Saatnya Traveling, Karena Sekarang Kamu Bisa Terbang Murah Bahkan Gratis

cropped-tips-tiket-pesawa-promo-murah-gratis.jpeg

Banyak yang tanya “mas, kak, atau Bud, kok kamu traveling terus ya? Mana sering naik pesawat lagi, bahkan ke luar negeri terus. Pasti punya banyak duit ya?”. Aamiin,, aminkan aja dulu siapa tahu punya banyak duit dan bisa traveling terus ya kan. Salah satu tips nya adalah harus pandai mencari cara untuk bisa traveling hemat dan mendapatkan tiket pesawat promo murah, bahkan gratis.

Dulu, aku juga sama kok suka penasaran sama orang-orang yang suka traveling ke sana ke mari, bahkan bisa menginjakkan kakinya ke banyak negara. Rasanya pengen juga aku seperti mereka. Tapi namanya juga anak kampung, ya cuma bisa ngebayangin aja. Mau nanya ke orang juga malu, apalagi ke orang yang gak kenal.

Akhirnya hanya bisa baca-baca kisah blog perjalanan dari para travel blogger. Itu aja udah bikin seneng dan punya gambaran tentang suatu destinasi baru yang indah banget. Sering banget tanya ke diri sendiri “bisa gak ya aku seperti travel blogger yang bisa keliling Indonesia, bahkan keliling dunia?”.

Dari yang tadinya baca-baca blog kisah perjalanan travel blogger, akhirnya nekat buat coba traveling sendiri, dan itu bikin ketagihan. Walau di saat mau pergi, banyak omongan-omongan yang negatifnya, kalau pergi sendiri tuh bla bla bla. Kenapa pergi ke sana, mendingan pergi ke sini, dan omongan lainnya.

Sejak ketagihan solo traveling, akhirnya udah tahu dong gimana rasanya pergi ke tempat baru yang sangat berbeda dari kehidupan sehari-hari. Seru banget deh! Dan tibalah rasanya ingin mencoba traveling ke luar negeri.

Baca : Tips Liburan Hemat Sesuai Budget

Baru mau pesan tiket, terus tanya ke teman yang udah pernah ke luar negeri, dan jawabannya rumit banget. Harus punya paspor dulu, ngurus visa, siapin berkas ini itu, dan lain macamnya. Akhirnya gak jadi deh, karena belum punya paspor. Padahal promo tiket pesawat murah ada di depan mata. Akhirnya gak jadi beli.

Setelah itu, aku niat banget bikin paspor. Minta tolong orang tua buat kirimin akta kelahiran dan kartu keluarga. Ternyata gak semudah itu bisa mendapatkannya, karena timbul banyak pertanyaan dari orang tua, dan mereka gak mau kirimin berkasnya.

Tiba-tiba kepikiran alasan umroh. Bilang aja, kan kalau mau umroh harus punya paspor. Nah jadi nyicil dari sekarang, bikin paspornya dulu sambil nabung buat biaya lainnya. Siapa tahu ada rejeki dan bisa berangkat umroh. Akhirnya berkasnya dikirim juga. Yeahhh.

Langsung deh buat paspor biar bisa beli tiket pesawat. Sebelum buat paspor juga sempat tanya ke teman-teman, tapi tetap aja jawabannya ribet banget. Sebenarnya bikin passport tuh gampang banget. Buat yang belum punya paspor dan mau bikin, bisa ikutin caranya seperti ini cara mudah buat paspor online.

Setelah paspor udah jadi, saatnya travel to the world. Akhirnya mimpi-mimpiku bisa tercapai, karena sering banget baca tentang cara mendapatkan tiket pesawat promo yang murah. Dan inilah tips nya berdasarkan pengalamanku selama ini untuk bisa traveling ke luar negeri dengan biaya hemat. Aku aja bisa, kamu juga pasti bisa. Simak tips nya yuk.

1. Tentukan destinasi tujuan

traveling ke jepang 1024x683 - Saatnya Traveling, Karena Sekarang Kamu Bisa Terbang Murah Bahkan Gratis

Pertama kali yang bisa kamu lakukan adalah tentukan destinasi atau negara yang kamu inginkan. Ini penting banget agar kamu tahu mau ke mana kamu terbang? Kalau udah tahu tujuannya, berarti udah kebayang dong mau ngapain di sana?

Berani mimpi aja dulu, nanti juga tercapai kok. Ibarat kata seperti itu, kalau udah bermimpi tentang destinasi tujuan nanti semesta mendukung. Siapa tahu ada rejeki nomplok buat namabahin traveling. Apalagi dapat tiket pesawat gratis. Senang pastinya kan?

