buat bisa singgah ke rumahnya. Jadi ketika mau ke rumahnya, kapal kamu harus berhenti di rumah anaknya nenek. Nanti dari rumah itu kamu menyebrang menggunakan papan.

Sombori
Pemandangan di sekitar rumah nenek

Pemandangannya sungguh aduhai, melihat air laut yang bagus banget, dan pulau seperti gugusan pulau karang yang dipenuhi pepohonan yang hijau. Mungkin warna hijau tosca nya juga pengaruh dari warna hijaunya tumbuhan itu.

Aktivitas Di Rumah Nenek

Rumah Nenek Indong Sombori
Nenek sedang siap-siap menyambut kedatangan tamu

Nenek Indong ini orangnya ramah sekali, dan beliau senang sekali bercerita tentang kehidupannya dulu. Cerita ketika negara ini masih dijajah Jepang dan Belanda. Kita bisa tahu bagaimana perlakuan para penjajah di masa lalu.

Nenek Indong Sombori

Selain mendengarkan cerita, kamu juga bisa bermain kano. Di sana terdapat kano yang bisa kita pakai. Namun sayangnya saya gak sempat bermain kano, karena terlalu buru-buru untuk mengejar spot berikutnya.

Saya hanya mengobrol nersama nenek dan coba masuk ke rumah anaknya, karena penasaran isinya rumahnya ada apa ya? Dan coba minta izin ke nenek buat masuk. Inilah isi di dalam rumahnya:

Rumah Nenek Sombori
Sebelum masuk ke dalam rumahnya, foto dulu lah ya

Isi Rumah Nenek Sombori
Tempat tidur nenek

Isi Rumah Nenek Sombori
Isi Rumah Nenek Sombori

Isi Rumah Nenek Sombori
Perlengkapan dapur nenek

Secara keseluruhan isinya sama aja, ada Kasur, kelambu, gorden, tikar, dan lainnya. Untuk dapurnya juga masih menggunakan kayu bakar untuk memasaknya. Tapi kamar mandinya unik banget, coba lihat penampakannya:

Isi Rumah Nenek Sombori
Kamar mandi yang pintunya hanya setengah

Kamar mandinya hanya ditutupi setengah tirai yang terbuat dari terpal berwarna biru. Lalu ada papan yang sengaja dibuat seperti lubang. Lubang tersebut dibuat untuk buang air besar dan kecil biar bisa jatuh ke laut.

Isi Rumah Nenek Sombori

Kebetulan juga saat saya datang udah kebelet pengen BAB dan BAK, tapi setelah melihat kamar mandinya, gak jadi BAB. Alasannya, pertama gak ada tanda kalau di kamar mandi sedang ada orang, kedua takut mengeluarkan suara bom atom yang jatuh ke laut. Hehehehe.. Jadi ditahan aja deh. Hahaha.

Makanan Khas Nenek

Renginang Buatan Nenek
Renginang Buatan Nenek

Pertama datang ke rumah nenek, saya disambut dengan keramahannya. Tak lupa, nenek juga menyuguhi makanan yang udah dibuatnya yaitu rengginang (sebutan saya sih). Rasanya beda dari rengginang yang suka dibuat nenek saya.

Rasa rengginangnya manis banget. Saking manisnya banyak yang gak habis. Kalau saya sih makan sampai habis, karena menghargai pemberian nenek. Toh makan yang manis-manis seperti itu juga jarang kok.

Nenek Sombori
Nenek lagi masak air panas untuk bikin kopi

Selain rengginang, nenek juga menyuguhi kopi. Juju raja, saya gak bisa minum kopi, tapi karena nenek bilang suruh cicipi, ya gak ada salahnya kan. Pas udah nyicipi, eh saya minta nambah. Duh maaf ya nek, kopinya terlalu enak. Dan makasih banyak atas suguhannya.

Biasanya nenek juga membuat pisang goreng yang disebut dompo. Karena ada suatu hal, nenek gak sempat bikin dompo. Padahal katanya selalu bikin dompo buat menyambut orang-orang yang berkunjung ke rumahnya. Duh, nenek baik banget.

Tradisi Di Rumah Nenek

Rumah Nenek Sombori

Satu tradisi di rumah nenek yang saya dapatkan, yaitu harus menerima pemberian apapun dari nenek, jangan pernah menolaknya. Karena sudah sering terjadi kejadian yang tak terduga dan tak diinginkan setelah pulang dari rumah nenek.

Baca: Tak Sengaja Menemukan Rumah Hutan

Nenek pun bercerita katanya kemaren ada anak yang ditawari makanan, tapi dia menolak  dan gak mencicipi sama sekali. Pas pulang, kameranya jatuh ke laut dari atas kapalnya. Dan guide pun bilang hal yang sama. Kalau nenek nawarin apa gitu, suka gak suka terima aja. Walaupun dicoba sedikit pun gak masalah.

