Budi Setiadi Travel Blogger Indonesia

Suka Mengunjungi Tempat Wisata Di Indonesia? Saatnya Kamu Jadi Travel Blogger

Indonesia memiliki keanekaragaman yang tak ternilai, seperti wisata, budaya, flora dan fauna, dan lainnya. Sangat disayangkan jika keindahan tersebut hanya kita diamkan begitu saja. Oleh karena itu, mari kita eksplor lebih jauh kekayaannya dengan cara jadi travel blogger Indonesia.

Bisa kamu hitung berapa banyak tempat wisata yang pernah kamu kunjungi? Lalu coba hitung lagi masih berapa banyak tempat yang belum kamu kunjungi? Pasti jawabannya sangat banyak. Makanya sangat rugi kalau kamu hanya mengunjunginya sedikit, apalagi tidak pernah sama sekali.

Potensi pariwisata Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Ditambah dengan adanya tren media sosial, membuat pariwisata kita bisa dikenal banyak orang bahkan sampai dunia. Selain itu juga, masyarakat kita sudah mulai turut campur dan menyumbangkan kreativitasnya untuk membangun pariwisata yang baru dan lebih baik lagi.

Dengan adanya hal tersebut, banyak sekali tempat wisata yang harus kamu eksplor. Eksplor lah sebanyak mungkin agar kamu bisa belajar banyak dari negeri kita ini. Sudah cukup kekayaan kita diakui oleh negara lain, kini saatnya kamu turut serta melestarikan kekayaan yang kita miliki.

Baca:ย Rahasia Sumber Penghasilan Travel Blogger

Ada keunikan tersendiri jika kamu cerdas dalam mengeksplor wisata Indonesia. Salah satunya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hasil setiap kunjunganmu. Memangnya bisa jalan-jalan keliling Indonesia dapat penghasilan, kan keliling Indonesia itu mahal? Jawabannya bisa. Tidak ada yang mustahil di dunia ini. Caranya mudah yaitu jadilah travel blogger. Berikut ini saya coba bagikan cara mudah menjadi travel blogger Indonesia:

1. Tulisan

Cara Jadi Travel Blogger Indonesia

Cara pertama untuk menjadi seorang travel blogger yaitu lewat tulisan. Buat kamu yang hobi menulis, kamu bisa menceritakan tempat wisata apa saja yang pernah kamu kunjungi ke dalam tulisan. Apapun yang ingin kamu ceritakan, ceritakan saja ke dalam tulisan.

Baca :  Pernah Merasakan Homesick? Inilah Cara Ampuh Mengatasinya

Banyak travel Blogger Indonesia yang sukses dengan menulis pengalamannya. Cerita perjalanan mereka biasanya ditulis ke dalam sebuah blog atau website pribadi. Dari blog yang mereka buat, bisa mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang lumayan, bahkan bisa melebihi gaji perbulan seorang karyawan.

Selain blog, ada juga travel blogger yang menuliskan ke dalam sebuah buku. Dengan kata lain, kamu bisa menjadi seorang penulis buku. Pernahkah kamu mampir ke toko buku? Nah biasanya di salah satu rak ada buku tentang traveling. Itulah salah satu hasil tulisan dari travel blogger.

Satu lagi, travel blogger juga bisa menjadi suatu profesi yang menjanjikan lho. Salah satunya bisa menjadi penulis di suatu majalah, media online, perusahaan travel, dan lain sebagainya. Peluang tersebut masih sangat terbuka untuk siapa saja.

Sangat menarik bukan? Kalau kamu sudah sering keliling Indonesia dan suka menulis, alangkah baiknya kamu segera buat tulisan di sebuah blog, buku, atau mendaftar sebagai penulis di sebuah media.

2. Fotografi

Hobi Fotografi Travel Blogger Indonesia

Sejak perkembangan kamera digital dan menjamurnya smartphone, hampir semua orang kini sudah bisa mengambil suatu gambar dengan sangat mudah. Jika dibandingkan generasi sebelumnya, masih sangat sulit untuk mempunyai teknologi fotografi. Jika ingin foto, kamu harus ke tempat yang menyediakan jasa foto. Hal itu sangat merepotkan bukan?

Tapi, sekarang zamannya sudah maju. Kamu mau foto kapanpun dan di manapun bisa dilakukan begitu mudah. Ditambah lagi, perkembangan kamera smartphone pun semakin canggih, kamu bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan satu genggaman tanganmu saja.

Nah buat kamu yang hobi foto, kamu bisa mengabadikan setiap perjalanan saat mengunjungi tempat wisata di Indonesia. Kamu bisa bercerita melalui sebuah foto yang kamu ambil untuk dibagikan kepada banyak orang.

