Mau Staycation Antimainstream? Nikki Peucang Resort, Banten Pilihan Yang Tepat

nikki-peucang-resort-ujung-kulon

Siapa yang masih meragukan kekayaan alam Indonesia? Buat yang pernah explore Indonesia, pasti merasa puas karena keindahan alamnya. Terbukti banyak wisatawan lokal maupun Internasional banyak yang datang ke tempat wisata di sini. Dan kita tahu kalau pembangunan resort di Indonesia cukup pesat. Salah satunya adalah Nikki Peucang Resort.

Sejujurnya, beberapa tempat yang pernah aku pernah kunjungi, pasti menyimpan kenangan yang begitu dalam. Dan itu bikin pengen balik lagi ke tempat tersebut. Salah satunya yang paling dikangenin itu pulau Peucang yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Berhubung aku suka banget cari tempat yang antimainstream, kalau harus balik lagi ke pulau Peucang tapi gak ada sesuatu yang unik rasanya biasa aja gitu, gak ada sensasi luar biasanya.

Nah setelah pulang trip dari Bangkok, entah kenapa hati ini bergejolak pengen explore objek wisata pantai di Jawa Barat. Lalu coba cari info ada yang baru gak ya di sana? Dan nemulah foto gubuk bambu gitu di Instagram. Nah dari situ aku cari lebih detail lagi, ternyata gubuk itu bukan sembarang gubuk, tapi resort.

Agak gak percaya sih kok di Peucang ada resort ya? Dulu waktu ke sini gak ada tuh. Karena penasaran, akhirnya aku coba tanya aja biar lebih meyakinkan. Dan ternyata beneran dong ini ada resort. Konsepnya menarik banget, dan tanpa pikir panjang aku booking aja. Emang apa sih keunikannya? Nih lihat ya detailnya berikut ini:

Nikki Peucang Resort

Nikki Peucang Resort Banten

Nikki Peucang Resort adalah sebuah resort baru di pulau Peucang yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang mengusung konsep eco resort. Yang mana seluruh bangunannya memanfaatkan alam yaitu kayu, bambu, alang-alang, dan batuan alam.

Nikki Peucang Resort Banten

Konsepnya adalah tinggal dalam sebuah gubuk mewah, serasa tinggal di alam bebas karena bisa mengirup udara yang segar, berenang di tepi pantai yang indah, ditemani nyanyian binatang yang jarang kamu temui, dan menikmati hijaunya hutan. Untuk lengkapnya coba lihat ini:

Villa Batik Nikki Peucang Resort

Nikki Peucang Resort, Ujung Kulon, Banten

Hampir seluruh bangunan Villa Batik Nikki Peucang Resort memanfaatkan Alam. Mulai dari pintu, dinding, kursi, tempat tidur, lantai semuanya pakai bambu dan kayu. Dilihat dari luar, kelihatan sederhana banget bangunannya, tapi kalau lihat dalemnya mewah banget.

Dindingnya unik banget, dibuat berlubang dan terlihat mirip angklung. Tujuannya biar sirkulasi udara di dalam resortnya baik. Saking bagusnya bisa bikin kamu kedinginan lho. Tanpa AC pun rasanya butuh selimut kalau tidur, sumpah anginnya semeliwir banget.

Bangunan Nikki Peucang Resort Banten

Oh iya, gak perlu khawatir takut kedinginan karena angin, karena ada gorden yang cukup tebal buat menghalanginya. Jadi angin yang dari luar gak akan ngamuk masuk ke dalam. Ditambah ada kelambu yang menghiasi tempat tidur dan selimut juga yang siap menghangatkan kamu.

Nikki Peucang Resort Banten

Dan anehnya, walaupun ada kelambu, tapi di sini gak ada nyamuk. Heran juga kenapa di tengah hutan gini gak ada nyamuk di dalam resortnya? Padahal dulu pernah ikut open trip ke pulau Peucang pertama kali, nyamuknya banyak dan besar-besar. Di Nikki Peucang Resort malah gak ada nyamuk satu pun.

Nikki Peucang Resort Banten
Kamar Nikki Peucang Resort
Nikki Peucang Resort, Ujung Kulon Banten
Nikki Peucang Resort Banten

Bentuk bangunannya juga menarik yaitu berbentuk segi delapan, membuat bangunanya terkesan lebih unik dan luas. Kelihatannya kecil dan sempit kalau dari luar, tapi begitu masuk luas kok. Kamarnya pas banget, kaya kamar hotel gitu.

Selain itu, ada hal yang paling unik dan menggelitik buatku yaitu kamar mandinya. Resort ini beneran membawa pengunjungnya bisa merasakan alam yang sesungguhnya. Konsep kamar mandinya pun outdoor dong alias terbuka. Dindingnya pun terbuat dari alang-alang dan bambu. Wah berasa mandi di alam terbuka gitu.

Nikki Peucang Resort

Walaupun konsep nya menyatu dengan alam, tapi tetap ada sentuhan modern yaitu toiletnya. Kalau ini sesuai kebutuhan, karena zaman dulu di hutan kan gak ada toilet duduk kan. Jadi, demi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung toilet modern pun sangat penting.

Toilet Nikki Peucang Resort

Lantai kamar mandinya pun menarik, karena menggunakan batuan karang laut. Karang yang dipakai di dalam kamar mandi bukanlah terumbu karang yang masih hidup kok. Ini membuat daya tarik sendiri karena berasa makin dekat dengan laut atau pantai, dan bisa dibilang kaya mandi di pantai.