Intinya, hargailah pemberian dari orang lain, walaupun itu kecil atau sesuatu yang tidak kamu sukai, terimalah dengan baik. Toh, orang tersebut sudah memberikan sesuatu yang terbaik yang dimilikinya dan tanpa pamrih.

Hal Yang Paling Menyedihkan

Rumah Nenek Sombori Roboh
Rumah neneknya roboh :'(

Dari semua cerita dan pengalaman yang telah saya ceritakan diatas, ada satu kejadian yang membuat saya sedih. Apa itu? Saat saya datang, rumah nenek roboh. Ya Allah, sedih banget ngebayangin rasanya gimana rumahnya roboh. Bersyukur nenek masih selamat.

Yang paling saya takutkan itu, saat rumahnya roboh, nenek berada di dalam rumahnya. Tapi, nenek cerita entah kenapa, dari sore nenek pingin ke rumah anaknya yang di sebelah rumah nenek. Dan tiba-tiba angin kencang menghampiri nenek di malam hari. Sehingga rumahnya roboh.

Nenek pun rasanya gemetar ketakutan, bagaimana kalau nenek berada di rumahnya itu. Nenek pun sampai nangis, dan berpikir mungkin ini waktunya meninggal. Tapi bersyukur nenek masih selamat dengan kondisi yang baik.

Jadi, foto-foto di rumah yang diatas adalah foto rumah anaknya nenek ya. Bukan isi rumah nenek, karena rumahnya roboh duluan saat saya berkunjung. Semoga nenek sehat selalu ya, dipanjangkan umurnya, dan selalu diberikan berkah yang banyak.

Kawan, kalau kamu mau traveling dan mau ajak saya, boleh banget lho. Nanti kita buat cerita seru bareng. Pokoknya kalau mau ngajak jalan, bisa hubungi saya di sini atau Instagram @budichexo. Jalan bareng yuk, kuy jalan bareng! – Yukkuy

Perjalanan Menantang Menuju Desa Ollon Di Toraja

desa-ollon-toraja

Kawan, apa yang kalian pikirkan ketika mendengan kata Toraja? Pasti banyak yang menjawab tentang adat istiadat, budaya, dan tempat bersejarah mereka kan? Mengingat mereka masih kental sekali dengan hal tersebut. Namun siapa sangka, di Toraja ada tempat yang sangat bagus buat kamu kunjungi, sebut saja namanya desa Ollon.

Setelah tahu dari travel blogger Indonesia yang pernah ke sana, saya penasaran sekali ingin datang ke desa Ollon Toraja. Melihat foto di Instagram dan membaca cerita di blognya sungguh menggoda hati. Hampir setiap hari, nama desa itu selalu terbayang-bayang dipikiran saya. Entah kapan bisa ke sana?

Setelah saya pulang traveling dari Nusa Penida Bali, saya terus mencari dan mengumpulkan informasi tentang desa itu. Banyak informasi yang saya dapatkan setelah mecari di internet dan media sosial. Ada yang menyebutkan bahwa tempatnya sangat indah, mirip bukit teletubbies, mirip bukit di Sumba, bahkan yang lebih ektstrim bilangnya jangan pergi ke tempat itu.

Akhirnya saya memutuskan untuk coba pergi ke sana. Awalnya berpikir mau pergi ke sana sendiri alias solo traveling, karena kalau mengajak temen pasti gak mau atau gak jadi. Semangat banget buat pergi ke sana, tapi setelah mendapatkan banyak informasi, nyaliku menciut. Hahaha..

Tapi rasa penasaran ini masih ada. Dipikir-pikir kalau sendiri ya lumayan risih juga sih, katanya jalanan menuju ke tempat itu beneran ekstrim banget. Kebetulan saya juga oranganya suka tantangan, ya kenapa gak coba aja. Toh kalaupun emang gak sanggup, ya pulang lagi juga gak apa-apa. Yang penting dicoba dulu.

Baca: Gumuk Pasir Sumalu Di Toraja Utara

Disaat lagi berpikir pergi sendirian itu takut, tiba-tiba muncul ide cari guide aja buat antar ke sana. Akhirnya coba cari guide yang bisa bantu untuk mengantar ke sana. Dan untungnya dapat kontak salah satu guide yang biasa antar ke sana. Setelah tanya harganya, wah gak masuk kantong nih. Mahal juga ternyata.

Pas kaget denger harganya, langsung ingat perasaan punya kontak temen orang Makassar deh, tapi ternyata gak punya nomor hp nya. Coba cari kontaknya lagi di facebook, dan akhirnya dapet juga kontaknya. Langsung tanya aja bisa gak anterin explore Toraja khususnya ke desa Ollon?

Dia langsung jawab, maaf gak bisa antar. Damn, matilah kalau gak ada yang bisa antarin ke sana. Mengingat dia juga masih kuliah, jadi gak mungkin paksa dia suruh bolos kuliah. Untungnya dia baik banget orangnya, dan kasih kontak orang Toraja asli. Bilang coba aja hubungi ini, namanya Iwan, tapi manggilnya Kanda Iwan ya. Karena panggilan orang Toraja seperti itu, dan biar lebih akrab juga.

