Harus Banget Datang Ke Tegalalang Rice Terrace Ubud Kalau Traveling Ke Bali

tegalalang-rice-terrace-ubud-bali

Kawan, percayakan kalau Bali itu memliki keindahan alam yang luar biasa indah. Sudah tak diragukan lagi keeksotisannya, bahkan turis mancanegara pun berbondong-bondong datang ke sini. Salah satu tempat yang harus kamu datangi ketika traveling ke Bali adalah Tegalalang Rice Terrace, Ubud.

Tegalalang Rice Terrace atau dalam Bahasa Indonesianya yaitu Terasering Sawah Tegalalang  kini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan, terutama wisatawan asing. Mereka yang datang bertujuan untuk merasakan suasana asri dari sebuah pulau Bali.

Di tempat ini, kamu akan disuguhi panorama alam yang begituindah, seni budaya yang unik, dan lingkungan yang aman. Bagaimana tidak, masyarakat Bali cukup terkenal dengan keramah-tamahannya, sopan santun, dan toleransiyang tinggi terhadap sesamanya.

Baca : Hotel Yang Nyaman Di Bali

Hamparan sawah yang bisa memanjakan matamu dengan bentuk sangat unik. Sawah di sini memiliki susunan berundak dan terlihat seperti anaktangga. Sistem pertanian masyarakat di sini mengunakan terasering yang baik. Mungkin tujuannya untuk menghindari terjadinya erosi tanah, dikarenakan daerahnya perbukitan.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali

Selain bentuk sawah yang bertingkat, tempat ini dikelilingi oleh pepohonan yang membuatnya makin sedap dipandang. Pohon yang membuat saya tertarik adalah pohon kelapa. Biasanya pohon kelapa itu jaraknya cukup berjauhan antara pohon yang satu dan lainnya.

Namun di sini pohon kepalanya membentuk komunitas aliasberkelompok. Sehingga membuat sawah di sini terlihat lebih cantik. Buat kamu yang pergi ke sini, pasti merasa di manja. Bukan hanya di manja sama pacar atau pasangan, tapi alam pun bisa lho memanjakan kamu.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali

Sejujurnya, saya sangat heran dan kagum pada tempat ini. Kok bisa ya tanahnya subur makmur seperti ini? Jadi merasa bersyukur banget Indonesia diberikan tanah sesubur ini. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, kita harus menjaga kekayaan alam yang kita miliki ini.

Nah pertanyaannya, kalau datang ke Bali Rice Terrace mau ngapain sih? Apa Cuma foto-foto di sawah aja gitu? Jawabannya banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Memang salah satunya bisa asyik foto di sawah, tapi banyak juga spot yang bisa kamu nikmati.

Buat kamu yang punya nyali besar, bisa cobain wahana ayunan yang ada di sini. Bedanya ayunan ini sangat tinggi dan akan diayun oleh orang-orang (petugas) yang tenaganya kencang lho. Mereka akan mengayun kamu sambil loncat secara bergantian. Gimana gak kenceng tuh ayunan?

Selain itu ada juga tempat foto yang berbentuk hati “love” yang terbuat dari kayu dan bentuknya unik-unik. Gak Cuma ada satu, tapi banyak. Walaupun sedang ramai, kamu gak harus antri Panjang buat foto di situ.

Kalau ditanya spot paling favorit di sini apa? Jawabannya ya foto di hamparan sawah yang bentuknya berundak ini. Banyak wisatawan yang relaantri buat foto di sini, termasuk saya juga sih. Hehehe. Sebenarnya foto dimanapun bisa, karena hamparan sawahnya luas.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Foto saat siang hari
Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Foto saat sore hari

Kalau kamu terus naik ke atas, akan ada spot bagus juga. Salah satunya spot yang terbuat dari bambu dan hanya bisa ditempati maksimal 4 orang. Sayangnya, spot ini sepi gitu, mungkin karena banyak bambu yang hilang atau rusak. Jadi agak risih kalau foto di sini.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Spot foto yang bagus tapi sepi, jadi bisa berfoto sepuasnya di sini

Sebelum menuju ke tempat spot foto bambu itu, kamu juga akan melewati selokan yang ada jembatannya. Menurut saya, foto di jembatan ini juga bagus kok. Dan kamu juga bisa menikmati suara khas kincir angin yang terletak di tengah-tengah hamparan sawah.

Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Menyebrangi selokan cari spot bagus lainnya
Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali
Kincir angin di tengah sawah

Kamu bisa mengunjungi Tegalalang Rice Terrace dengan jaraktempuh sekitar 2 jam dari Kuta, bisa menggunakan motor ataupun mobil. Dan kamujuga perlu tahu kalau jalanannya cukup bagus. Jadi gak perlu motor atau mobil khusus untuk bisa ke sini.

Satu lagi yang wajib kamu tahu adalah masuk ke arenanya gak perlu bayar alias gratis. Tapi kamu akan diberitahu oleh masyarakat di sana untuk memberikan uang seikhlasnya ke tempat telah tersedia. Oh iya, kamu juga bisa parkir motor di pinggir jalan lho dan gratis pula, tapi aman karena dijagain sama petugasnya.

Baca : Sewa Motor Di Bali

Itulah cerita singkat pengalaman traveling ke Tegalalang RiceTerrace Ubud Bali. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangan mengagumkandan sedap dipandang. Kapan lagi bisa main-main di sawah yang bentuknya sepertianak tangga? – Jalan yuk, kuy jalan

Budi Setiadi
Budi Setiadi
Berprofesi sebagai seorang digital marketer di salah satu e-commerce Indonesia sekaligus menyukai traveling, saya pun ingin menjadi seorang travel blogger Indonesia. Tujuannya adalah bisa berbagi informasi, pengalaman pribadi, dan semoga apa yang saya share bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Leave a Comment