Baca :  Jadwal Kereta Api Lokal Rangkasbitung Ke Merak Terbaru

Berkat adanya tren di media sosial, hasil foto kamu bisa dibagikan melalui media tersebut. Kamu bisa unggah semua foto traveling ke akun media sosial yang kamu miliki, seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya. Coba perhatikan saja, sekarang banyak orang menjadi terkenal karena kemampuannya dalam membuat foto yang kreatif. Dengan kreativitas yang kamu miliki dalam hal fototgrafi, kamu bisa mempunyai peluang untuk menjadi travel blogger yang sukses dan terkenal hanya bermodalkan foto.

Mungkin saja banyak pihak yang tertarik dari hasil fotomu dan karyamu bisa dibayar mahal. Selain itu juga, kamu bisa menjual hasil fotomu di berbagai platform photo stock online. Jadi jangan pernah anggap sepele hasil foto dirimu sendiri yang pernah bidik.

3. Videografi

Travel Vlogger Indonesia

Punya cita-cita jadi pemain film atau sinetron yang mempunyai penghasilan banyak? Prosesnya gak gampang lho. Ada banyak proses yang harus kamu lewati untuk mewujudkannya. Eits tenang dulu, masih ada cara lainnya yang lebih mudah.

Di era digital ini, bukan hanya artis yang bisa mendapatkan penghasilan tinggi. Tapi dengan memanfaatkan teknologi yang ada, semunya bisa jadi kenyataan. Buat kamu yang hobi traveling danย  jago bikin video, saatnya jadi travel vlogger.

Baca:ย Harus Berani Traveling Sendirian

Setiap kali kamu mengunjungi tempat-tempat di Indonesia, mulailah dengan merekam semua kegiatan yang kamu lakukan di sana. Gunakan peralatan yang kamu miliki, seperti smartphone, kamera digital, action camera, drone dan lainnya. Rekam setiap momen yang dirasa kamu bisa ceritakan kedalam sebuah video.

Setelah kamu merekam aktivitas selama traveling, saatnya buat video tersebut menjadi semakin menarik. Dan coba kamu bagikan ke media sosial yang kamu miliki. Satu akun media sosial yang paling penting bagi travel vlogger yaitu YouTube.

Baca :  Cara Mudah Menjadi Travel Blogger

YouTube memang menjadi favorit bagi siapa saja. Selain itu juga, YouTube memberikan penghasilan dari iklan yang tayang pada setiap video yang kamu unggah. Tapi syaratnya akun kamu sudah di monetize ya, jika sudah baru deh kamu bisa mendapatkan penghasilan. Bukan sekedar penghasilan saja yang kamu dapatkan, tapi siapa tahu kamu juga bisa menjadi terkenal melebihi artis papan atas. Hehehe.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan travel blogger itu bukan hanya sekedar nulis di blog, tetapi bisa juga memotret dan membuat video. Satu hal yang paling penting ketika kamu ingin memulai menjadi travel blogger Indonesia, kamu wajib memiliki akun media sosial. Karena itulah media yang membantu karya kamu agar bisa sampai ke banyak orang. Yuk eksplor Indonesia lebih banyak lagi dan bagikan cerita perjalananmu. Budi Setiadi

  1. Antin Aprianti says:

    Enak ya jadi Travel Blogger, bisa jalan-jalan sekalian belajar fotografi. Terus setelah jalan-jalan belajar menulis cerita juga. Duh jadi sadar kalo hasil foto masih nggak bagus, sedangkan ketiga faktor di atas itu penting. Setelah baca artikel ini jadi semangat belajar fotografi.

    1. Budi Setiadi says:

      enak banget kalau jadi Travel Blogger mah, apalagi kalau sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah. Good luck!!

  2. Maya Nirmala Sari says:

    Travel Blogger memang lagi naik daun nih. Senang bisa sedikit-sedikit bantu kemajuan pariwisata Indonesia.

    1. Budi Setiadi says:

      betul bangettt..

  3. Dede Ruslan says:

    dari ketiganya, yang belum adalah jadi travel vlogger, aku masih belum pede kak bergaya dan ngomong di depan kamera, maklum sukanya dibelakang layar aja ๐Ÿ˜›

    1. Budi Setiadi says:

      Kok sama sih kita. Padahal temen2 tuh juga udah request suruh bikin video, tapi ya itu belum pede. hahaha

  4. Dede Ruslan says:

    dari ketiganya, satu hal yg belum aku lakukan dan mungkin nanti adalah jadi vlogger. kayak belum siap gitu ngomong di depan kamera, maklum biasanya di belakang layar, hehe

  5. Jadi local guide nya google map, bisa kontribusi buat users lain sekalian dapat bintang

  6. Lisa Fransisca says:

    Terima kasih, Kak. Tipsnya bagus nih, belajar menulis, fotografi, dan videografi supaya hobi juga bisa mendatangkan penghasilan.

    1. Budi Setiadi says:

      ntappp… Semangat mengembangkan potensi yang ada pada diri..

