Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

sensitive-positive-content-kejepit-enak

Kalau baca judulnya seperti itu, apa yang ada dipikiran kamu sekarang? Hmmm kayanya udah ketebak sih mikir apa, pasti mikir ah sudahlah gak usah disebutin, karena udah pada paham lah ya. Tapi bener sih, kalau kejepit itu enak.

Kalau boleh ditebak, yang paling banyak baca tulisan ini pasti cowok-cowok dengan kondisi jomblo, punya pacar, atau udah punya istri. Yang jomblo pasti penasaran gimana rasanya kejepit yang enak kan? Ayo ngaku, gak usah malu.

Cowok yang udah punya pacar, pasti behaviour nya suka cari informasi website berbau porno atau cerita sex dewasa kan? Ibarat kata lagi belajar gimana caranya berhubungan layaknya sepasang suami istri. Eits gak baik lho kalau masih mikirin seperti itu, kalau mau buruan nikah biar bisa enak-enak.

Nah kalau cowok yang udah nikah alias punya istri pasti lagi kepengen sama istrinya kan? udah lama gak dapet jatah ya? Ups.. Sabar, tahan, jangan buru-buru. Kalau lagi LDR-an (long distance relationship) samperin aja ke tempat bininya, daripada duitnya buat jajan sembarangan.

Atau kalau yang baca ini adalah cewek, kayanya kamu lagi cari tahu gimana caranya bikin pasangan bisa puas? Biar suami betah di rumah, gak keluyuran, atau lirik sana-sini. Apalagi sampai terpincut janda kembang atau pelakor. Iya kan? Hahaha

Eits tenang, rahasiamu bakal terjamin kok. Jadi gini, yang mau aku bahas itu adalah tips bagaimana cara memanfaatkan kesempatan saat dalam keadaan kejepit. Karena semakin sering kejepit, pastinya semakin enak dong. Kalau udah kejepit, nanggung banget kan kalau gak keluar? Apalagi keluarnya di (ah jawab sendiri ya).

Sekarang coba ambil dan lihat kalender kamu, cek di hp juga bisa kok. Nah cari tanggal merah atau hari libur di setiap bulannya. Ada gak yang liburnya pas ditengah-tengah satu minggu itu? Kalau ada, itulah maksudku “kejepit itu enak”.

Baca : Harus Datang Ke Tegalalang Rice Terrace Ubud Bali

Gimana gak enak coba, kalau udah tahu ada hari yang kejepit saatnya ambil cuti. Yeayyy, di situ senyummu pasti sumringah dan hatimu seneng kan. Kalau udah kaya gitu, saatnya manfaatkan biar kamu punya waktu liburan lebih lama. Syukur-syukur kamu bisa traveling yang jauh gitu.

Nah sekarang, saatnya persiapan menghadapi hari kejepit untuk travelingmu. Sebelum hari itu tiba, kamu prepare jauh-jauh hari, biar semuanya lancar. Tapi kalau kamu tipe orang yang dadakan bisa jalan sih gak masalah. Kadang, dadakan itu lebih asyik, apalagi jalan bareng temen yang suka gak jadi kalau udah direncanakan jauh-jauh hari. Apa aja yang harus dipersiapkan?

1. Catat Tanggal Kejepitnya

tanggal libur merah kejepit 1024x683 - Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

Hal pertama untuk merasakan bagaimana rasanya kejepit yang enak adalah lihat kalender dan langsung catat tanggal merahnya. Atur sedemikian rupa sehingga kamu bisa liburan lebih lama. Misalnya ada tanggal merah di hari selasa. Nah itu berarti hari senin adalah hari kejepit. Artinya kamu bisa mabil cuti di hari senin. Jadi kamu bisa liburan dari hari jum’at malam sampai hari selasa.

Syukur-syukur bisa dapat hari kejepit tiap minggu gitu, kamu bisa ambil cuti 8 hari tapi bisa liburan 2 minggu lebih. Wah enak kan kalau kaya gitu. Pokoknya kamu harus jeli mengatur cuti kamu agar bisa liburan dengan tepat.

2. Tentukan Destinasi Tujuan

destinasi wisata 1024x576 - Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

Kalau udah dapat tanggal yang pas, saatnya tentukan destinasi. Mau traveling ke mana,  di sana ada tempat yang menarik apa, dan lain sebagainya. Pokoknya yang bikin kamu mau pergi ke sana apa? Biar gak bingung mau cari destinasi wisata yang bagus apa aja, alangkah baiknya kamu sering baca blog travel, karena bisa jadi kamu dapat inspirasi dari sana.