Oh iya, dia itu Namanya Amrin. Akhirnya saya hubungi Kanda Iwan, orangnya asyik banget dan beruntungnya dia bisa antar. Saya banyak tanya kalau mau ke desa Ollon enaknya pake kendaraan apa ke sana? Karena banyak yang bilang mendingan pake mobil jeep atau motor trail.

Gak harus pake mobil jeep atau motor trail juga bisa kok, saya juga biasa pake motor Vario 125, jawabnya. Wah berarti pake motor Vario pun bisa, asalkan minimal yang 125 cc. Langsung lega rasanya kalau bisa pake Vario mah, secara saya hamper tiap hari kan pake motor itu. Kalau harus pake motor trail, rasanya gak bisa karena belum pernah pake.

Akhirnya langsung buat perhitungan semua biaya untuk traveling ke Toraja. Mulai hitung budget tiket pesawat, bus, sewa motor, penginapan, makan, dan lainnya. Pasti udah pada tahu semua kan ya mengenai itu. Tapi saya tetap pegang tips traveling hemat juga agar pas di Toraja gak terlalu boros.

Setelah semua informasi didapat, tiba-tiba info share cost traveling ke Sombori. Wah pas banget nih, saya bisa explore Sombori dan Toraja sekaligus. Akhirnya coba daftar ikutan trip nya, dan beruntung masih ada seatnya juga.

Desa Ollon Toraja
Udah ngebayangin bisamelihat pemandangan sebagus ini sambil guling-gulingan

Langsung deh terbayang, saya beneran bisa ke desa Ollon nih. Saat hari itu, saya sangat girang ibarat kata bisa sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Waaww! Jadi pas banget kan bisa traveling ke Sombori, Toraja dan Makassar dalam satu minggu. Gak nyangka bisa bisa beruntung seperti ini.

Sebelum pergi ke Toraja saya pun coba ajak peserta share cost yang ke Sombori, barang kali ada yang mau bareng buat explore Toraja. Dan bersyukur ada yang mau, awalnya tiga orang tapi mendekati hari keberangkatan nambah satu orang lagi, jadi totalnya berlima. Yesss!

Sebelumnya pun saya tanya dulu, kalian suka traveling ke tempat yang antimainstream gak? Kalau mau, nanti kita pergi ke desa Ollon. Jawabannya sih mau semua. Yesss lagi! Jadi saya bisa pergi ke Ollon gak sendiri dong, alias rame-rame.

Nah, ketika sampai di Toraja kami langsung menuju penginapan untuk istirahat. Sebelum masuk kamar, kami tanya-tanya tempat apa aja yang bisa di explore di Toraja kepada bapak yang jaganya? Beliau kasih tahu banyak tempat yang bisa di explore. Tapi sebelumnya kami juga sudah buat itinerary juga.

Dari penjelasan beliau, saya kurang percaya sih pas bilang kalau ke Ollon itu deket Cuma 2 jam juga sampai. Jelas-jelas saya udah dapat banyak informasi kalau ke desa Ollon itu membutuhkan 4 jam sekali perjalanan, bolak-balik 8 jam. Jadi butuh seharian kalau pergi ke sana.

Tapi yang lainnya percaya kalau ke Ollon itu cukup 4 jam perjalanan bolak-balik dan bisa pergi ke tempat lainnya. Saya sih yakin dengan informasi yang saya dapatkan jauh-jauh hari sebelum datang ke sini. Toh hasil research saya bukan ke satu dua blog kok, pokoknya cukup banyak.

Selain merekomendasikan tempat, bapak itu juga menyarankan pergi pake mobil Avanza, secara drivernya juga orang desa Ollon asli. Nah saya lebih gak percaya lagi kalau mobil Avanza bisa sampe ke sana, secara jalanan menuju ke sana ekstrim banget. Bukan apa-apa sih, cuma kasihan aja sama mobilnya.

Akhirnya kami pun berdebat, saya maunya tetap pake motor, yang lainnya mau pake mobil Avanza, dan yang satu pengennya sewa mobil jeep. Karena kalau sewa mobil jeep pun gak begitu mahal kok, kan semua biayanya dibagi lima orang.

Mobil Jeep
ngebayanginnya pingin naik mobil jeep seperti ini (sumber informasiotomotif.com)

Bukan masalah uang sih sebenernya, cuma kalau pake mobil saya kurang suka. Kenapa? Karena saya tipe orangnya “pelor”, nempel langsung molor. Rugi banget kalau traveling tapi sepanjang perjalanan tidur pulas. Gak bisa menikmati pemandangan yang indah. Setelah perdebatan yang alot sampai tengah malam, akhirnya kami memutuskan “oke pake motor”.

