Daftar Kartu Prakerja

Daftar Kartu Prakerja Yuk! Gampang Kok, Begini Caranya

Memasuki era persaingan dunia kerja yang ketat ini, kita dituntut untuk menpunyai kemampuan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, hadirlah program prakerja dari pemerintah yang tujuannya untuk membekali setiap warga agar mempunyai skill yang baik dan mampu bersaing. Nah langsung aja ikuti cara daftar kartu prakerja nya yuk.

Mungkin Sebagian dari kamu masih belum tahu apa itu program prakerja dan apa manfaatnya? Apakah harus bayar dan susah gak buat dapetin kartunya? Eits, kita bahas pelan-pelan yuk.

Apa itu kartu prakerja?

Kartu prakerja adalah salah satu program unggulan yang diberikan khusus seluruh masyarakat Indonesia untuk menambah dan meningkatkan kemampuan atau keahlian. Selain itu, program ini juga dapat memberikan nilai tambah untuk sektor swasta, karena mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik lagi.

Untuk siapa kartu prakerja ini?

kartu prakerja - Daftar Kartu Prakerja Yuk! Gampang Kok, Begini Caranya

Kartu prakerja dikhususkan bagi kamu yang sedang cari kerja dan karyawan/buruh yang masih bekerja pun boleh ikut program ini. Bukan cuma buat yang nganggur aja, tapi yang udah punya pekerjaan pun sangat bisa ikutan. Namun lebih dikhususkan untuk warga yang terkena dampak Covid-19.

Intinya, semua warga negara Indonesia bisa ikut daftar kartu prakerja, asalkan usianya minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidiak formal. Hanya itu aja syaratnya, simple kan?

Cara daftar kartu prakerja

Setelah tahu apa itu kartu prakerja dan syarat pendaftarannya, sekarang langsung aja ikuti cara daftar kartu prakerjanya:

  1. Langsung menuju web resminya, klik prakerja.go.id dan isi data-datanya
  2. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online. Tujuannya yaitu mengenali kemampuan dan potensi yang ada di diri kamu. Disarankan sebelum melakukan tes, persiapkan alat tulis seperti pulpen dan kertas jika dibutuhkan untuk membantu kamu dalam menjawab soal-soal yang disediakan.
  3. Kalau udah lolos tes kemampuan dasarnya, saatnya pilih pelatihan yang kamu mau dan ikuti kelas nya sampai tuntas.
  4. Sekarang kamu bisa mulai belajar gratis dan bisa dapat insentif pula. Selamat menikmati program prakerja dan semoga bisa meraih masa depan yang lebih baik.
Baca :  Savasa Deltamas Cikarang, Hunian Masa Depan Yang Modern

Nah pertanyaan berikutnya, itu belajar onlinenya gimana caranya? Tenang dulu, kita kupas secara tuntas ya. Jadi, pemerintah itu serius banget dengan program kartu prakerja ini. oleh karena itu, mereka menggandeng mitra platform digital untuk menyukseskan programnya. Salah satu mitra yang aku rekomendasikan adalah Skill Academy by Ruangguru.

 Alasan belajar di Skill Academy?

skill academy by ruangguru  - Daftar Kartu Prakerja Yuk! Gampang Kok, Begini Caranya

Nah banyak hal yang bikin asyik belajar atau ikut pelatihan online di Skill Academy yaitu adanya fitur berupa video beranimasi. Jadi pas belajarnya gak ngebosenin. Pokoknya seru deh kalau udah lihat videonya.

Enaknya lagi, setelah materi beres, akan ada rangkuman materi yang udah dipelajarinya. Ini membantu banget buat ngingatin materi yang udah kita ikuti. Jadi kalau ada yang kelupaan atau ke skip, bisa inget lagi dari rangkuman ini.

Kalau udah beres semua ikut kelas onlinenya, nanti ada post test gitu. Jadi kita tahu seberapa dalam ilmu yang kita dapatkan selama mengikuti kursus online. Dan nantinya kita juga akan dapat e-sertifikasi resmi dari Skill Academy by Ruangguru sebagai bukti kita udah lulus kelas. Sertifikat ini bisa dijadikan sebagai tambahan bukti keahlian ketika melamar pekerjaan atau naik jabatan. Karena Perusahaan tahu kalau calon dan pegawainya udah punya skill yang baik dan mampu bersaing di era industri 4.0 ini.

Seperti apa kelas online nya?

Oke, saatnya kita pilih kelas online nya ya biar kamu tahu seperti apa sih kelas online di Skill Academy? Jadi di sana, kamu bisa pilih berbagai macam kategori program, yaitu Persiapan Tes, Bisnis dan Keuangan, Pemasara, Teknologi dan Software, dan Pengembangan Diri. Selain itu juga, ada program khusus untuk Prakerja. Jadi kamu tinggal pilih aja kelasnya.

Baca :  Kamu Pernah Donasi Di UNICEF Dan Mau Berhenti Permanen? Begini Caranya
skill academy by ruangguru 1024x483 - Daftar Kartu Prakerja Yuk! Gampang Kok, Begini Caranya

Jujur, aku sendiri ikut kelas Dapat Uang sebagai Penulis Non-Fiksi/Kreatif. Kelas ini paling aku butuhkan banget karena bisa digunakan untuk mencari kerja sampingan. Walau status pekerjaan ku sebagai karyawan swasta, tapi mau dong dapat penghasilan tambahan di luar gaji tetap.

Bukan hanya itu aja, ilmu yang didapatkan dari kelas yang aku ikuti ini sangat membantu dalam pekerjaanku sebagai digital marketer. Selain itu juga sebagai aku bisa bikin tulisan yang menarik untuk blog ku sendiri. Sebagai travel blogger Indonesia juga harus bisa menceritakan tentang perjalanan wisata yang pernah aku lakukan. Pokoknya kelasnya membantu banget deh.

Nah khusus buat program kartu prakerja, Skill Academy menyediakan paket khusus yaitu Paket Pelatihan Kombo. Keuntungan lainnya, kamu akan mendapatkan insentif senilai Rp. 2.55 juta untuk mendapatkan pelatihan gratis, bonus paket Ruangguru selama 3 bulan, dan dapat tambahan lagi senilai Rp. 100.000 yang akan ditransfer langsung ke penggunanya. Lumayan banget kan?

Sekarang, kamu udah tahu kan cara daftar kartu prakerja? Tunggu apa lagi, tinggal daftar aja dan ikuti setiap tahapannya sampai kamu dinyatakan lolos dan bisa mengikuti programnya. Dan langsung pilih Skill Academy by Ruangguru sebagai platrofm kursus online kamu.

Udah waktunya kita sebagai generasi yang siap maju dan berkarya dengan keahlian yang lebih baik. Sumber daya manusia kita gak kalah sama orang luar negeri kok. Saatnya kita buktikan yuk dan berikan yang terbaik bagi negeri tercinta kita ini.

More Stories
cropped gunung prau dieng wonosobo - Daftar Kartu Prakerja Yuk! Gampang Kok, Begini Caranya
Menikmati Golden Sunrise Istimewa Di Puncak Gunung Prau