Dari sini, kamu udah bisa mengira berapa budget yang dibutuhkan. Contohnya kamu bisa mendapatkan informasi seputar biaya sewa kendaraan, makan, tiket masuk tempat wisata, dan lain sebagainya. Pokoknya kalau destinasi udah pasti, semua pengeluaran bisa diperkirakan.

3. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

booking tiket pesawat 1 1024x682 - Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

Destinasi sudah ditentukan, saatnya pesan tiket. Apalagi tiket pesawat, sebaiknya pesan jauh-jauh hari karena kalau mendekati hari H keberangkatan biasanya harga lebih mahal. Kalau lagi ada promo dan dapat harga murah, bersyukur deh.

Baca : Tips Sewa Motor Saat Traveling

Selain masalah harga, ketersediaan seat alias kursi juga menentukan jadwal keberangkatan kamu lho. Gak lucu kan gak jadi berangkat gara-gara gak kebagian kursi. Makanya pesen tiket jauh-jauh hari itu juga biar kursimu setidaknya aman. Walaupun masih ada cerita udah pesen tiket tapi pas hari H keberangkatan, kursinya ada yang pake dan kamu gak dapet.

Sekarang, beli tiket gak sesulit dulu. Udah lebih cepat dan praktis karena bisa beli tiket online. Mau tiket pesawat, kereta, bus, bahkan sewa motor dan mobil pun udah bisa online lho. Kadang, beli tiket online lebih murah dibandingkan beli tiket di tempatnya langsung.

4. Booking Hotel Atau Penginapan

booking hotel 1024x682 - Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

Kalau tiket udah ditangan, saatnya cari hotel atau tempat penginapan. Cari penginapan yang tempatnya nyaman dan aman, atau yang dekat dengan tempat wisata di sana. Biar kamu gak terlalu jauh untuk explore destinasi wisatanya.

Kalau mau lebih hemat lagi, bisa aja numpak ke rumah saudara atau temen kamu. Kan lumayan bisa sedikit mengurangi pengeluaran buat booking hotel atau penginapan. Dengan catatan, dia mau terima kamu apa adanya ya. Kalau dia gak terima, yowis rapopo.

5. Hitung Perkiraan Biaya Transportasi Dan Akomodasi

transportasi akomodasi traveling 1024x682 - Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

Kalau destinasi udah tahu, udah beli tiket pesawat atau lainnya, penginapan juga udah, saatnya hitung perkiraan biaya transportasi dan akomodasi selama di sana. Pikirkan juga mau trip mewah atau biasa-biasa aja. Catat semua perkiraan pengeluarannya.

Kalau mau enak, kamu bisa sewa mobil + driver nya, makan di restoran atau tempat makan terbaik di sana, pokoknya tinggal haha hihi aja. Enak sih, tapi kamu perlu memperhitungkan budget lebih. Tapi kalau mau biasa-biasa juga bisa kok, mau sewa motor + bawa sendiri, makan ditempat yang penting bisa makan, mau capek atau apalah itu yang penting hati senang, riang, gembira. Nah semuanya itu harus diperhitungkan biayanya.

6. Siapkan Dana Cadangan

bawa uang rupiah lebih 1024x682 - Ternyata Kejepit Itu Enak Banget

Hal yang satu ini lebih sering dilupakan yaitu menyiapkan dana cadangan. Bukannya apa-apa, dana ini buat jaga-jaga aja kok. Takut pas kamu liburan, ada hal yang mendesak datang tiba-tiba. Ini bisa jadi penyelamat kamu. Kamu bisa gunakan saat tresedak aja kok, eh terdesak.

Gak lucu kan lagi asyik traveling tiba-tiba orang rumah telpon “listrik di rumah mati karena belum dibayar”, hal kaya gitu bisa bikin bad mood selama liburan kalau belum kelar. Mendingan buruan dikelarin, kan bayar listrik bisa di ATM atau online. Jadi dana cadangan berguna banget kan.

Karena semuanya udah siap mulai dari penentuan cuti di hari kejepit sampai uang, gak usah banyak mikir lagi, saatnya berangkat. Nikmati sepanjang perjalananmu dan lihat betapa indahnya dunia ini. Buat hatimu bergetar agar selalu bersyukur. – Jalan Yuk, Kuy Jalan

Budi Setiadi
Budi Setiadi
Full Time Digital Marketer, Freelance Travel Blogger Indonesia, Content Creator, Travel Enthusiast, Backpacker, Solo Traveler, dan Penulis Blog Perjalanan yukkuy.com. Punya mimpi bisa menginjakkan kaki dan keliling dunia. Dengan menulis di blog ini, semoga bisa mewujudkannya. Jika ada yang mau membantu untuk mewujudkan keliling dunia, dengan senang hati aku terima. Hubungi budi@yukkuy.com sekarang.

Leave a Reply