Selain menyarankan pake mobil Avanza, bapak yang jaga penginapan pun menawarkan sewa motor. Saya udah bilang maunya sewa motor Vario 125. Ternyata motor yang ada itu Vega R dan Blade. Saya pun tetap gak percaya kalau motor itu mampu dibawa ke desa Ollon, tapi bapak itu bilangnya motor ini sangat mampu dan bisa!

Masih gak percaya, saya pun coba cari tempat sewa motor Vario 125. Tapi hasilnya nihil, gak dapet satu tempat penyewaan karena udah di booking sama orang. Jadi sangat terpaksa pake motor yang dari penginapan.

Keesokan harinya saat kami mau berangkat, tiba-tiba bapaknya bilang “helm nya kurang satu”. Duh, kesel juga sih kaya gak niat banget bapaknya. Agak bingung juga kalau gak pake helm. Secara belum tahu tentang daerah sini kan. Dan bukannya apa-apa juga, ini demi keselamatan.

Untungnya, Kanda Iwan bawa dua helm, perasaanpun jadi plong. Jadi kami pergi ke desa Ollon menggunakan helm semua. Dan berangkatlah kami menuju desa Ollon. Seneng banget sih, tapi masih ada kekhawatiran dengan motor yang kami pinjam dari penginapan yang gak sesuai keinginan.

Biasanya, saya selalu mengikuti tips sewa motor saat traveling sebelum pake motor sewaan. Tapi kenapa saya hanya cek satu motor aja, motor yang satunya lagi lupa gak dicek. Rasa penyesalan pun datang setelah terjadi sesuatu.

Oh iya, saya hampir lupa ngenalin teman traveling ke Sombori, Makassar, dan Toraja. Mereka berempat adalah Dhani, Vonny, Andy, dan Haikal. Mereka semua orangnya asyik banget kalau diajak traveling, secara mereka punya jam terbang lebih banyak daripada saya. Hehehe..

Lanjut lagi ya ceritanya, jadi kami pake tiga motor, Dhani sama Vonny (secara mereka suami istri, yang bikin baper sih sebenernya) pake Vega R, Andy sama Haikal pake Blade, dan saya sama Kanda Iwan pake motor Aerox. Motor Kanda Iwan sih yang bagus banget, secara masih baru dan punya sendiri, perawatannya pun sudah pasti jelas.

Tips Sewa Motor Online Buat Traveling
Motor yang dipakai Haikal dan Andy

Tips Sewa Motor Untuk Traveling
Motor Aerox nya Kanda Iwan

Pagi itu, kami langsung berangkat menuju desa Ollon. Namun, satu motor kami ternyata bensinnya kosong. Jadi kami cari POM bensin terdekat buat isi dulu. Bersyukur POM bensinnya gak terlalu jauh dari penginapan. Setelah isi bensin, langsung melanjutkan perjalanan. This is our journey.

Selama perjalanan sih masih oke, karena jalannya masih bagus dan gak rusak parah. Ya mungkin karena ini masih di pinggiran kota, makanya sepanjang perjalanan masih nyaman. Cuma jalannya berliku-liku seperti di puncak gitu.

Baca: Lolai, Negeri Diatas Awan

Lagi asyik lihat pemandangan selama perjalanan (secara saya dibonceng Kanda Iwan ya), tiba-tiba terdengar suara “Gubrakkk” seperi ada yang jatuh. Saya langsung nengok ke belakang, dan lihat motor yang dipake Dhani dan Vonny terguling. Langsung saya minta Kanda Iwan berhenti.

Itulah penyesalan saya terjadi, kenapa lupa mengecek motor yang Vega R. Pas saya lihat ban nya emang udah gak ada rambutnya, itu udah pasti licin sih. Akhirnya yang bawa motor gantian, motor Vega R dibawa Andi dan membonceng Dhani, Vonny dibonceng Kanda Iwan, dan saya dibonceng Haikal.

Bukan hanya Dhani aja yang motornya terguling, motor yang saya dan Haikal pun juga terguling. Bukan sekali, tapi lebih dari sekali. Hahaha. Oleh karena itu, tulisan saya buat ini berjudul “Perjalanan Menantang Menuju Desa Ollon Toraja”. Memang perjalanan kali ini sungguh antimainstream.

Setelah merasakan perjalanan yang ekstrim, akhirnya kami berhenti di salah satu tempat yang namanya “Panorama Baba-baba”. Tempatnya warung gubuk gitu, tapi pemandangannya aduhai cantik. Dan dari sini, tampak terlihat bukit Ollon dari kejauhan.