2. Cek harga tiket pesawat normal

Kalau destinasi udah ditentukan, saatnya cek harga tiket pesawatnya. Misalnya kamu mau ke Jepang di 1 – 10 Maret harganya 5 juta pulang pergi (PP). Ini harus kamu ingat, karena menjadi patokan harga tiket pesawatnya.

Jika nanti lagi ada promo diskon tiket pesawat murah, kamu udah tahu seberapa murah harganya. Misalnya kamu cek di tanggal yang sama dapat harga 2,5 juta PP, lumayan kan bisa hemat 50%. Tapi kalau harga tiket pesawat promo nya cuma Rp. 4.999.000,-, sama aja bohong karena gak beda jauh sama harga normalnya kan.

3. Rajin buka website maskapai atau OTA

Gimana caranya tahu harga tiket pesawat kalau kamu gak pernah buka website maskapainya? Udah pasti kamu harus buka website nya agar kamu tahu harganya, dan kamu bisa cek setiap saat. Gak mungkin dong kamu tanya ke teman, pacar, keluarga, atau tetangga kamu? Mereka gak pasti tahu harga terupdatenya setiap saat.

Atau kamu juga bisa cek webstie OTA (online travel agent), yang mana sekarang udah banyak banget situs OTA yang bisa diakses. Lebih enaknya lagi kalau pakai OTA, sekali kamu cek semua maskapai bisa muncul tapi tergantung kerjasama antara OTA dan maskapainya ya.

Untuk cara tahu informasi mendapatkan harga tiket pesawat murah, biasanya ada di banner halaman utama atau bisa juga cek di halaman promo dari website maskapai atau OTA nya. Emang harus rajin buka website nya, biar kamu bisa mendapatkan promo terupdate.

4. Daftar newsletter

Saatnya jadi orang pertama yang bisa mendapatkan informasi terbaru via email. Biasanya pihak maskapai atau OTA akan share promonya melalui email sebelum promo dimulai. Biasanya H-7 juga udah di blast. Kalau kamu udah jadi salah satu subscriber nya, kamu bisa tahu lebih dulu mengenai promonya.

Jadi sebelum banner promonya dipajang di halaman utama webnya, kamu udah tahu kapan promonya dimulai. Dan rajin-rajinlah cek email agar mendapatkan informasi terabrunya, jangan lupa cek kota spam nya ya, takut email promonya masuk ke spam juga.

5. Follow akun media sosial maskapai dan OTA

cara promo tiket pesawa murah 1024x683 - Saatnya Traveling, Karena Sekarang Kamu Bisa Terbang Murah Bahkan Gratis

Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat media sosial mudah diakses oleh siapapun dan dapat menjangkau berita terbaru, kini sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Tak ketinggalan maskapai dan OTA pun kini turut aktif pada media ini untuk menunjukkan eksistensinya.

Oleh karena itu, media sosial pun menjadi salah satu senjata untuk mendapatkan pelanggan. Mereka sangat aktif menyebarkan informasi tentang produknya, apalagi promo. Jadi biar gak ketinggalan promo terbarunya, silahkan follow akun media sosialnya.

Baca : Tips Traveling Murah Dan Simpel

Jangan salah, kadang mereka mengadakan flash sale gitu dan update yang tercepat adalah di media sosialnya. Harga flash sale nya bikin kaget lho kadang bikin gak masuk akal tapi sangat menguntungkan buat kamu. Coba aja follow akun:

@garuda.indonesia @citilink @airasia @cathaypacific @singaporeairid @etihadairways @thaiairways @tiketcom @pegi_pegi @traveloka  dan akun lainnya.

6. Install aplikasi maskapai dan OTA

Bukan tentang update informasi promo, ini masalah harga. Kadang harga di website resmi itu berbeda dengan harga tiket pesawat nya di aplikasi. Biasanya harga di aplikasi lebih murah dibandingkan dengan harga di website.

Begitu juga dengan promo, kadang di aplikasi ada harga tiket promo sedangkan di website harga tiketnya normal. Jadi itulah keuntungan kalau kamu install aplikasi maskapai atau OTA.

7. Daftar jadi member airlines

Ini berbeda dengan daftar newsletter ya. Kalau newsletter hanya menerima informasi terbaru via email, sedangkan member airlines itu adalah menjadi anggota dari airlines tersebut dan menikmati fasilitas dan informasi yang tersedia.

