Saatnya Kembali Ke Alam Dengan Dukung Program Konservasi Alam

konservasi-lingkungan-hutan-alam

Udah sering dengar kalimat “back to nature” kan? Lalu apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar atau melihat kalimat itu? Apa kamu setuju kalau kita harus kembali ke alam? Hmmm kalau aku setuju banget, apalagi kita harus mendukung program konservasi alam.

Awal aku bikin blog perjalanan ini pun dimulai karena suka banget dengan hal yang berbau alam. Rasanya nyaman banget kalau main ke alam. Badan jadi auto segar karena bisa menikmati lingkungan yang indah.

Apalagi orang yang tinggal di kota, hiruk-pikuk sudah pasti menghantui setiap hari. Lokasi hijau pun udah jarang banget tersedia, hampir semua area dipenuhi dengan bangunan, baik rumah maupun gedung-gedung pencakar langit. Ditambah polusi pun semakin banyak dan tak kunjung henti.

Lama kelamaan, alam sekitar kita ini bisa rusak jika terus dikotori begitu aja. Makanya sebagai generasi muda, kita harus turut andil dalam menjaga alam ini. Walaupun usahanya gak begitu besar, minimal kita bisa melakukan hal-hal kecil untuk menjaganya, contohnya buang sampah pada tempatnya, menghindari penggunaan plastik saat belanja, membiasakan diri minum tanpa sedotan plastik, atau aktivitas lainnya.

Walaupun kamu hanya bisa melakukan hal tersebut, dampaknya akan dirasakan oleh anak cucu kita nanti. Kalau sekarang kita berbuat kerusakan, anak cucu kita pasti gak akan merasakan alam yang begitu indah lagi. Tapi sebaliknya, kalau kita menjaga ala mini dengan baik, anak cucu kita pasti bisa merasakan keindahan alam yang luar biasa ini.

Baca : Wisata Rumah Hutan

Pernah gak kamu mikir “ah kalau aku doang yang jaga lingkungan sama aja bohong dong, sementara banyak orang malah gak peduli sama sekali”? Jangan sedih, kamu gak tahu ternyata banyak juga lho orang diluar sana yang suka menjaga lingkungan. Cuma yang namanya kebaikan, biasanya gak pernah kelihatan. Tapi keburukanlah yang biasanya terlihat jelas, bukan begitu?

Jujur, ini pertama kalinya aku bisa ketemu dengan orang-orang baik. Lebih tepatnya travel blogger yang mencintai alam ini, khususnya Indonesia. Rasanya senang banget bisa bertatap muka dan ngobrol ngalor ngidul tanpa ada batasan usia, jenis kelamin, agama, ras, bahasa, dan budaya. Aku jadi merasa bahwa inilah Indonesia yang sesungguhnya.

konservasi alam 1 1024x576 - Saatnya Kembali Ke Alam Dengan Dukung Program Konservasi Alam
Keseruan Travel Blogger yang ngobrolin tentang Konservasi Alam
konservasi alam 1024x576 - Saatnya Kembali Ke Alam Dengan Dukung Program Konservasi Alam

Ditambah lagi, ada satu obrolan yang menarik hati dari pertemuan ini yaitu konservasi alam. Konservasi alam adalah bentuk manajemen lingkungan dan alam secara bijak yang tujuan utamanya untuk melindungi tanaman dan binatang.

Banyak sekali informasi yang didapatkan dari konservasi alam, diantaranya tentang sustainable tourism atau keberlanjutan pariwisata. Yang mana perlu dipahami adalah pengelolaan pariwisata yang mementingkan empat hal yaitu lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya.

Coba kamu lihat di media berita atau media sosial yang mana tempat wisata kita yang dulunya bagus banget, sekarang malah jadi rusak. Apalagi tempat wisata yang viral, semakin banyak orang yang datang, semakin cepat pula rusak. Miris banget melihat kelakuan dari warga kita ini kan?

Tapi dengan adanya konservasi alam, tempat yang memiliki potensi bagus justru dikembangkan tapi tetap dijaga, agar semuanya bisa dirasakan banyak pihak dan tetap terlindungi dengan baik. Ini yang jadi pusat perhatian oleh YKAN (Yayasan Konservasi Alam Nusantara).

ykan yayasan konservasi alam nusantara 1024x682 - Saatnya Kembali Ke Alam Dengan Dukung Program Konservasi Alam
Perwakilan YKAN yang mengajak para Travel Blogger untuk mendukung program Konservasi Alam

YKAN telah membuktikan bahwa mereka turut andil dalam membantu pemberdayaan masyarakat. Salah satunya adalah masyaakat pesisir pantai yang mana bisa memanfaatkan hasil laut berupa ikan dijadikan abon. Ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi dan kesenjangan sosial bagi masyarakat sekitar.

Dukung program konservasi alam yuk

Banyak cara untuk mendukung program konservasi alam, salah satunya bisa mengikuti program Tabungan Alamku yaitu produk tabungan hasil kerjasama antara CTBC Bank dengan YKAN. Tujuan utamanya adalah mengajak kamu unutk turut serta dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan hidup di Indonesia.

tabungan alamku ctbc bank - Saatnya Kembali Ke Alam Dengan Dukung Program Konservasi Alam
Program Tabungan Alamku hasil dari kerjasama antara CTBC Bank dan YKAN

Caranya sangat mudah yaitu cukup membuka Tabungan Alamku dengan saldo pertama sebesar Rp. 1 juta rupiah kamu sudah langsung aktif sebagai partisipan yang mendukung konservasi alam. Selama tabungan aktif, kamu tercatat atas nama kamu sendiri telah berpartisipasi sebesar 1,25% dari saldo rata-rata perbulan kepada YKAN.

Baca : Taman Mahkota Ratu, Wisata yang Lagi Hits

Setiap bulan, kamu akan menerima bukti atau laporan bahwa kamu sudah berdonasi. Jadi gak usah khawatir, kamu bisa pantau donasinya lewat email yang setiap bulan akan dikirim oleh YKAN.

Jadi sekarang kamu udah tahu kan gimana caranya ikut aktif untuk melindungi alam kita? Gak pake mikir berulang kali, sekaranglah saatnya kamu ambil aksi untuk mendukung konservasi alam demi anak cucu kita nanti.

Budi Setiadi
Budi Setiadi
Full Time Digital Marketer, Freelance Travel Blogger Indonesia, Content Creator, Travel Enthusiast, Backpacker, Solo Traveler, dan Penulis Blog Perjalanan yukkuy.com. Punya mimpi bisa menginjakkan kaki dan keliling dunia. Dengan menulis di blog ini, semoga bisa mewujudkannya. Jika ada yang mau membantu untuk mewujudkan keliling dunia, dengan senang hati aku terima. Hubungi budi@yukkuy.com sekarang.

Leave a Reply