Kamar Mandi Di Pulau Peucang

Sama dengan hotel pada umumnya, di sini pun gak perlu khawatir dengan perlengkapan mandi. Karena disediakan juga, ada handuk, tissue, sabun, dan shampoo. Sabun dan shampoo nya gak dalam bentuk botol kecil, tapi botol besar yang tujuannya mengurangi limbah plastik. Jadi tinggal

Ada Gazebo buat nyantai

nikki peucang resort 12 1024x682 - Mau Staycation Antimainstream? Nikki Peucang Resort, Banten Pilihan Yang Tepat

Satu lagi, kalau kamu mau santai bisa cobain duduk-duduk di gazebo bambu yang ada di depan Villa Batik nya. Dan gak usah khawatir berebutan gazebo sama penghuni lainnya, karena 1 Villa Batik disediakan masing-masing 1 gazebo. Jadi bisa bebas mau santai sambil memandangi pantai.

nikki peucang resort 1 1024x682 - Mau Staycation Antimainstream? Nikki Peucang Resort, Banten Pilihan Yang Tepat
nikki peucang resort 2 1024x682 - Mau Staycation Antimainstream? Nikki Peucang Resort, Banten Pilihan Yang Tepat

Ini salah satu yang bisa kamu nikmati tanpa harus mengganggu atau diganggu oleh orang lain. Buatku nilai plus dari Nikki Peucang Resort ini bikin siapapun nyaman banget tinggal di Villa Batik. Selamat menikmati pantai yang indah di pulau Peucang.

Akses menuju pulau Peucang, Ujung Kulon

Nah ini dia yang sering jadi bahan pertanyaan, gimana sih kalau ma uke pulau peucang? Jalannya enak gak? Bikin mabuk perjalanan gak? Berapa jam dari Jakarta bisa sampai sana? Eits, tenang dulu, tenang dulu, aku akan jelasin kok.

Jadi, kalau kamu ambil paket nginap di Villa Batik nya Nikki Peucang Resort, gak udah pusing dengan itu semua. Aku aja dari Jakarta naik mobil yang disediakan mereka, jadi tinggal duduk manis aja.

Selama perjalanan menuju dermaga Sumur, karena kita nyebrang dari Sumur itu udah enak. Gak kaya dulu jalannya yang masih jelek dan bikin perut terkocok-kocok dan mabuk. Sekarang udah bagus (di cor) dan pembangunannya udah hampir selesai, walau ada beberapa titik yang belum selesai dan pakai sistem buka tutup, tapi gak banyak kok. Ya ini bakalan cepet selesai kok.

Dari Jakarta ke Sumur dibutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam. Lalu nyebrang dar Sumur ke pulau Peucang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam. Jadi total sekitar 8 jam bisa sampai di tujuan kamu. Ya masih oke lah, begitu sampai di pulau Peucang, kamu akan merasakan alam yang indah.

Buat kamu yang suka aktivitas outdoor wajib coba datang ke pulau Peucang dan nginap di Villa Batik nya Nikki Peucang. Apalagi yang suka mincing, di sini kamu bisa mincing juga lho. Nanti bilang aja ke pihak Resort nya buat anterin ke tempat mincing dengan kapalnya.

Atau buat yang mau honeymoon boleh coba ke sini. Jujur, aku tuh dulu pengen banget honeymoon ke Maldives, tapi setelah datang ke sini malah berpikir lebih baik ke Peucang aja. Lumayan kamu bisa menikmati pantai dan hutan secara langsung. Gak akan bosen deh.

Oh iya, kemaren kan aku ke sini sendirian tapi gak kesepian kok, karena aku ketemu orang-orang yang luar biasa. Bertemu mereka udah kaya keluarga sendiri lho. Seru banget deh.

Pengembangan Resort

Nikki Peucang Resort

Dari aku pribadi berharap banget Nikki Peucang Resort bisa menambah jumlah kamar lagi, karena sayang banget baru ada 10 kamar Villa Batik. Jadi kalau kamu mau ngerasain staycation antimainstream di pulau Peucang, harus booking dulu, takutnya gak kebagian kamar.

Asal kamu tahu, mereka membangun kamar itu gak boleh nebang pohon sembarangan lho, makanya agak susah buat  bikin kamar lagi. Point plus nya adalah mereka beneran menjaga alam di pulau Peucang ini lho. Semoga bisa terus berkembang dan tetap menjaga kelestarian alam.

Gimana, seru banget kan stayccation di tempat yang antimainstream di Nikki Peucang Resort? Dari luar bangunannya sederhana, tapi dalemnya mewah dan bikin puas, review nya pun bagus. Kalau udah  nyobain sekali, rasanya bikin nagih dan pengen balik lagi deh. Jadi, kapan kamu ke sini? – Jalan yuk, kuy jalan

Budi Setiadi
Budi Setiadi
Full Time Digital Marketer, Freelance Travel Blogger Indonesia, Content Creator, Travel Enthusiast, Backpacker, Solo Traveler, dan Penulis Blog Perjalanan yukkuy.com. Punya mimpi bisa menginjakkan kaki dan keliling dunia. Dengan menulis di blog ini, semoga bisa mewujudkannya. Jika ada yang mau membantu untuk mewujudkan keliling dunia, dengan senang hati aku terima. Hubungi budi@yukkuy.com sekarang.

Leave a Reply