Salah satu keuntungan daftar sebagai member airlines adalah biasanya saat ada promo, member bisa menikmati promonya terlebih dahulu ketimbang nonmember. Contohnya begini, ketika airlines mengadakan promo diskon 40% berlaku 3 hari saja untuk semua pengguna, tapi khusus untuk member bisa mengikuti promo 2 hari sebelum promo berlangsung.

Misalnya, airlines A akan mengadakan promo untuk semua pengguna tanggal 10 – 13, nah khusus untuk member ada tanggal khusus yaitu tanggal 8 – 9. Jadi kuota diskonnya lebih banyak dibandingkan pengguna umum. Kalau bukan member, kamu gak bisa beli tiket pesawat promonya.

8. Website metasearch

Kalau mau cari harga promo tiket pesawat yang paling praktis, bisa pakai website metasearch. Kamu bisa dapat variasi harga dari berbagai maskapai dan OTA yang telah bekerjasama. Mulai dari yang termurah, tercepat, dan terbaik bisa ditemukan di sana.

Ada banyak website metasearch yang bisa kamu pakai, contohnya kamu bisa pakai Wego, Expedia, Tripsta, dan masih banyak yang lainnya. Jujur, aku lebih suka pakai Skyscanner. Andalan aku banget sih. Website metasearch tersebut membantu banget cara mendapatkan harga tiket pesawat terbaik

9. Datang ke travel fair

Pernah lihat orang yang berbondong-bondong dan rela antri, bahkan sampai nginep di tempat acara travel fair gak? Kalau aku pernah lihat banget. Itu gila sih perjuangan demi bisa traveling segitunya banget.

Sempat bertanya-tanya kenapa orang-orang itu suka banget datang ke travel fair dan sampai nginep segala? Wah baru tahu pas aku cobain datang ke travel fair. Biar gak penasaran kan? Dan inilah jawabanya:

Pertama, kamu bisa dapatin harga lebih murah dibandingkan harga tiket pesawat normal. Contohnya waktu aku beli tiket pesawat ke Jepang, di tanggal yang akum au itu kebetulan lagi high season jadi harganya mahal banget sekitar 9 juta – 13 jutaan. Nah pas datang ke travel fair nya, harganya Cuma 5,4 jutaa. Wow murah banget kan?

Kedua, ada tambahan cashback. Biasanya acara travel fair itu ada sponsor bank tertentu yang memberikan tambahan cashback bagi para nasabahnya. Jadi udah dapat harga yang murah, ditambah cashback pula, untung gak tuh?

Pengalaman aku sendiri, ketika beli tiket pesawat ke Jepang saat promo itu harnganya sekitar 5,4 jutaan, ditambah cashback 1,5 juta. Ini buat traveling ke Jepang di high season. Lumayan bisa menghemat banget di Jepang nya.

10. Manfaatkan promo bank

Bukan hanya travel fair yang dapat sponsor cashback, tapi maskapai dan OTA pun sering banget kerjasama dengan berbagai bank. Ketika kamu mau beli tiket, ada baiknya cek di halaman promo website nya dulu, siapa tahu ada bank  langganan kamu bekerjasama. Jadi bisa dapat diskon deh.

Memang, tiap bank itu promonya beda-beda. Salah satu cara biar dapat promo yang jadi nasabah di banyak bank. Apalagi kalau punya banyak kartu kredit dari berbagai bank, wah lumayan banget. Bisa pilih promo yang paling besar diskonnya deh. Karena, biasanya yang promonya itu adalah kartu kredit dibandingkan kartu debit.

Tapi harus bijak dalam penggunaan kartu kredit ya. Usahakan ambil diskonnya aja, jangan manfaatkan cicilan yang bunganya 0%. Kenapa? Masa mau traveling, ngutangnya lama? Kalau jadwal traveling nya masih 8 bulan atau setahun lagi, cicil 0% oke lah.

Biar kamu gak pusing bayar hutang setelah beres traveling. Jadi jangan tambahin beban ya. Traveling itu kan buat refreshing, masa pulang traveling malah dapat beban. Bukan begitu?

11. Tukarkan poin frequent flyer

Nah buat kamu yang daftar jadi member airlines biasanya ada program frequent flyer nya. Kamu wajib daftar programnya. Lumayan bisa kumpulin poin nya. Semakin kamu sering terbang, poin kamu makin bertambah, dan nantinya bisa ditukerin dengan terbang gratis atau promo lainnya.

Program frequent flyer ini ada yang dimiliki oleh satu airlines dan gabungan airlines juga. Contoh program khusus satu airlines adalah AirAsia, yang mana punya program sendiri yaitu Big Points.