Welcome to Panorama Baba-baba Toraja
Welcome To Panorama Baba-baba

Panorama Baba-baba Toraja
Terlihat hanya kami berenam saja yang berada di sini

Pemandangan Panorama Baba-baba
Pemandangan Panorama Baba-baba

Setelah istirahat dirasa cukup, kami melanjutkan perjalanan kembali. Selama diperjalanan kami cukup hati-hati, mengingat sudah ada kejadian yang tak diinginkan. Jadi gak terlalu ngebut, yang penting kami sampai dengan selamat. (bersambung) Cerita selanjutnya silahkan baca Keindahan Desa Ollon Yang Tiada DuanyaYuk Kuy

Tips Jitu Sewa Motor Untuk Traveling

tips-sewa-motor-saat-traveling

Buat kamu yang suka traveling ala backpacker, sudah gak asing lagi kalau mengunjungi destinasi wisata yang satu dan lainnya menggunakan motor. Sama halnya dengan saya yang lebih suka menggunakan motor dibandingkan menggunakan kendaraan lainnya. Tapi, sebelum sewa motor saat traveling, alangkah baiknya mengtahui tips nya agar aman terkendali.

Banyak alasan kenapa para traveler lebih suka menggunakan motor sebagai alat transportasi ketika mengeksplor berbagai tempat wisata. Motor menjadi alternatif agar bisa lebih praktis dan cepat untuk mengunjungi destinasi wisata yang ingin dikunjunginya.

Selain itu, harga sewa motor bisa dikatakan sangat terjangkau. Beberapa daerah di Indonesia memberikan harga sewa sekitar 50 ribu – 150 ribu per hari nya, tapi bergantung jenis motor yang disewakan. Dan rata-rata motor yang banyak disewakan itu motor bebek dan matic

Namun banyak kendala ketika kamu mengunjungi suatu tempat baru dan memilih sewa motor. Agar kamu bisa tenang ketika memutuskan untuk sewa motor, ikuti tips berikut ini yuk:

1. Searching

Tips Sewa Motor Buat Traveling
Cari motor secara online

Hal pertama ketika ingin sewa motor untuk traveling adalah cari tahu tempat penyewaan motor. Kamu bisa cari tahu dari berbagai sumber, bisa dari mesin pencari, media sosial, blog, atau semacam hasil review dari orang-orang.

Yang paling mudah menurut saya adalah cari lewat mesin pencari. Karena saya bisa mendapatkan banyak referensi tempat sewa motor untuk traveling.  Di sini banyak sekali sumber dan review pengalaman yang sudah pernah sewa motor.

Baca: Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Traveling

Selain mesin pencari, kamu juga bisa cari di media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Biasanya di platform media sosial terdapat fitur pencarian yang bisa kamu gunakan. Kamu tinggal masukkan kata kunci di fitur tersebut, nanti akan muncul hasilnya.

Ketika hasil yang kamu cari tempat sewa motor dan hasilnya muncul, kamu bisa langsung bertanya via komentar, pesan, atau nomor kontak yang tercantum. Biasanya para penyewa motor menambahkan kontak yang bisa dihubunginya kok. Kamu juga bisa tanya-tanya dulu atau bisa langsung pesan motornya.

Tips jika mencari jasa sewa motor secara online, perhatikan review dari orang yang sudah pernah menggunkan jasanya. Jika review nya bagus kamu bisa coba menggunakan jasanya, tapi jika review-nya kurang baik sebaiknya cari ke yang lainnya. Atau bisa ikuti tips kedua ini.

2. Tanya Teman Atau Kerabat

Tips Sewa Motor  Buat Traveling
Coba tanya ke teman atau kerabat kamu dulu, siapa tahu punya rekomendasi sewa motor yang bagus

Selain cari tempat penyewaan motor dari internet, kamu juga bisa tanya ke teman juga. Bisa saja cara ini lebih mudah. Secara dia juga sudah pernah pergi ke tempatnya dan punya pengalaman menyewa motor di tempat yang ingin kamu tuju.

Tapi temanya yang kamu tanya itu harus sudah pernah datang ke sana ya. Kalaupun tidak pernah, coba minta tanya ke temannya dia, siapa tahu ada yang sudah pernah. Intinya bisa tanya ke teman atau temannya teman. Atau bisa saja dia punya kenalan di daerah tersebut.

Selain teman, paling enak sih tanya saudara atau kerabat. Biasanya dia selalu merekomendasikan dan mengusahakan pilih tempat tempat sewa motor terbaik. Syukur-syukur sih ngasih pinjem motornya. Ups.. Tapi lebih enak sih sewa aja dari pada pinjem.

3. Cek Fasilitas Yang Diberikan

TIps Sewa Motor Untuk Taveling Ala Backpacker
Pastikan motor yang kamu sewa dilengkapi helm dan jas hujan ya

Kalau sudah tahu tempat sewa motornya, jangan segan untuk tanyakan fasilitas yang diberikan oleh pihak penyewanya. Demi kenyamanan, kesempurnaan, cinta haaa. Maksudnya keamanan dan kenyamanan ya. Coba tanya saja biar kamu bisa mendapatkan fasilitas yang terbaik.

