Danau Gawir Tangerang

Viral! Danau Gawir, Spot Sunrise yang Kece Di Tangerang

Bukan Indonesia kalau gak ada tempat yang bagus ya. Potensi alam nya udah gak diragukan lagi. Nah kali ini ada satu destinasi wisata yang lagi viral di Tangerang, namanya danau Gawir. Kenapa bisa viral? Simak yuk lebih lengkapnya.

Pertama kali tahu tempat ini tuh dari temen Instagram, karena aku suka explore tempat-tempat antimainstream, jadi dia kasih saran buat datangin tempat ini. Setelah tau, aku sih gak kepikiran buat langsung datang, karena kerjaan lagi numpuk banget.

Karena sibuk ngurusin kerjaan, akhirnya nyolong-nyolong waktu buat cari tahu di mana lokasinya danau Gawir itu berada. Oh ternyata gak jauh kok dari kost-an ku, sekitar 1 jam aja. Tapi kalau dilihat dari peta nya, jalurnya belum pernah aku lewati. Hmmmm semoga aja gak nyasar nanti.

Akhirnya besok habis subuh berangkatlah menuju ke sana yang bermodalkan motor dan smartphone. Bela-belain bangun dan pergi pagi-pagi banget demi dapet sunrise. Dan akhirnya sampai juga di danau Gawir.

Danau Gawir, Legok

Danau Gawir adalah danau buatan yang terbentuk akibat dari galian pasir. Konon, dulunya memang tempat tambang pasir yang terus digali. Lama kelamaan terbentuklah danau. Sama seperti danau Wakadobol dan Tebing Koja yang merupakan danau buatan  juga. Tapi nama Gawir sendiri itu adalah jurang atau tebing. Karena dulunya tempat ini tebing dan jurang. Karena digali, jadilah seperti ini.

Danau ini lebih sering dijadikan tempat mancing oleh warga sekitar. Pas datang ke sana pun memang banyak orang yang lagi pada mancing. Dan bukan orang mancing aja yang ada di sini, tapi orang yang suka sepedaan juga banyak.

Kalau kata orang sekitar, biasanya orang yang suka sepedaan itu rute akhirnya di sini. Berhubung lagi musim sepeda, makin banyaklah yang datang ke sini dan akhirnya tempat ini jadi viral.

Spot foto

Menurutku spot foto yang bagus itu ya hampir semuanya bagus kok. Ya paling bagus foto dipinggir danaunya. Kalau datang pas dapet sunrise ya foto pas sunrise nya itu lebih bagus. Berhubung Aku datangnya kesiangan jadi gak dapet spot foto pas sunrise.

Berhubung aku solo traveling ke sini, namanya juga solo traveler, jadi foto dimana pun aja bisa. Pas sampe daunya, langsung sekalian motornya dibawa ke pinggur danau buat bahan aksesoris. Begitu udah siap, langsung setting kamera dan tiba-tiba ada orang bilang “mas, mas boleh minta tolong fotoin kita”?

Baca :  Wisata Mistis yang Seru ke Rumah Pengabdi Setan

Oh tentu boleh, jawabku. Dengan senang hati dibantuin foto kok. Udah biasa juga. Tapi tolong banget kalau minta fotoin sama orang tuh lihat dulu orangnya lasgi sibuk apa gak? Ini aku lagi sibuk setting kamera eh disuruh fotoin. Mana sendirian pula. Tapi aku tetep seneng kok.

Ada satu kekurangan di sini yaitu banyak sampah berserakan. Semakin rame orang berkunjung, semakin banyak pula sampahnya. Ini yang harus diperhatikan buat kita semua, kalau datang ke suatu tempat usahakan gak menyampah sembarangan.

Apa danau Gawir Angker?

Sebelum datang ke sini, Aku juga dapet info kalau di sini sering banget memakan korban, lebih tepatnya banyak anak kecil yang tenggelam. Malah baru-baru ini sering memakan korban. Penasaran apa bener ceritanya seperti ini?

Nah karena banyak orang yang datang ke sini, akhirnya penduduk setempat banyak yang buka usaha, jualan makanan dan minuman gitu. Menurutku ini bagus untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Aku pun coba jajan di sini, sambil nanya apa bener di danau Gawir Legok ini serem dan angker?

Kalau ngobrol sama orang di sini, memang bener pernah ada kejadian anak kecil yang tenggelam. Dari tahun 2000 juga ada satu anak kecil yang lagi mancing juga pernah tenggelam, tapi memang dia punya penyakit epilepsi.

