Bukit Batu Gambir

Bukit Batu Gambir Yang Indah di PuloMerak, Banten

Siapa sangka, ada tempat yang bagus banget pemandangannya di daerah Cilegon – Merak. Kalau dipikir lagi gak mungkin banget di kota industri ini masih ada tempat yang masih asri. Dan aku baru tahu juga ada Bukit Batu Gambir di Pulomerak Banten. 

Awalnya pas dari Bukit Batu Lawang bingung mau ke mana lagi, mau pulang tapi sayang banget masa datang ke satu lokasi aja? Nah akhirnya coba tanya ke salah satu warga ada tempat yang bagus atau sering dikunjungi orang gitu di mana? Dikasih tahulah “mas nya coba aja ke atas terus, nanti ada batu gede di sana”. Oh Bukit Batu Lawang ya bu? Barusan saya dari sana bu, jawabku. Oh ke sana lagi mas, nanti ada namanya Batu Gambir, lurus aja terus, jawab ibunya. 

Waduh, mikir dua kali sih kalau harus nanjak lagi.  Wah nyesel kenapa tadi turun ya, padahal tinggal lanjutin aja. Nanjak, engga, nanjak, engga? Kalau nanjak, ya harus melewati tanjakan yang curam itu. Terus coba tanya lagi “Bu, ada jalan lagi selain lewat sini gak ya? Soalnya motorku takut gak kuat nanjak nih”. Wah jauh mas kalau lewat jalan lain, harus muter gitu, mendingan lewat sini aja nanjak terus, kata Ibunya.

Ya udahlah Bismillah aja, semoga motornya masih sanggup nanjak nih. Akhirnya pilihannya lanjut ke Bukit Batu Gambir dengan jalan nanjak melewati Bukit Batu Lawang. Karena terpaksa juga, kalau ada jalan lain yang gak nanjak dan deket, lebih baik pilih jalan lain aja. Tapi untungnya motor ku masih kuat nanjak. Alhamdulillah.

Begitu lewatin tempat parkir yang di Bukit Batu Lawang, lurus lagi ikuti jalan, tapi kok masih nanjak ya? Duh, kapan jalannya turun nih? Udahlah gas terus. Nah gak terlalu jauh, akhirnya jalannya mulai ada turunan, huh (menghela nafas). Seneng banget jalanannya udah ada turunan, tapi tetep agak curam walau gak securam yang tadi. 

Nah setelah jalan lurus terus, gak tahu juga Bukit Batu Gambir di mana tempatnya karena gak ada sinyal. Waduh gawat nih, pantesan dari tadi kok mba Google nya gak ada suaranya gitu, ternyata gak ada sinyal. Ya udah coba berhenti dulu deh dipinggir jalan, tapi kok lihat ada jalan setapak gitu ya di sebelah kiri. Akhirnya parkir motor dan coba ikutin jalan setapaknya itu.

Dan pemandangannya bagus banget dong. Untung ada penduduk lokal gitu lagi telpon, aku tanya aja nama tempat ini apa? Dan dijawab “ini Bukit Batu Gambir”. Wah pas banget dong, kebetulan feeling ku kuat ya, jadi pas banget berhenti di destinasi yang dituju. Oke, langsung lihat yuk penampakannya.

Bukit Batu Gambir

Jujur, aku penasaran juga kenapa dinamakan Bukit Batu Gambir? Kalau bukit, emang tempat ini daerah perbukitan. Batu, tempatnya memang ada batu besar gitu. Nah kalau Gambirnya sendiri mungkin dulunya tempat ini lahan pohon gambir. Pas aku tanya juga orang yang di situ gak tahu juga, Cuma dijawab “dari dulu emang namanya Batu Gambir”. Udah gitu aja.

Tapi kalau dilihat dari bentuk batunya yang besar, mirip di Belitung, Cuma bedanya kalau di Belitung warna batunya kebanyakan putih, kalau Batu Gambit warnanya hitam. Apapun itu warnanya gak jadi masalah kok, yang penting bisa menikmati keindahan tempat ini.

Jujur, pertama kali nginjek Batu ini pandanganku langsung berubah total. Dikira batunya Cuma besar aja gitu, sama kaya Batu lainnya, tapi ini besar bangettt. Wah gak salah pilih destinasi nih, rela Naik Turun tanjakan yang curam demi ke sini. Kapan lagi bisa lihat pemandangan kaya gini kan?

Nah spot foto yang menarik di sini tuh semuanya deh, karena kamu bisa foto di Batu dan semak-semak belukar gitu. Ada ilalang juga, cuma pas mau foto agak Susah posisinya. Jadi foto duduk di Batu kecil dan semak-semak belukar aja sekalian nabung (eh gak deh, cuma foto aja kok).

Kalau di sini gak begitu lama, habis menikmati tempatnya saatnya beralih ke tempat lain. Ditambah takut kesorean juga. Dan di tempat berikutnya, emang udah lama tahu Dan pengen banget ke Sana, Cuma waktunya belum pas. Mumpung udah di sini dan gak terlalu jauh, jadi buru-buru melipir ke Pulomerak Banten.

Lokasi Bukit Batu Gambir

Sebenernya lokasi Bukit Batu Gambit tuh terletak di desa Tamansari, Pulomerak, Cilegon. Untuk bisa ke sini gampang kok, tinggal ikutin Google maps aja, nanti bakalan diarahin kok. Biar gampang, bisa ikutin maps berikut ini:

Gimana, bagus banget kan pemandangan Bukit Batu Gambir yang ada di Pulomerak, Cilegon ini? Lumayan bisa ngilangin kepenatan. Kalau lagi stres boleh kok teriak di sini, hahaha. Ya mumpung ada tempat bagus seperti ini, kita nikmati aja. Betul kan? Yuk kuy kita explore Banten!