Baca : Perlengkapan Traveling yang Harus Dibawa

Lebih enak itu daftar program yang gabungan, contohnya SkyTeam yang tergabung dengan Garuda Indonesia, KLM, Aeroflot, AerolineasArgentinas, AeroMexico, AirEurope, AirFrance, Alitalia, China Airlines, China Eastern, Korean Air, Saudia, dan lainnya.

Ketika kamu terbang dengan pseawat tersebut, poin kamu bisa ditambahkan ke maskapai yang sering kami pakai. Contohnya kamu pergi umroh dengan pesawat Saudia, nah poin nya bisa kamu tambahkan ke akun Garuda Miles. Jadi kalau udah banyak poinnya, kamu bisa deh terbang gratis dengan Garuda Indonesia.

12. Maskapai LCC vs full board

Banyak yang bilang kalau mau beli tiket pesawat dengan harga yang murah pastinya pilih maskapai LCC (low cost carrier). Gak salah sih jawabannya, emang pesawat yang konsepnya LCC harga tiketnya jauh lebih murah dibandingkan maskapai full board.

Tapi jangan salah persepsi ya, kadang maskapai full board jauh lebih murah harganya di waktu-waktu tertentu. Kuncinya harus rajin cek harga tiket pesawat. Coba kita lihat berapa promo yang heboh dikalangan traveller Indonesia dan aku pernah merasakannya juga seperti berikut ini:

AirAsia pernah membuat promo free seat dari Jakarta – Kuala Lumpur 300 ribu PP, Jakarta – India 1,2 juta PP, dan lain sebagainya. Murah banget kan?

Tapi coba lihat promo Malaysia Airlines, Jakarta – Kuala Lumpur Cuma 30 ribuan. Singapore Airlines dari Jakarta ke Singapore cuma 80 ribu. Bahkan ada yang pernah share cuma Rp. 0,- aja. Lumayan kan murahnya? Bayangin aja Cuma bayar beberapa puluh ribu bisa pergi ke lur negeri dengan naik maskapai bintang 5. Mau?

13. Cari tahu jadwal promo

Beberapa maskapai biasanya punya jadwal promonya masing-masing. Biasanya promo ada di bulan September – November. Itulah yang bisa kamu jadikan patokan untuk mendapatkan harga tiket pesawat ptomo yang murah.

Bisa juga kamu cari tahu tanggal ulang tahunnya maskapai dan OTA. Nah mereka juga kadang kala kasih diskon atau harga khusus di hari ualng tahunnya.

14. Jangan beli tiket pesawat borongan

Banyak yang mengira beli tiket pesawat secara borongan itu jauh lebih murah. Lah dikira tiket pesawat itu barang grosiran apa ya? Aku udah coba berkali-kali pessan satuan dan borongan itu jatuhnya lebih mahal borongan.

Katakan harga tiket pesawat beli untuk satu orang itu 1,5 juta. Tapi ketika beli untuk 7 orang total harganya 12,6 juta, dan kalau dihitung-hitung harga perorangnya 1,8 juta. Lebih mahal kan?

Kalau mau beli borongan, lebih baik dipecah aja, misalnya sekali booking untuk 2-4 orang. Nanti booking lagi buat orang berikutnya. Dengan cara ini, kamu tetap bisa mendapatkan harga yang murah.

15. Pilih penerbangan transit

tips promo tiket pesawa murah gratis 1024x768 - Saatnya Traveling, Karena Sekarang Kamu Bisa Terbang Murah Bahkan Gratis

Lebih baik direct flight dibandingkan transit, kalau transit itu capek ribet banget. Kamu setuju gak dengan pemikiran begitu? Emang lebih enak juga sekali terbang langsung nyampe ke tempat tujuan. Tapi enak juga kalau harus transit.

Enaknya bisa sekalian explore area terdekat dari bandara transit. Ya hitung-hitung cuci mata sekalian jajan lah di sana, dengan catatan durasi transitnya lama. Tapi kalau durasinya sebentar gak bisa keluar bandara, nanti ditinggal pesawat berikutnya.

Untuk masalah harga, kadang harga tiket pesawat yang transit bisa lebih murah dibandingkan direct flight. Buat kamu yang mau hemat, sebelum issued tiket bisa bandingkan dulu ya harganya.

16. Cek keberangkatan dari negara lain

Salah satu tips mendapatkan harga tiket pesawat promo yang murah dan jarang dicoba adalah mengecek jadwal keberangkatannya dari negara lain. Biasanya kan kita ngeceknya dari Jakarta, Surabaya, Bali, atau Medan aja. Ya pasti harganya segitu-gitu aja.

