Jenis & Manfaat Saffron

Jenis dan Manfaat Saffron, Rempah Yang Termahal Di Dunia

Pernahkah kamu mendengar nama Saffron? Sejujurnya aku juga baru tahu nama ini saat traveling ke India. Saffron adalah bagian dari bunga Crocus sativus atau dalam Bahasa Arab disebut Zafaran, sedangkan Bahasa melayu menyebutnya Kuma-kuma.

Satu bunga Crocus satibus memiliki tiga kepala putik atau biasa disebut stigma. Pada bagian tangkai yang menyambungkan antara kepla putik dan bagian dalam bunga itulah yang diambil dan dinamakan Saffron.

Saffron banyak dihasilkan dari daerah Timur Tengah, namun yang terkenal berasal dari Iran, Spanyol, dan Kashmir. Konon katanya, Saffron terbaik yang berasal dari Kashmir. Karena cukup sulit untuk mendapatkannya.

Saffron juga sangat terkenal karena harganya yang mahal. Bayangkan saja harganya bisa mencapai 30 – 70 juta per 500 gram nya. Harga menentukan manfaat yang bisa didapatkannya, jadi wajar aja kalau mahal. Lalu, apa saja manfaat saffron?

Antioksidan

Saffron memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksigen yang terdapat pada saffron berupa crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Hal tersebut membantu sel-sel tubuh dari stress oksidatif. 

Meningkatkan Mood dan mengobati gejala depresi

Saffron biasa dijuluki sebagai rempah sinar matahari. Hasil studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi 30 mg saffron setiap hari bisa mengurangi gejala depresi. Karena kandungannya berfungsi sebagai antidepresan.

Bersifat melawan kanker

Kandungan yang kaya antioksidan yang ada di saffron bisa membantu untuk menetralisir dari radikal bebas dan berbahaya. Kerusakan dari radikal bebas tersebut telah dikaitkan sebagai penyakit kronis seperti kanker. Senyawa yang dimiliki saffron yang bernama crocin bisa membuat sel kanker lebih sensitive pada kemoterapi.

Meringankan nyeri haid dan gejala PMS

PMS atau Premenstrual syndrome merupakan istilah yang menggambarkan suatu gejala fisik, emosi, dan psikologis pada wanita yang terjadi ketika sebelum mulainya masa menstruasi. Setelah diteliti ternyata saffron dapat membantu untuk mengobati gejala PMS dan seringankan rasa nyeri.

Baca :  Bersihkan Hari Aktifmu Untuk Persiapan Traveling Yang Menyenangkan

Bertindak sebagai Afrodisiak

Afrodisiak adalah kandungan atau suplemen yang bisa membantu untuk meningkatkan libido seseorang.

Konsumsi saffron selama empat minggu sebanyak 30 mg setiap hari dapat meningkatkan fungsi ereksi, libido, dan kepuasan seorang pria secara signifikan. Bukan hanya untuk pria saja, tapi bagi wanita pun dapat meningkatkan gairah seksualnya .

Membantu menurunkan berat badan

Apa yang bikin berat badan kamu naik? Salah satunya ngemil kan? Kalau kebiasaan ngemil tersebut dilakukan secara terus menerus, maka berat badan kamu memiliki resiko naik drastis. Dan ternyata saffron bisa membantu menurunkan berat badan kamu, karena bisa mencegah ngemil dan mengurangi nafsu makan.

Bukan hanya itu, saffron juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan penglihatan, meringankan penyakit Alzheimer, menurunkan kadar lemak darah, sangat baik utuk kecantikan kulit, dan masih banyak manfaat lainnya.