Biasanya, fasilitas yang diberikan oleh penyewa motor terdiri dari, motor (ya iyalah motor mah wajib, masa gak dapat motornya), STNK, 2 helm, dan 2 jas hujan. Nah itu penting banget yang harus ada di motor sewaan.

Tapi berbeda kasusnya untuk beberapa daerah, karena saya sendiri pernah mengalaminya yaitu hanya mendapatkan motor beserta kuncinya saja. Tidak dikasih helm sama sekali, karena di daerah itu gak ada polisi. Sebut saja tempatnya itu Nusa Penida.

Walaupun gak dikasih helm, minimal ada jas hujan. Tapi beneran gak dikasih juga jas hujannya, padahal siap sedia saja. Ibarat kata, sedia payung sebelum hujan. Berruntungnya, waktu itu cerah sekali di Nusa Penida, jadi aman walaupun gak bawa jas hujan.

Tapi sebaiknya diawal kamu tanyakan saja mengenai kelengkapannya ya. Jika kurang lengkap, coba tanyakan juga kalau sewa tambahan dikenakan berapa. Bukan apa-apa,ini demi keamanan dan kenyamaan kamu selama traveling.

4. Siapkan Persyaratan

Sebelum sewa motor, alangkah baiknya tanyakan dulu persyaratannya apa saja yang harus dipersiapkan. Biasanya yang diminta oleh penyewa motor itu hanya KTP sebagai jaminannya. Jangan khawatir, KTP kamu aman kok dititipkan dia.

Tapi beberapa pemilik kendaraan juga ada yang minta foto kopi SIM (Surat Ijin Mengemudi) kamu juga. Berarti sebelum kamu pergi traveling, semua perlengkapan harus kamu siapkan dan bawa. Agar saat sampai di sana, berjalan sesuai yang kamu rencanakan.

5. Cek Kondisi Motor

Tips Sewa Motor Online Buat Traveling
Cek kondisi motornya agar bisa dibawa kemanapun kamu mau

Nah ini sih yang paling penting. Biasanya motor yang disewakan itu gak sebagus seperti motor punya sendiri. Jadi sebelum digunakan harus dicek dulu semuanya. Tujuannya biar kamu bisa pakai motor tersebut dengan aman dan nyaman.

Hal pertama yang harus kamu cek sebelum digunakan adalah gas motornya. Kamu harus coba dulu dan cek apakah tarikan gasnya baik atau tidak. Kalau kurang bagus, minta tukar sampai dapat motor dengan gas nya bagus.

Kemudian, cek rem nya. Pastikan remnya bekerja dengan baik. Jangan sampai ada remnya yang blong. Kalau ada bagian rem depan atau belakang yang kurang bagus, minta perbaiki langsung atau ganti motor. Soalnya ini penting banget buat keselamatan kamu.

Cek lampunya juga, apakah semuanya nyala? Pastikan lampu depan, belakang, dan sen nya bisa bekerja dengan baik. Mau siang atau malam hari, lampu ini harus bisa nyala. APalagi kalau kamu pulang ke penginapan sampai malam, lampu motor harus nyala dengan baik.

Perhatikan ban nya juga. Jangan pilih motor yang bannya sudah botak. Biasakan pilih motor yang bannya masih ada rambutnya. Jika dari semua motor yang ada semuanya tidak ada rambutnya, pilihlah bannya yang minimal tidak terlalu botak atau licin.

Baca: Tips Liburan Hemat

Pastikan kondisi mesinnya prima. Biasanya mesin motor bisa dikatakan bagus itu minimal dari suara motornya yang halus. Dan tanyakan juga terakhir ganti oli kapan? Ini penting banget, karena biasnaya motor sewaan itu jarang banget ganti oli. Kamu gak mau kan pas di tengah-tengah jalan motornya mogok karena mesinnya terlalu panas.

Kaca spion juga perlu diperhatikan. Tapi kebanyakan penyewa motor, kurang banget melengkapi motornya dengan kaca spion yang lengkap. Kadang hanya ada satu, bahkan gak ada sama sekali. Usahakan pilih motor yang spion nya juga lengkap ya.

6. Pesan Jauh-jauh Hari

Setelah kamu dapatkan tempat sewa motor, sebaiknya langsung pesan jauh-jauh hari agar kamu bisa menggunakannya nanti. Jadi ketika kamu tiba di tempat tujuan, kamu bisa menggunakannya langsung tanpa harus menunggu motornya dipinjam orang lain, karena kamu sudah memesannya.

Enaknya sewa motor itu biasanya gak pake bayar DP (down payment) dulu. Bayarnya pas nanti kita setelah selesai menggunakannya, sekalian ambil jaminan kamu, seperti KTP atau identitas yang dijaminkannya.

Nah setelah kamu tahu bagaimana tips sewa motor buat traveling, saatnya siapkan dirimu buat traveling. Udah gak khawatir lagi kan buat cari sewa motor di tempat atau daerah yang ingin kamu kunjungi. Pilihlah motor yang keadaannya baik dan nyaman digunakannya.