Tapi coba cek keberangkatannya dari negara tetangga. Misalnya kamu mau traveling ke Turki, coba cek jadwal keberangkatannya dari Singapore, Kuala Lumpur, atau Filipina. Siapa tahu harganya lebih murah. Setelah itu, kamu tinggal cari promo tiket pesawat buat ke negara tetangganya deh.

17. Gunakan fitur multicity

Kebanyakan orang memilih keberangkatan dan kepulangan dari tempat yang sama, padahal kadang harganya bisa lebih mahal dibandingkan dengan memilih berbeda lokasi. Contohnya ketika kamu mau traveling ke Jepang pilih Jakarta – Tokyo PP, nah kadang harganya lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta – Tokyo dan Osaka – Jakarta.

Apalagi sekarang hampir semua maskapai, OTA, dan website metasearch menyediakan fitur multicity. Fitur ini sangat membantu dan mempermudah itinerary kamu juga kan.

18. Beli tiket dengan kombinasi maskapai

Satu trik untuk mendapatkan tiket pesawat promo murah adalah beli tiket dengan beda maskapai. Biasanya ada maskapai yang mengadakan promo tiket murah hanya sekali jalan aja, nah pulangnya pasti mahal harganya. Jadi biar dapat murah beli tiket dengan maskapai lainnya.

Contohnya harga tiket pesawat Jakarta – Berlin sekali jalan 1 juta, nah kalau beli PP bisa diatas 10 juta. Kalau dihitung-hitung gak murah-murah banget kan. sebaiknya beli dulu tiket keberangkatannya, nanti tiket pulangnya nunggu promo dari maskapai lain.

19. Punya kenalan agen travel

Ada baiknya kamu punya kenalan atau teman yang bekerja di agen travel. Salah satu keuntungannya kamu bisa minta informasi ketika ada promo tiket pesawat murah. Dan kamu bisa aja langsung booking tanpa harus antri.

20. Cari pasangan yang bekerja di airlines

Wah kalau ini sih aku mau banget punya pasangan yang bekerja di salah satu airlines. Biasanya kan mereka suka dapat jatah terbang gratis untuk dirinya dan keluarganya. Bahkan ada harga khusus karyawan. Lumayan banget kan?

Nah ini hanya bisa didapatkan kalau kamu punya pasangan yang kerja di airlines. Kalau gak punya gimana? Ya jangan mengharap lebih. Tapi kalau punya teman yang bekerja di airlines, coba aja tanya siapa tahu jatah terbang dia bisa kamu beli, eh.

21. Uji keberuntungan dengan ikut kuis

Nah buat kamu yang mau terbang gratis, gak ada salahnya coba peruntungan dengan cara ikutan kuis atau lomba. Kalau beruntung kamu bisa dapat tiket pesawat gratis, bahkan biaya selama traveling pun ada yang dibayarin. Enak banget kan?

Jujur, sejauh ini aku belum pernah beruntung ikutan kuis ini. Tapia da temanku yang sering banget menang lomba semacam ini. Dia pernah dapat hanya tiket pesawat gratis, bahkan full trip juga gratis. Emang yang hoki, ada aja rejekinya.

Jadi, sekarang kamu udah tahu kan gimana caranya dapat tiket pesawat promo murah, bahkan gratis. Kalau begitu, saatnya kamu traveling. Hal yang paling penting adalah tiket udah ditangan, urusan itinerary dan biaya lainnya bisa belakangan. Jadi kapan kamu beli tiket pesawat? – Jalan yuk, kuy jalan

Budi Setiadi
Budi Setiadi
Full Time Digital Marketer, Freelance Travel Blogger Indonesia, Content Creator, Travel Enthusiast, Backpacker, Solo Traveler, dan Penulis Blog Perjalanan yukkuy.com. Punya mimpi bisa menginjakkan kaki dan keliling dunia. Dengan menulis di blog ini, semoga bisa mewujudkannya. Jika ada yang mau membantu untuk mewujudkan keliling dunia, dengan senang hati aku terima. Hubungi budi@yukkuy.com sekarang.

4 Comments

  • Wahh ternyata banyak banget ya tipsnya buat bisa dapetin tiket pesawat yang murah

    • Iya, harus ada perjuangan biar bisa terbang dengan harga murah

  • Boleh juga di ikuti tipsnya nie, info yang bagus gan!!!

    • Semoga bermanfaat dan bisa dapat tiket pesawat murahnya ya gan.

Leave a Reply