Lalu ada juga anak kecil yang lagi main sama temennya, tapi yang satu malah ke danau sedangkan lainnya gak ke danau. Nah pas ketemu katanya tenggelam di danau. Ada juga anak kecil main di atas rakit, kemudian rakitnya ke tengah sendiri mungkin kena angin dan dianya panik, jadi kemungkinan dia nyebur.

Sepertinya masih banyak cerita lainnya, cuma aku gak terlalu menggali cerita tentang ini karena lagi buru-buru juga. Tapi ya sekedar menanyakan aja apa bener seseram yang diberitakan orang-orang itu juga udah cukup. Jadi bisa disimpulkan sendiri kan dari cerita tersebut?

Baca :  Mau Ke Negeri Di Atas Awan Yang Ada Di Citorek, Gunung Luhur, Lebak Banten?

Camping di danau Gawir

Nah setelah nanya-nanya tentang keangkeran danau Gawir, sekalian aja tanya apa boleh di sini ngecamp? Soalnya kan tempat ini bagus buat menikmati sunrise, biar gak ketinggalan sunrise lebih baik ngecamp. Katanya bisa kok kalau mau ngecamp di sini, asalkan izin aja sama warga, kalau bisa izin nya ke pak RT nya.

Dan inget, harus jaga perilaku aja selama di sini. Jangan sembarangan ataupun bikin onar. Ya namanya juga numpang ke tempat orang, udah selayaknya kita jaga perilau kan. Pokoknya ke manapun kita pergi, harus saling jaga.

Tapi nyambungin tentang keangkeran tempat ini aku tanya “kalau malem, serem gak ya”? Ya di manapun juga pasti ada lah hal-hal yang tak kasat mata, yang penting kita jaga sikap aja. Selama orang camping di sini biasa aja, justru orang yang campingnya pernah bikin ulah, jawabnya.

Nah buat kamu yang suka camping atau mau cari tempat camping baru, boleh nih coba ke sini. Nanti minta izin aja ke pak RT nya. Dan inget, jaga perilaku ya kalau ke sini.

Rute menuju danau Gawir

Nah ini dia yang bikin pusing cari tempatnya. Kalau aku sendiri cuma ngikutin apa yang di bilang sama google maps. Jalan terus ya jalan terus, belok kiri ya ke kiri, belok ke kanan ya ke kanan, puter balik ya ikut puter balik, atau kalaupun disuruh nyebur ya mikir-mikir juga sih. Hehehe.

Tapi ternyata google maps pun titiknya kurang tepat, sepertinya emang lokasi danau Gawir ini belum ada di google maps. Jadi kesusahan buat nemuin tempat ini sampe kesiangan juga gegara nyasar ditambah lapar pula. Dan sempet-sempetin makan bubur ayam dipinggir jalan. Hahaha.

Baca :  Sensasi Baru, Trip Ke Pulau Dua Atau Pulau Burung
Bubur Ayam Enak

Coba tanya-tanya ke orang yang ada di pinggir jalan, banyak yang gak tahu. Ya udah jalan terus aja ikutin jalanan sampe ketemu tuh danau atau minimal bisa nanya ke orang yang tahu danau Gawir di mana gitu. Akhirnya aku ganti pertanyaan aja, tanyanya bukan danau Gawir tapi kampung Gawir, Legok. Baru deh banyak yang tahu. Akhirnya ditunjukin arahnya.

Pas nyampe di kampung Gawir, baru tanya lokasi danau Gawir nya. Dan akhirnya ketemu juga nih danau melewati rute yang susah dicari. Pas nyampe udah cukup siang dong dan rame orang yang sepedaan. Gagal dapet sunrise deh, tapi gak apa-apa. Lain kali bisa datang ke sini lagi.

Jadi rute menuju ke danau Gawir itu lebih baik cari kampung Gawir dulu, begitu sampai kampungnya baru tanya orang sekitar buat nunjukin jalannya. Nanti juga ketemu kok. Atau buat yang tahu rutenya lebih detail, boleh dong sharing di sini.

Nah buat kamu yang mau datang ke sini baiknya sih subuh-subuh banget biar dapet pas I atau sore kalau mau berburu sunset. Tapi katanya bagus pas sunrise kalau ke danau Gawir, Legok. Atau sekalian gowes aja ke sini, lagian banyak juga yang pada ngegowes ke danau ini. Yuk kuy jalan, kalau ada tempat baru yang seru boleh share ke aku ya.

More Stories
Bye Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes
Katakan “Bye Mata Kering!” Dengan Insto Dry Eyes