  7. Kalena Efris says:

    Iyaaa pas banget buat yang hobby nulis dan jalan. Sayang rasanya kalo ga di abadikan. Cuma untuk sekarang aku masih merasa minus di bikin video bang. Aku ngerasa ribett gitu bikin video hahaa. Makanya aku blm pernah coba niat banget ngabadiin perjalanan menggunakan video. Mungkin next kali yaa kalo mood udah ngarah ke video ?

    1. Budi Setiadi says:

      wah sama aja kita, aku juga belum pede buat didepan layar…

  8. Agusonpapers says:

    Kadang saat dalam perjalanan pulang, semangat menggebu-gebu dah ada dikepala buat nulis catatan perjalanan. Tapi pas dah ketemu kerjaan, kantor sama aktivitas..mulai deh ngulur-ngulur, ntar-entar, akhir ga nulis-nulis dan lupaa…yang ada hanya copy foto doang mindahin ke folder….heheheh

    1. Budi Setiadi says:

      Dulu saya juga gitu sih, tapi dipikir2 sayang banget kalau dibiarkan begitu aja. Sekarang sudah mulai untuk selalu menuliskan setelah traveling. Semangat nulis!

  9. mbak titi says:

    Aku suka nulis setiap abis pulang jalan dari 2012. Tapi bukan karena pengen jadi travel blogger. Cuma pengen bisa mengingat dengan baik yg terjadi di masa menyenagkan itu. Cuma berusaha membekukan waktu.

    1. Budi Setiadi says:

      Tapi bisa dicoba jadi travel blogger juga, Wong gak Ada salahnya kok

  10. aku suka nnulis tapi masih belum jago dalam hal fotografi apalagi edit video. wah, masih harus mengasah beberapa kemampuan lagi nih. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    1. Budi Setiadi says:

      Semangaaatttt. Saya juga masih belajar kok

  11. Citra Rahman says:

    Aku ingin sih bikin video untuk melengkapi tulisan blog. Tapi selalu urung karena mengingat hemat baterai kamera dan kalau merekam video pun pasti enggak akan dikerjakan dengan cepat. Beda kalau foto yang bisa tanpa edit dulu bisa langsung unggah.

    1. Budi Setiadi says:

      Beli banyak baterai cadangan kalau gitu. Temen ku Ada juga yang satu kamera 10 baterai

  12. salah satu syarat utama menjadi travel blogger adalah dengan melakukan dokumentasi (foto, video, dan tulisan) yang menarik agar menari minat pembaca

  13. Wih travel bloger… Thx yah.
    Catet, tulisan, foto dan video.

  14. ihh udh suka jalan-jalannya sama nulisnya nih, tapi mesti banget nih upgrade skill foto sama video yaaa biar bisa jadi travel blogger kece :))

    1. Budi Setiadi says:

      Kalau aku belum kepikiran jd travel blogger kece

  15. punya cita-cita keliling indonesia lalu keliling dunia.
    belum tau kapan bisa kesampean.
    trus monetisasi dari hobi ini.
    thx udah sharing ya kak

    1. Budi Setiadi says:

      sma-sama. Inez mah udah paham dan jago deh masalah monetize blog mah..

  16. Arlindya Sari says:

    Hoby yg bisa mendatangkan uang. Apalagi dunia travelling sedang naik daun dan difasilitasi dgn medsos …beuhhh, surga banget!

    1. Budi Setiadi says:

      wah surga banget sihh.. Tapi kalau saya traveling bukan mau naik daun, tapi pengen naik pesawat.. wkwkwkwk (canda)

  17. Eka Muchlis Salim Siregar says:

    Ini salah satu cita-cita saya yang belum kesampaian… Jalan2 nya rasanya udah banyak… Tapi memulai nulisnya ini.. hehehe

    1. Budi Setiadi says:

      Wah bang Eka mah jangan ditanya masalah traveling dan blogging, udqah jago.. Artikelnya juga udah banyak

  18. rizki rakhmat says:

    yaah aku bukan travel blogger pak.. gimana ya? seru ya

    1. Budi Setiadi says:

      Bukam blogger recehan maksudnya? blogger pro mah suka gitu dehh.. hehehe

  19. kalo bisa semuanya keren kali ya kak, bisa cepat terkenalnya. haha

    1. Budi Setiadi says:

      Sudah pasti itu mah. Kepengen kan bisa kaya travel blogger ya udah sukses

  20. Jadi Travel Blogger kayaknya enak ya. Haha
    Jalan-jalan mulu, dah gitu dapet duit lagi. Tapi dibalik itu ada kerja keras dan kratifitas yang kudu diasah. Harus nambah skill lagi nih biar sukses ๐Ÿ™‚

    1. Budi Setiadi says:

      Betul banget, kalau mau sukses jadi travel blogger harus ada skillnya..

Your email address will not be published. Required fields are marked *