Yang jelas, mulailah cari tempat sewa motor atau tanya ke teman/kerabat, cek fasilitas yang diberikan, siapkan persyaratan, cek kondisi motor, dan pesanlah jauh-jauh hari agar kamu bisa mendapatkan motor sewaan yang bisa kamu pakai nanti. Sekarang saatnya traveling pake motor. Salam satu aspal. – Yuk Kuy

Tips Jitu Berburu Promo Diskon Belanja Online 11-11 dan 12-12

Tips Berburu Promo Diskon Harbolnas 11-11 dan 12-12

Halo kawan, sekarang sudah memasuki akhir tahun nih, pasti kamu tahu dong bakal ada diskon besar-besaran.  Hampir semua perusahaan yang menjual produk bahkan jasa akan mengadakan promo diskon di penghujung tahun. Tapi ada yang unik nih, kalau mereka yang sudah melek digital dan terbiasa menjual secara online biasanya akan mendadakan pesta belanja online 11-11 dan 12-12.

Siapa yang kalau dengar promo diskon matanya gak melotot? Kalau saya sih pasti melotot dan pake banget. Kenapa? Karena momen ini bisa saya pakai buat beli perlengkapan traveling. Lumayan lho bisa beli barang-barang dengan harga lebih murah dari harga normalnya. Dan yang jelas bisa bikin kantong gak bolong.

Kalau dulu promo itu hanya di hari-hari besar saja, tapi berkat kemajuan teknologi khususnya digital, sekarang ada promo khusus online lho. Para pelaku bisnis digital atau e-commerce yang kian hari makin berkembang pesat selalu mengadakan campaign promo terbaru. Coba saja perhatikan, setiap e-commerce memiliki campaign masing-masing.

Dengan banyaknya campaign promo yang diadakan oleh para pelaku e-commerce Indonesia, gak ada salahnya dong kamu buat manfaatkannya. Promo tersebut cukup membantu kamu untuk bisa menghemat pengeluaran kebutuhan. Yuk manfaatkan promonya.

Baca: Review Iphone XR, XS, dan XS Max

Tapi, ada satu yang unik dari promo para pelaku bisnis digital yang jangan pernah kamu sia-siakan. Ibarat kata, jangan pernah sia-siakan orang yang mencintai kamu. Karena sesungguhnya dialah yang bisa membuat kamu bahagia. Uhuy..

Jadi jangan sekali-kali untuk menyia-nyiakan kesempatan promo diskon nya ya. Biar kamu gak ketinggalan info tentang promo diskonnya, yuk simak tips dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan promo diskon belanja online terbaru di tanggal 11-11 dan 12-12 berikut ini:

Tips Jitu Berburu Promo Diskon Di Pesta Belanja 11-11

Tips Berburu Promo Diskon Harbolnas 11-11 dan 12-12

Bulan November merupakan bulan yang sudah memasuki akhir tahun. Biasanya para perusahaan yang bergerak dibidang ritel akan mulai mengadakan diskon dibulan ini. Promo diskonnya dimulai dari awal atau pertengahan bulan November. Nah buat kamu yang ingin berbelanja, silahkan persiapkan di bulan ini.

Tapi perlu diketahui juga, di bulan November ada promo menarik yaitu promo diskon 11-11. Promo ini hanya ada setahun sekali lho, jadi jangan sampai terlewatkan. Pokoknya ingat, tanggal 11 November harus dipersiapkan. Nah kalau udah siap belanja, ikutin cara ampuh belanja online saat promo diskon 11-11 ini:

  1. Daftarkan email kamu sebagai subscriber untuk menerima promo terbaru. Kalau sudah daftar, biasanya mereka akan mengirimkan informasi produk terbaru, terlaris, bahkan sampai promo pun mereka bagikan via email.
  2. Ikuti media sosial nya. Selain membagikan konten-konten menarik, mereka tak segan memberikan info promo terbaru. Selain promo, kadang mereka mengadakan giveaway untuk memberikan hadiah secara gratis. Kalau kamu yang hidup di media sosial, bisa dicoba ikuti acaranya.
  3. Kunjungi website nya. Kalau kamu ingin melihat promo apa saja yang sedang berlangsung, sering kunjungi websitenya.
  4. Lihat link promo khusus. Coba kamu cek di website mereka, biasanya ada link khusus promo yang berada di atas atau di bawah. Klik aja linknya, nanti aka nada informasi tentang produk apa saja yang sedang promo.
  5. Catat tanggalnya. Buat kamu yang ngebet banget pengen belanja, hal yang paling wajib dicatat adalah tanggalnya, yaitu tanggal 11 November. Karena tanggal tersebut sudah pasti puncaknya promo diskon 11-11. Tapi bukan hanya tanggal 11 saja ya promonya, biasanya dimulai sebelum tanggal 11, bisa tanggal 9, bahkan 10.
  6. Siapkan waktu terbaik. Nah kalau promo belanja di tanggal 11-11, kamu coba standby di jam 11 siang atau malam. Karena momennya pas banget buat dapat produk inceran kamu dengan potongan harga yang fantastis.