Sekarang kamu udah tahu kan apa manfaat saffron. Nah sekarang kamu juga perlu tahu jenis-jenis saffron yang ada di dunia. Mungkin kamu pernah dengar ataupun tahu tentang saffron Iran, Afghanistan, Spanyol, turki, dan Kashmir. Tapi simak jenis saffron berikut ini:

Saffron Bunch

Saffron bunch adalah salah satu jenis saffron Iran yang harganya paling murah. Ciri-cirinya yaitu memiliki putik yang panjang, bahkan lebih Panjang dari pada jenis saffron lainnya. Kelihatan seperti akar yang seratnya berwarna kuning tapi atasnya berwarna merah.

Saffron Poushal

Saffron Poushal merupakan jenis saffron yang digunakan sebagai bumbu masak. Ciri-cirinya hampir sama dengan saffron lainnya.

Saffron Sarghol

Saffron Sarghol sering dibilang jenis red gold. Seacara kasat mata, bentuknya gak ada bedanya dengan jenis saffron lainnya. Tapi aromanya lebih pekat dan tajam, dan bentuknya lebih tipis dan kurus. Saffron jenis ini harganya murah.

Baca :  Cari Tempat Buat Refreshing. Liburan Ke Bandung Yuk

Saffron Negin

Saffron Negin mempunyai ciri putiknya lebih kering, namun masih ada warna kuning di ujungnya. Ukurannya juga lebih panjang dari ketiga jenis saffron diatas.

Saffron Super Negin

Saffron Super Negin atau Top Negin yaitu jenis Saffron yang lebih bagus dari keempat jenis diatas. Warnanya merah dan terlihat lebih segar, bentuknya panjang juga.  Jenis ini baik banget buat kesehatan. Biasanya, Saffron ini mudah dijumpai di Iran. Makanya banyak yang jual Saffron Iran jenisnya Top Negin atau Super Negin. Bahkan ada yang menyebutnya jenisnya Finest Gold. Sebenarnya sama aja, hanya penyebutan nama aja.

Saffron Kashmir

Saffron Kashmir adalah jenis Saffron yang terbaik di dunia. Tumbuhnya hanya bisa di atas tanah Kashmir, karena daerahnya memiliki tanah yang subur dan cuacanya sangat baik. Warna Saffron Kashmir lebih merah tua, lebih kering, dan baunya juga sangat tajam.

Selain itu saffron Kashmir paling bagus buat kesehatan, karena kandungannya lebih baik dari jenis saffron yang ada di dunia. Harganya pun paling mahal dan lebih mahal dari jenis Saffron Iran, Spanyol, dan lainnya.

Ditambah lagi, Saffron Kashmir terkenal sulit didapatkan. Sangat beruntung bagi orang yang bisa mendapatkan Saffron Kashmir yang Original dan dibawa langsung dari Kashmir. Walaupun datang ke Kashmir langsung, belum tentu bisa mendapatkan yang asli, karena banyak yang menjual palsu.

Beruntungnya aku yang pernah ke datang langsung ke Kashmir dan ke pusat penjualan Saffron Kashmir terbesar sekaligus ke kebunnya langsung. Jadi udah pasti Saffron yang aku bawa ini Asli dari Kashmir. Walaupun tahu tempatnya, masih susah juga buat dapetinnya, karena beberapa faktor lainnya.

Eits tenang dulu, untungnya aku punya temen India yang bisa bantu buat dapetin Saffron langsung dari Kashmir. Jadi, buat yang mau beli Saffron Kashmir Asli, bisa isi formulir dibawah ya, selama stok masih ada. Stok terbatas mengingat agak sulit datanginnya. Langsung isi formulirnya ya:

Baca :  Keseruan Acara Jakarta Humanity Festival 2020

Nah buat yang mau sehat atau penyakitnya sembuh, bisa coba konsumsi Saffron, dan pilihlah Saffron Kashmir yang asli. Namanya buat kesehatan harus pilih yang terbaik. Sekarang udah gampang kan buat dapetin Saffron Kashmir aslinya, tinggal isi formulir diatas aja. – Sehat yuk, kuy sehat

More Stories
New Delhi India
Menyusuri New Delhi, India. Enaknya Ke Mana?