Jurus Maut Berburu Promo Diskon Di Harbolnas 12-12

Tips Berburu Promo Diskon Harbolnas 11-11 dan 12-12

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional adalah event tahunan yang diadakan oleh e-commerce atau marketplace di Indonesia, tepatnya pada tanggal 12 Desember. Bukan hanya e-commerce saja, kini berkembang ke perusahaan yang berkaitan dengan digital pun turut meriahkan event tersebut.

Sekarang, kamu bisa beli perlengkapan apapun dengan harga miring dan tanpa pusing tujuh keliling. Di harbolnas ini aka nada pesta belanja dengan diskon besar-besaran. Mengingat ini adalah momen yang paling berharga di dunia e-commerce. Jadi persiapkan danamu untuk belanja online.

Nah kalau kamu udah siap berburu barang-barang idaman, simak berikut tips belanja online di Harbolnas 12-12 beikut ini:

  1. Silahkan subscribe newsletter di situs belanja online favorit kamu. Ini sangat membantu kamu untuk mendapatkan update seputar promo harbolnas yang akan dimulai. Silahkan cek email kamu untuk bisa mengetahui jadwal terupdatenya.
  2. Follow media sosial nya. Selain share tentang produk dan keunggulan belanja di situsnya, mereka juga akan share promo yang sedang atau mau berjalan.
  3. Sering berkunjung ke website nya. Biasanya mereka akan memasang info promo terbarunya di homebanner atau di homepage
  4. Cari link atau url promo. Biasanya mereka menyediakan link atau url khusus promo. Contohnya seperti namatoko.com/promo atau namatoko.com/sale, tiap web berbeda-beda linknya. Kamu harus cek di web nya ya untuk memastikannya.
  5. Catat tanggal momennya. Untuk program harbolnas 12-12, yang wajib kamu catat adalah tanggal 12 Desember. Tapi ada baiknya kamu cek sebelum tanggal 12. Biasanya promo ini diadakan sebelum tanggal tersebut dan gak cuma sehari, melainkan 3 hari yaitu dimulai hari sebelumnya sampai hari setelahnya.
  6. Siapkan waktu khusus di jam-jam tertentu. Mengingat promo ini temanya 12-12, jadi kamu wajib perhatikan di jam 12 siang dan jam 12 malam. Biasanya ada harga atau diskon spesial pada jam tersebut.

Awas Jebakan Batman!

Tips Berburu Promo Diskon Harbolnas 11-11 dan 12-12

Kenapa saya bilang “Awas Jebankan Batman!”? Karena banyak penjual yang gak jujur. Berbicara tentang e-commerce dan marketplace, produk yang mereka jual adalah bukan produk mereka sendiri. Mereka hanya sebuah platform yang membantu para penjual untuk menjual secara online.

Jadi, hati-hati kemungkinan besar banyak penjual nakal yang memanfaatkan momen ini. Nakalnya gimana? Jahil gitu ya? Bukan, tapi mereka curang dalam memberikan harga diskon. Contohnya masih inget kasus pempers gak yang beberapa tahun lalu diskonnya sekitar 90% an tapi harganya di markup jadi ratusan juta?

Kalau saya sendiri punya pengalaman juga. Waktu itu saya mau beli tas carrier yang harga normalnya Rp. 849.000,00, berhubung saya menunggu momen diskon jadi saya tunggu tuh. Nah pas momennya lagi diskon, salah satu e-commerce memberikan diskon 50%, lumayan kan bisa setengah harga.

Baca: Tips Traveling Hemat Sesuai Budget

Untungnya saya masih inget tuh harga normalnya berapa. Nah gara-gara diskon 50% itu, saya langsung buru-buru masukin ke keranjang, tapi gak dibayar. Karena harganya nipu banget, masa harganya jadi Rp. 1.999.000 terus didiskon jadi Rp. 999.500,00. Lah jatuhnya lebih mahal dong. Jadilah saya gak bayar tuh sit tas nya. Mendingan beli dengan harga normal kan ya.

Pokoknya, buat yang mau berburu diskonan, harap perhatikan harganya. Kalau saya sendiri, saya akan catat dulu barang apa saja yang mau saya beli. Nanti pas ada promo diskon tanggal 11-11 dan harbolnas 12-12 tinggal beli deh.

Kesimpulannya, kalau kamu mau beli barang dengan harga promo dan diskon besar, belilah di pesta belanja 11-11 dan harbolnas 12-12. Tapi buat daftar belanjaan dulu, mau produk apa yang dibeli dan harganya berapa agar tidak kena jebakan batman. Dan cari tahu e-commerce mana saja yang mengadakan promo diskon tersebut. – Budi Setiadi